Analaisis Permasalahan dan Pengembangan Usaha Dodol Pangi

Isi Artikel Utama

Risma Yana Risal
Rusli M. Rukka
Rahmadanih Rahmadanih
Nurbaya Busthanul
A. Amrullah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persoalan dan pengembangan pemasaran produk dodol pangi pada usaha kecil menengah di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. Dodol pangi merupakan produk olahan buah pangi yang memiliki potensi ekonomi tinggi namun masih terbatas pada pasar lokal. Penelitian ini menggunakan metode analisis perencanaan pengembangan agrosistem (APPAS), yang meliputi analisis situasi, masalah, sasaran, dan perencanaan pengembangan usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah utama yang dihadapi adalah rendahnya penjualan, yang disebabkan oleh terbatasnya daerah pemasaran, kualitas kemasan yang rendah, serta kurangnya promosi dan pemahaman pemasaran digital. Selain itu, kualitas produk juga dipengaruhi oleh penggunaan peralatan produksi yang masih manual. Penelitian ini merancang serangkaian tindakan untuk meningkatkan pemasaran, di antaranya peningkatan kemampuan SDM dalam pemasaran digital, desain ulang kemasan dengan mencantumkan label halal, komposisi, nilai gizi, dan masa expired, serta pengadaan peralatan produksi yang lebih modern. Implementasi strategi pemasaran melalui media sosial, e-commerce, serta pameran diharapkan dapat memperluas pasar dan meningkatkan permintaan produk. Berdasarkan perhitungan, dengan melaksanakan tindakan tersebut, diharapkan omset dan pendapatan bersih dapat meningkat signifikan, mencapai target penjualan 3000 pack per bulan dan pendapatan bersih sekitar Rp 20.000.000. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pemasaran agroindustri berbasis produk lokal unggulan di tingkat usaha kecil menengah.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Risal, R. Y., M. Rukka, R., Rahmadanih, R., Busthanul, N., & Amrullah, A. . (2024). Analaisis Permasalahan dan Pengembangan Usaha Dodol Pangi. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 20(3), 251–264. Diambil dari https://journal.unhas.ac.id/index.php/jsep/article/view/21747
Bagian
Articles

Referensi

Anggina, D., Dewi, N., & Restuhadi, F. (2020). Strategi Pemasaran Agroindustri Dodol Rasa Buah Lokal. Jurnal Ilmiah Pertanian, 17(1), 1-12.

Anonim. (2017). Statistik Industri Manufaktur Bahan Baku. Badan Pusat Statistik: Indonesia.

Badan Pelaksana Statistik. 2019. Kabupaten Soppeng dalam Angka.

Benyamin, A. P. (2019). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix Strategy) di Pasarkita Pamulang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 1-9.

BPDAS Jeneberang Walanae. (2006). Pangi (Pangium edule Reinw). Makassar: Balai Pengelolaan Aliran Sungai Jeneberang Walanae.

Hardianingsih, T. D. (2020). Sistem Produksi, Pengolahan Hasil Dan Pemasaran Pangi Di Kabupaten Soppeng. Jurnal Ilmiah METANSI” Manajemen dan Akuntansi”, 3(2), 16-22.

Haudi, A., Ratumbuysang, M. F. N. G., & Hasanah, M. (2021). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Pada Industri Kecil Dodol Di Hulu Sungai Selatan. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 1(1), 31-36.

Hutasuhut, J. (2019). Studi Mengenai Strategi Pemasaran Makanan Tradisional “Panggelong” dan Kandungan Gizi Yang Terkandung di Dalamnya Menggunakan Konsep “Marketing Mix”. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 2(1), 69-74.

Kango, U. (2018). Strategi Pemasaran Jagung Gorontalo Sebagai Program Unggulan Daerah. Jambura: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 1(3), 366-391.

Kementrian Koperasi dan UKM. 2021. Kontribusi UKM terhadap PDB: Indonesia

Millang, S. (2021, November). Productivity of Pangi (Pangium edule Reinw.) and biodiversity of agroforestry systems at various altitudes in Toraja Regency, South Sulawesi. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 886, No. 1, p. 012062). IOP Publishing.

Mutholib, A., Maman, U., & Zulmanery, Z. (2019). Analisis Usaha UKM Dodol Mangga (Studi Kasus Di Kabupaten Indramayu). Agribusiness Journal, 13(1), 75-81.

Nawir, M., Taskirawati, I., & Baharuddin, B. (2017). Pemanfaatan Tanaman Pangi (Pangium Edule Reinw) pada Lahan Agroforestri Desa Watu Toa Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Jurnal Hutan dan Masyarakat, 123-130

Palit, A., Rengkung, L. R., & Ruauw, E. (2017). Strategi Pengembangan Agroindustri Dodol Salak Di Desa Pangu Satu Kecamatan Ratahan. Skripsi Fakultas Pertanian. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Putri, D. D., Mulyani, A., & Satriani, R. (2012). Strategi Pemasaran Keripik Pisang Dalam Rangka Mencapai Ketahanan Pangan Di Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 8(2).

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2019). Peran Pemasaran dalam Kegiatan Usaha pada Masyarakat di Desa Jatibaru, Cikampek. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 5(2), 82-96.

Saleh, D. A. (2018). Prospek Dan Strategi Pengembangan UKM Pengolahan Dodol Mangga (Studi Kasus Di UKM Kameumeut, Desa Munjul, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat) (Doctoral Dissertation).

Sari, R., & Suhartati, S. (2015). Pangi (Pangium edule REINW.) Sebagai Tanaman Serbaguna dan Sumber Pangan. Buletin Eboni, 12(1), 23-37.

Simanjuntak, P., & Fariadi, H. (2014). Prospek Pengembangan Usaha Dodol Pepaya (Carica papaya L.) pada Home Industri “Dua Saudara” Desa Tebat Monok Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang. AGRITEPA: Jurnal Ilmu dan Teknologi Pertanian, 1(1).

Tambajong, G. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Tresnawati, D. (2010). Analisis pengembangan agroindustri dodol nanas di Kabupaten Subang.

Yunianti, A. D., Nuraeni, S., & Taskirawati, I. (2018). Strategi Pemasaran, Pengemasan Dan Pemanenan Produk Unggulan Di Kth Mallapaowe, Kecamatan Lili Riaja, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. Jurnal Dinamika Pengabdian (Jdp), 4, 9-15.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.