KEPRIBADIAN TOKOH DALAM FILM Al-FIIL AL-AZRAQ: SUATU PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA

Authors

  • Sitti Wahidah Masnani Universitas Hasanuddin
  • Tirsa Aminah
  • Syamsul Bahri

Abstract

Penelitian ini membahas tentang gambaran kepribadian Tokoh utama dan tokoh lain serta faktor yang mempengaruhi kepribadian tokoh dalam Film Al-Fil Al-Azraq. Penelitian ini dilakukan karena tokoh utama dalam Film tersebut memiliki gaya hidup yang tidak mencerminkan profesinya sebagai dokter jiwa. Ia seorang dokter jiwa, tetapi memiliki jiwa yang tidak sehat sementara tokoh lainnya berperan penting dalam mempengaruhi munculnya kepribadian tokoh utama. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu menjelaskan kepribadian tokoh utama dan tokoh lain serta faktor apa saja yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, mereduksi data yang ditemukan lalu mengelompokkannya berdasarkan rumusan masalah dan batasan masalah, kemudian data akan ditabulasikan dan menarik kesimpulan dari hasil analisis data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, kepribadian tokoh utama dan tokoh lain menunjukkan bahwa kepribadian tokoh utama dan tokoh lain id, ego, dan super ego tidak seimbang. Hal ini karena adanya faktor yang memengaruhi munculnya kepribadian tokoh utama dan tokoh lainnya yaitu, faktor internal dan eksternal. Kepribadian ego tokoh utama dan tokoh lain lebih mendominasi. Hal tersebut terbukti ketika tokoh utama dan tokoh lainnya selalu mengikuti dorongan keinginan hatinya dan perwujudan dari semua dorongan keinginan hati tersebut ialah dalam bentuk ego.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham, I. (2017). Struktur Kepribadian Tokoh Dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar. jurnal keilmuan bahasa, sastra, dan pengajarannya, 55-63.

Ahmadi, A. (2015). Psikologi Sastra. Surabaya: Unesa University Press.

Ahyar, J. (2019). Apa Itu Satra (jenis-jenis karya sastra dan bagaimanakah cara menulis dan mengapresiasi karya sastra). Yogyakarta: Deepublish.

Al-Ma’ruf, A. I., & Nugrahani, F. (2017). Pengkajian Sastra. Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press.

Ambarita, D. N. (2020). Kepribadian Tokoh Utama Erika Dalam Novel Omen Karya Lexie Xu: Kajian Psikologi Sastra. Program Studi Sastra Indonesia, 12.

Anam, I., Rohmah, Z., Nafisah, L. F., & Cahyani, F. N. (2021). Psikologi pendidikan: Definisi, sejarah, Tujuan, dan manfaat. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, 3.

Baso, Y. S. (2006). The Preverbal Negation Particles In Arabic. Makassar, South Sulawesi Indonesia: Hasanuddin University.

Cahyani, A., Juwita, A. R., & Ramadhana, A. (Fakultas Tarbiah dan Keguruan). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepribadian. 4.

Dzulfaroh, A. N. (2018). Potret Masyarakat Urban Dalam Novel dan Film Al-Fil Al-Azraq: Kajian Adaptasi Perspektif Respon EStetis. CMES, 60-65.

Fitria, S. E., & Ariva, V. F. (2018). Analisis Faktor Kondisi Ekonomi, Tingkat Pendidikan dan Kemampuan Berwirausaha Terhadap Kinerja Usaha Bagi Pengusaha Pindang di Desa Cukanggeteng. Jurnal Menejemen Indonesia, 200.

Hasanah, M. (2015). Dinamika Kepribadian Menurut Psikologi Islami. Jurnal ummul Qur'an, 112-113.

Ja'far, S. (2015). Struktur Kepribadian Manusia Perspektif Psikologi Dan Filsafat. Jurnal ilmiah paikologi, 210.

Kartika, P. C. (2016). Rasionalisasi Perspektif Film Layar Lebar Beradaptasi Karya Sastra. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya, 143.

