PERAN PROMOSI PENJUALAN MELALUI INSTAGRAM TERHADAP PENJUALAN SAYUR ORGANIK DI PO. SAYUR ORGANIK MERBABU (SOM)

Main Article Content

Rafael Jeksen Andes
Lasmono Tri Sunaryanto

Abstract

AbstrakPO. Sayur Organik Merbabu, dikenal sebagai SOM, adalah salah satu perusahaan perseorangan yang bergerak di bidang pertanian sayur organik yang terletak di dekat Kota Salatiga Jawa Tengah. Instagram adalah satu media sosial yang digunakan oleh SOM dalam pemasaran produk sayur organiknya. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui peranan promosi penjualan produk sayur organik melalui Instagram di SOM; dan 2) untuk mengetahui tanggapan kosumen mengenai peran promosi penjualan melalui Instagram di SOM. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa SOM memiliki usaha penjualan produk melalui instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengamatan pada peranan promosi penjualan dan tanggapan konsumen terhadap promosi penjualan melalui Instagram. Hasil penelitian menunjukan promosi melalui instagram mampu meningkatkan penjualan sayur organik. Konsumen menilai bahwa instagram lebih mudah dan praktis dalam menyediakan informasi produk yang diinginkan. Implikasi kebijakan dari penelitian ini diperlukan peran perusahaan dalam pengelolan Instagram agar lebih efektif dan mendukung pemasaran sayur organik.Kata kunci: Instagram, Media Sosial, Penjualan, Promosi, SOM.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Andes, R. J. and Sunaryanto, L. T. (2020) “PERAN PROMOSI PENJUALAN MELALUI INSTAGRAM TERHADAP PENJUALAN SAYUR ORGANIK DI PO. SAYUR ORGANIK MERBABU (SOM)”, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(1), pp. 27 - 36. doi: 10.20956/jsep.v16i1.10244.
Section
Articles
Author Biographies

Rafael Jeksen Andes, Universitas Kristen Satya Wacana

Agribisnis

Lasmono Tri Sunaryanto, Universitas Kristen Satya Wacana

Agribisnis

References

Adler, R.B., & Rodman, G. (2010). Understanding Human Comunication. Holt, Rinehart and Winston. New York.

Hidayatullah, N. (2013). Promosi Penjualan Melalui Jejaring Sosial (Studi Deskriptif Kualitatif Promosi Penjualan melalui Jejaring Sosial Twitter pada “Coffee House Ulee Kareng.” Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25.

Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi ke-13. Jilid 1 dan 2 (13th ed.). Penerbit Erlangga. Jakarta.

Kotler, P. and Kevin, K. (2016). Marketing Management, Edition New Jersey. Pearson Pretice Hall, Inc. New York.

Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Siswanto, T. (2018). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Liquidity, 2(1), 80–86.

Umar, A. (2016). Peranan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bagi Usaha Kecil dan Menengah. KNIT-2 Nusa Mandiri, 2(1), 29–36.

Vernia, D. M. (2017). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga.Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi 1(2), 105–118.

Zarrella, D. (2010). The Social Media Marketing Book. Oreilly Media.USA.