EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VISUAL (GRAFIS) DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB BAGI SANTRIWATI PONDOK PESANTREN IMMIM PUTRI PANGKEP
Abstract
Penelitian ini membahas masalah penggunaan Media Visual (Grafis) dalam penguasaan kosakata bahasa Arab bagi santriwati di pondok Pesantren IMMIM Putri Pangkep. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan media yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Arab, mendeskripsikan cara penggunaan media pembelajaran visual (Grafis), dan menganalisis efektifitas penggunaan media pembelajaran visual (Grafis) pada peserta didik kelas VII.A Pondok Pesantren IMMIM Putri, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research. Data diperoleh melalui observasi, pretest dan posttest serta wawancara. Data dianalisis secara statistik menggunakan aplikasi SPSS yaitu paired sampel T test.
Penerapan media pembelajaran media visual (Grafis) dilakukan dengan cara peserta didik dibagi ke dalam tiga kelompok, setiap kelompok mengumpulkan lima kosakata lingkungan pesantren. Kemudian peneliti mengintruksikam untuk menghafal kosakata tersebut dengan melihat gambar yang telah disediakan oleh peneliti, dan juga ada latihan di beberapa pertemuan selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil pretest dan posttest terlihat adanya peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab setelah menggunakan media visual grafis. Data menunjukkan bahwa nilai rerata pretest adalah 25.28% dan nilai posttest meningkat menjadi 63.89 %. Dengan demikian efektifitas penggunaan media visual grafis masuk dalam kriteria tinggi. Hasil uji paired sampel T test juga menunjukkan nilai Signifikan Sig. (2-tailed) adalah 0.000 (p < 0,05). Artinya terjadi peningkatan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab di Pondok Pesantren IMMIM Putri Kecamatan Minasate’ne, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan setelah penggunaan media pembelajaran visual (Grafis).
References
Baso, Y. S. (2008). PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 5(2), 48-54. https://doi.org/10.20956/jna.v5i2.3866
Baso, Y. S. (2022). Reduce the Foreign Accent of Indonesian Arabic Learners Through A Minimal Pairs Strategy. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 6(1 Mei), 193-216.
Baso, Y. S. (2008). Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Nady Al-Adab: Jurnal Bahasa Arab, 5(2), 48-54.
Baso, Y. S. (2009). Cara Mudah Membuat Latihan Interaktif Pembelajaran Bahasa. Malang, Penerbit Myskat.
Baso, Y. S. (2013). Program Multimedia Bahasa Arab. Padang: Prosiding PINBA IMLA.
Baso, Y. S. (2006). Materi Pelajaran Interaktif Bahasa Arab Berbasis Web Dan CD. Jurnal Nady al-Adab. Tahun ke-4, Nomor, 1.
Baso, Y. S. (2018). Model aplikasi aksara lontara berbasis html sebagai salah satu solusi pemertahanan bahasa daerah. Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 2(1), 1-12.
Baso, Y. S. (2008). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Web Dan CD. Jurnal Nady Al-Adab, 4(2), 40-48.
Baso, Y. S. (2006). The Preverbal Negation Particles In Arabic. Makassar, South Sulawesi Indonesia: Hasanuddin University.
Baso, Y. S. (2015). Cara Mudah Menyiapkan Materi Pembelajaran Berbasis Web dan CD untuk Bahasa Indonesia. Jurnal Arbitrer, 2(1), 73-80.
Baso, Y. S., & Agussalim, A. (2021). Computerization of Local Language Characters. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 12(12).
Iman, M. Z., Yaumi, M., & Baso, Y. S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Mobile Learning. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 9(1), 11-22.
Baso, Y.S., Murtadho, Nurul; Syihabuddin; Maulani, Hikmah; Agussalim, Andi; et al. (2023). Reducing Cheating in Online Exams Through the Proctor Test Model: The Case of Indonesian Learners of Arabic from the Book of Silsilat Al-Lisan. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 14(1), 366-370.
Baso, Y.S. (2022). Proctoring and Non-proctoring Systems: A Comparative Study of Online Exam Scores for an Arabic Translating Course. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 13(6), 75-82
Dalyono, M. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Haeruddin, H. (2020). PPMU-PKM Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Sudiang. Khazanah Pengabdian, 1(1), 12-18. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/kp/article/view/8098
Masnani, S. W. (2019). Pakem Suatu Cara dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Mahasiswa. Inspiratif Pendidikan, 8(2), 281-291. https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.11353
MASNANI, S. W. (2016). Penerapan Metode Kolaboratif dalam Pembelajaran Tahqiq An-Nusus di Jurusan Sastra Asia Barat Fakultas Sastra Unhas. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 13(1), 51-60. https://doi.org/10.20956/jna.v13i1.3838
Nur, M., Masnani, S. W., Ridwan, M., Zuhriah, Z., & Haeriyyah, H. (2020). Penerapan Model-Model Pembelajaran Aktif MAN 2 Watampone. Khazanah Pengabdian, 2(1), 34-44. Retrieved from http://journal.unhas.ac.id/index.php/kp/article/view/9007
Ridwan, M., Zuhriah, Z., Masnani, S. W., Nur, M., & Haeruddin, H. (2020). Active Learning In Higher Education (Alihe) Bagi Dosen-Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Stkip) Muhammadiyah Sidenreng Rappang. Khazanah Pengabdian, 1(1), 28-36. Retrieved from http://journal.unhas.ac.id/index.php/kp/article/view/9238
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
All right reserved. The articles inthis journal are under copyright of journal Sarjana and the author of the article. No part of the articles may be reproduced without permission of the journal management