ANALISIS STRUKTURALISME DALAM NOVEL MUZAKKARAT TABIBAH KARYA NAWAL AL-SA’DAWI

Authors

  • Athiyyah Rahmah Zamrud

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Strukturalisme Dalam Novel Muzakkarat Tabibah karya Nawal Al-Sa’dawi”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur pembangun (unsur intrinsik) dan menganalisis hubungan antar berbagai unsur di dalam Novel Muzakkarat Tabibah karya Nawal Al-Sa’dawi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka dengan mengikuti prosedur penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik catat dengan cara mengumpulkan bahan/literatur lalu membaca secara cermat, menandai data, kemudian dipindahkan, sedangkan analisis data menggunakan teknik pembacaan secara holistik/terpadu dan menyeluruh serta teknik pembacaan hermeneutik, yaitu pembacaan bolak-balik pada novel. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tema yang terkandung dalam Novel Muzakkarat Tabibah adalah tema perjuangan seorang perempuan; (2) tokoh utama dalam novel ini adalah tokoh “Aku” yang digambarkan sebagai seorang perempuan yang sejak kecil mendapatkan perlakuan yang berbeda dari keluarganya atas saudara lelakinya; (3) di sepanjang cerita, alur dikisahkan secara berurutan/maju, dimana tokoh “Aku” berjuang untuk mencapai apa yang diinginkannya, yaitu mendapatkan pengakuan dan perlakuan yang sama di keluarga dan masyarakat sekitarnya; (4) latar tempat dan latar waktu disebutkan dengan jelas, sedangkan latar sosial menunjukkan keadaan, pola pikir, dan tradisi masyarakat penganut budaya patriarki yang mengakibatkan tokoh “Aku” sejak kecil sering mengalami tindak pelecehan dari laki-laki, dan merasa tidak adil dengan kondisi di lingkungannya yang menempatkan perempuan sebagai sosok yang rendah; (5) selain itu, unsur-unsur di dalam Novel Muzakkarat Tabibah juga saling berhubungan erat satu sama lain, yaitu hubungan antara latar dan penokohan, alur dan latar, alur dan penokohan, serta hubungan antara tema dengan penokohan, alur, dan latar. Kata Kunci: Novel, strukturalisme, tema, penokohan, alur, latar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrams, M. (1999). A Glossary of Literary Terms. Boston: Earl McPeek.

Aminuddin. (1990). Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra. Malang: YA3.

_________. (2002). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Baso, Y.S. (2016). Model Pembelajaran Bahasa Arab Online Berbasis Learning Management System. Makassar: Program Studi Sastra Arab Universitas Hasanuddin.

Endraswara, S. (2004). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Gusmayeni, R. (2016). “Analisis Struktur Novel Di Tanah Lada karya Ziggy Z”, skripsi Program Sarjana Humaniora pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas.

Haeruddin, H. (2018). Karakteristik Sastra Arab pada Masa Pra-Islam. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 13(1), 35-50. https://doi.org/10.20956/jna.v13i1.3231

Ramadhan, I., Haeruddin, H., & Gaeda Rauan, A. (2021). التشبيه في ديوان "هكذا أكتب تاريخ النساء" لنزار قباني: دراسة تحليلية بلاغية: Majas Dalam Antologi "Begitulah Kutulis Sejarah Para Perempuan" Karya Nizar Qabbani. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 18(2), 111-122. https://doi.org/10.20956/jna.v18i2.18432

Padang. Hardjana, A. (1991). Kritik Sastra:Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.

Kutha, N. (2004). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mochtar, K. (2005). Memoar Seorang Dokter Perempuan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Nadjamuddin, S. (1996). “Penokohan Dalam Memoar Seorang Dokter Perempuan Karya Nawal El Saadawi (Suatu Tinjaun Intrinsik)”, skripsi Program Studi Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin. Ujung Pandang.

Noor, R. (2005). Pengantar Pengkajian Sastra. Semarang: Fasindo.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo, R.Dj. (2003). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Media.

Ramadhan, I., Haeruddin, & Nurfaradina. (2022). القيم الإسلامية في خطب عمر بن الخطاب: Nilai-nilai Islam Khutbah Umar Bin Khattab. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 19(2), 1-14. https://doi.org/10.20956/jna.v19i2.23893

Ratna, N.K. (2011). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra: Dari Strukturalisme Hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Reality, T. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Dilengkapi Ejaan Yang Disempurnakan. Surabaya: Reality Publisher.

Ristiani, I. (2012). Kajian dan Apresiasi Puisi dan Prosa. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Rochani, I. (2011). Fiksi Populer Teori dan Metode Kajian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Storey, J. (2003). Teori Budaya-budaya Pop (Penyunting bahasa Indonesia: Dede Nurdin). Yogyakarta: Qalam.

Stanton, R. (2012). Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugihastuti. (2002). Teori dan Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumardjo, J. (1984). Masyarakat dan Sastra Indonesia. Jakarta: Nur Cahaya.

Sutopo. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Suwondo, T (2003). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya.

Taum, Ya. (1997). Pengantar Teori Sastra. Flores, NTT: Penerbit Nusa Indah.

Teeuw, A. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra:Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Utami, D. (2012). “Analisis Struktural dan Nilai Didik dalam Novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi”, skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Downloads

Published

2023-01-17

How to Cite

Zamrud, A. R. (2023). ANALISIS STRUKTURALISME DALAM NOVEL MUZAKKARAT TABIBAH KARYA NAWAL AL-SA’DAWI. Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 3(1 (Januari). Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/20720