ANALISIS KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS ONLINE DI BALE HIDROPONIK SALATIGA

Main Article Content

Dalmasius Apen Bangun
Lasmono Tri Sunaryanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis karakteristik kewirausahaan yang dimiliki usaha Bale Hidroponik Salatiga 2) Mengetahui peranan kepemilikan karakteristik kewirausahaan dalam menghadapi persaingan bisnis online di Bale Hidroponik Salatiga. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan usaha yang dikelola secara perorangan yang menerapkan karakteristik kewirausahaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Variabel yang diamati adalah dimensi hasrat atas tanggung jawab, dimensi lebih menyukai risiko menengah, dimensi meyakini kemampuannya untuk sukses, dimensi hasrat untuk mendapatkan umpan balik yang sifatnya segera, dimensi tingkat energi yang tinggi, dimensi orientasi masa depan, dimensi keterampilan mengorganisasi, dan dimensi menilai prestasi lebih tinggi dari pada uang. Kemudian karakteristik kewirausahaan tersebut dianalisis untuk mengetahui peranannya dalam menghadapi persaingan bisnis online di Bale Hidroponik Salatiga. Hasil penelitian ini menunjukkan pemilik Bale Hidroponik memiliki kedelapan variabel karakteristik wirausaha tersebut dalam menjalankan usahanya. Peranan karakteristik kewirausahaan tersebut dalam menghadapi persaingan bisnis online mampu membuat produk, harga, marketing, jaringan dan pelayanan Bale Hidroponik dapat bersaing.

Article Details

How to Cite
Bangun, D. A., & Sunaryanto, L. T. (2020). ANALISIS KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS ONLINE DI BALE HIDROPONIK SALATIGA. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(1), 11–26. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/jsep/article/view/9951
Section
Articles
Author Biography

Dalmasius Apen Bangun, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Fakultas Pertanian dan Bisnis/Agribisnis

References

Bambang, S., dan Ayu, N, H. 2015. Peran Sosial Media Untuk Manajemen Hubungan Dengan Pelanggan Pada Layanan E-Commerce. Value Added, Vol. 7, No. 2: 35.

Didin, H., dan Hendri, T. 2002. Manajemen Syari’ah dalam Praktek. Jakarta: Gema Insani Press.

Herman, H. 2018. Strategi Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pt Putra Usaha Mandiri Kota Batam. Jurnal Akuntansi Barelang, Vol. 3, No. 1: 59.

Juditha, C. 2017. Memahami Struktur Jaringan Media Sosial sebagai Cara Strategis Periklanan di Era Ekonomi Digital. Jurnal Pekommas, Vol. 2, No. 1: 99–114.

Lubis, A. F., Anggraini, A. M. T., Toha, K., Kagramanto, L. B., Hawin, M., Sirait, N. N., Prananingtyas, P., Sukarmi, M. S., dan Silalahi, U. 2017. Hukum Persaingan Usaha, Edisi Kedua. Jakarta: Komisi Pengawas Persaingan Usaha.

Miles, M. B. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, S. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, I. R. L. 2015. Identifikasi Karakteristik Wirausaha Dalam Menghadapi Persaingan (Studi Kasus Rendi Maulana, Owner Koren Denim Bandung 2014). E-Proceeding of Management Vol. 2, No. 2: 2–7.

Ramdani, A. Y. 2016. Identifikasi Karakteristik Wirausahawan Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis (Studi Kasus Ir. Kunto Herwibowo Owner CV. Spirit Wira Utama). E-Proceeding of Management Vol. 3, No. 3: 3042.

Romdonny, J., Lucky, M., dan Rosmadi, N. 2018. Peran Media Sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Organisasi Bisnis. Ikraith Ekonomika, Vol. 1, No. 2: 25–30.

Situmorang, S. H., Mulyono, H., dan Berampu, L. T. 2018. Peran dan Manfaat Sosial Media Marketing bagi Usaha Kecil. AJEFB - Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, Vol. 1, No. 2: 77–84.

Sulianta, F. 2012. Smart Online Marketing. Yogyakarta: Andi.

Suyanto, M. 2003. E – Commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi.

Syukron, M. 2016. Intelijensi Pemasaran Dalam Upaya Mempertahankan Keunggulan Kompetitif. Iqtishoduna, Vol. 9, No. 2: 144.

Tritama, H. B., Tarigan, R. E. 2014. Pengaruh Media Sosial Terhadap Brand Awareness Produk Perusahaan. Tanggerang: Universitas Pelita Harapan.

Widyaningrum, P. W. 2016. Peran Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran pada Sewa Kostum Meiyu Aiko Malang. Jurnal Al Tijarah, Vol. 2, No. 2: 33.