Lafamane, F. (2020, Februari 10). Karya Sastra (Puisi, Prosa, Drama). Retrieved Februari 09, 2022, from Osfpreprints: https://osf.io/bp6eh

Larasati. (2017). Analisis Kepribadian Tokoh Utama Pada Film The Stolen Years Berdasarkan Tinjauan Psikologi Sastra. Program Studi Sastra China, 35.

Masnani, S. W. (1999). Perilaku masyarakat Bugis dalam kegiatan barazanji di Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone: laporan hasil penelitian BBI. Fakultas Sastra, Lembaga Penelitian, Universitas Hasanuddin.

Masnani, S. W., Rahman, N., Safa, N. H. A., & Hadawi, M. The Transliteration and Translation of the KITTAQ USSULUQ Manuscript. Asian Journal of Social Science and Management Technology Volume 4, Issue 2, March-April, 2022.

Minderop, A. (2005). Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Minderop, A. (2010). Psikologi Sastra, Karya Sastra Metode, Teori, dan Contoh. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mubarokah, K. (2020). Kepribadian Tokoh Dalam Kisah Qabil Dan Habil Dalam Perspektf Teori Sastra Sigmund Freud (Analisis Terhadap Surat Al-maidah Ayat 27-31). Program Studi Bahasa Dan Sastra Arab, 56-58.

Mudjiono, Y. (2011). Kajian Semiotika Dalam Film. Jurnal Ilmu Komunikas, 126.

Naufal, A. (2018). Respon Estetis Dalam Adaptasi Novel FIlm Al-Fil Al-Azraq. Leksema, 161.

Nurgiantoro, B. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.

Perbowosari, H., Indrawan, I., Wijaya, H., & Setiyaningsih. (2020). Pengantar Psikologi Pendidikan. Purwokerto: Cv. Penerbit Qiara Media.

Prabuningrat, M. N. (2015). Pembuatan Game Whole Brain Bergendre Puzzel Untuk Edukasi Anak Usia 5-8 Tahun. Div.Komputer Multimedia, 10.

Putri, M. Q. (2015). Pengaruh Kepribadian Menurut Teori Big FIve Factor Terhadap Sikap Altruisme PAda Mahasiswa Bina Nusantara. Fakultas Humaniora.

Rahmawati.M. (2018). Konflik Psikologis Tokoh Aisyah Dan Fahri Dalam Film Ayat-Ayat Cinta 2 (Kajian Psikologi Sastra). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 25.

Silahuddin, A. (2018). Perbandingan Konsep Kepribadian Menurut Barat Dan Islam. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 249.

Siregar, F. s. (2018). Analisis Kepribadian Pada Tokoh Utama Dalam Film Hai Yang Tian Tang. Program Studi Sastra China, 9.

Yanti, L. (2018). Analisis novel dan Film Air Mata Terakhir Bunda Menggunakan Kajian Ekranisasi”. Diss, 3.

Ramadhan, I. (2021). مظاهر أخلاق الرؤساء الوسطية في وصية عمر بن الخطاب للخلفاء الذين جاءوا بعده: دراسة أدبية / A Nobel Character Figure for a Leader in Umar Bin Khattab’s will for The Next Leader: Literary Studies. Diwan : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 7(1), 35-49. https://doi.org/10.24252/diwan.v7i1.16838

Taufik Bin Ismail, Muhammad Anwar Bin Ahmad, Ilham Ramadan, Abdul Halim Saleh, & Shahrizal Bin Nasir. (2022). شخصيّة المرأة والالتزام الإسلاميّ في رواية "عذراء جاكرتا" لنجيب الكيلاني / Islamic Commitment of Female Characters In ‘Jakarta’s Virgin’ By Najib Al-Kilani. مجلة الدراسات اللغوية والأدبية (Journal of Linguistic and Literary Studies), 13(2), 187–206. Retrieved from https://journals.iium.edu.my/arabiclang/index.php/jlls/article/view/1000

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Masnani, S. W., Aminah, T., & Bahri, S. (2023). KEPRIBADIAN TOKOH DALAM FILM Al-FIIL AL-AZRAQ: SUATU PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA. Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 3(2), 37-52. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/26949