ISM MU‘TAL DAN PENGGUNAANNYA DALAM SURAH AL-BAQARAH (SUATU TINJAUAN SINTAKSIS)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Ism Mu’tal dan Penggunaannya Dalam Surah Al- Baqarah (Suatu Tinjaun Sintaksis)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan ayat-ayat al-Qur’an yang menggunakan ism mu’tal kemudian menganalisis penggunaannya terkait hukum i’rab dan kedudukannya dalam i’rab bahasa Arab. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah metode simak dan teknik yang digunakan adalah teknik catat. Adapun tahapan analisis data dalam penelitian ini adalah mengumpulkan data yang terkait ism mu’tal surah al-Baqarah kemudian mengklasifikasikan dan menganalisis data tersebut secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ayat yang menggunakan ism mu’tal dalam surah al-Baqarah sebanyak 82 ayat yang dibagi menjadi 71 ism mu‘tal maqsur dan 11 ism mu‘tal manqus.
References
al-Qur’an al-Karīm Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Cet. I. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Badulu, Abdul Muis, dan Herman. 2005. Morfosintaksis. Makassar: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Cet. I. Jakarta: PT. Rineka cipta. al-Galayini, Mustafa. T.th. Jami’ al-Durus al-Arabiyyah. Beirut: al-Maktabah al- ‘Asriyyah.
Ghufron, Aunur Rofiq bin Ghufron. 2013. Mukhtarat Qawa’id al-Lughah al- ‘Arabiyyah (Ringkasan Kaidah-Kaidah Bahasa Arab). Cet. IV. Jawa Timur: Pustaka al-Furqon.
Haeruddin. 2011. Kelas Kata Dalam Bahasa Arab. Universitas Gadjah Mada
Haeruddin, H. (2020). Kelas Kata Ajektifa dalam Bahasa Arab. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 17(1), 37-49. https://doi.org/10.20956/jna.v17i1.10070
Muhammad. 2013. “Waw al-‘Atf Dan Waw al-Qasam Dalam al-Qur’an al-Karīm Juz 30”. (Skripsi). Makassar: Fakultas Sastra, Universitas Hasanuddin.
Muhammad. 2014. Metode Penelitian Bahasa. Cet. I. Jogjakarta: Ar-Ruzza Media.
Nasif, Hifni Bek dkk. 20113. Qawaid al-Lughah al-‘Arabiyyah (Kaidah Tata Bahasa Arab). Cet. XII. Jakarta: Darul Ulum Press.
Ni’mah, Fuad. T.th. Mulakhkhas Qawa’id al-Lughah al-‘Arabiyyah. Beirut: Dar al-Thaqafah al-Islamiyyah.
Qamariah, Nur. 2006. “Fi‘l Mu‘tal Lafif dalam Bahasa Arab (Suatu Tinjauan Morfologis)”. (Skripsi). Makassar: Fakultas Sastra, Universitas Hasanuddin.
Razin, Abu. Ummu Razin. 2015/1435. Ilmu Nahwu Untuk Pemula. Cet. II. Jakarta: Pustaka Bisa.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. 20. Bandung: Alfabeta.
al-Shabuni, Muhammad Ali. 1981/1402. Shafwah al-Tafasir. Cet. IV. Kairo: Maktabah al-Syuruq
_________. 2011. al-Tibyan Fi Ulum al-Qur’an. Karachi: Maktabah al-Busyra
al-‘Utsaimin, Muhammad bin Shalih. 2005/1426. Syarh al-Ajrumiyyah. Cet. I. Riyadh: Maktabah al-Rusyd.
Verhaar, J.W.M,. 2006. Asas-Asas Linguistik Umum. Cet. V. Jogjakarta: Gadjah Mada University Press.
Walfadhillah, Nurul Isra. 2013. “Penggunaan Naib Fa’il Dalam Juz 30 (Suatu Tinjauan Sintaksis)”. (Skripsi). Makassar: Fakultas Sastra, Universitas Hasanuddin.
YS Baso. 2017. Teori Itu-Nya Yang; Cara Mudah Menjermahkan Teks Bahasa Indonesia Ke Teks Bahasa Arab. Pusat Kajian Media dan Sumber Belajar LKPP UNHAS
YS Baso. 2008. Language Used And Language Choices. Nady Al-Adab 3
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
All right reserved. The articles inthis journal are under copyright of journal Sarjana and the author of the article. No part of the articles may be reproduced without permission of the journal management