Pengaruh Vicarious Experience Dan Social Persuasion Terhadap Self-Efficacy Petani Milenial
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kabupaten Madiun sebagai salah satu kabupaten yang menjadikan pertanian sebagai pondasi pembangunan daerah memberdayakan petani dengan mendukung adanya Komunitas Petani Milenial Madiun (PMM). Adanya Komunitas ini diharapkan keyakinan pemuda dalam bertani semakin kuat. Keyakinan diri petani milenial yang kuat dapat diperoleh dari pengamatan terhadap keberhasilan petani lain. Petani juga akan semakin yakin apabila sering mendapatkan pujian, nasihat, dan saran dari penyuluh maupun petani lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh vicarious experience dan social persuasion terhadap self-efficacy petani milenial di Kabupaten Madiun. Metode penelitian meggunakan pendekatan kuantitatif dibantu dengan kuesioner, survei, observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan bantuan SPSS IBM 25. Hasil penelitian menunjukkan vicarious experience sebesar 48,81% termasuk dalam kategori sedang dan social persuasion sebesar 45,24% termasuk dalam kategori tinggi. Vicarious experience dan social persuasion memiliki pengaruh yang signifikan terhadap self-efficacy petani milenial di Kabupaten Madiun.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This works is under Creative Commons Attribution LicenseDeprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/journal33/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.inc.php on line 49
Referensi
Akbar, F., Tike, A., & Halik, A. (2022). Komunikasi Persuasif dalam Membangun Kemandirian Pangan di Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima. Jurnal Mercusuar, 3(1).
Bandura, A. (1994). Self-efficacy. Encyclopedia of human behavior, cilt 4, VS Ramachaudran. New York. Academic Press.
BPS. (2023). Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian 2023. BPS Kota Pekanbaru.
Hussain, M. S., Khan, S. A., & Bidar, M. C. (2022). Self-efficacy of teachers: A review of the literature. Multi-Disciplinary Research Journal, 10(1), 110–116.
Indonesia, M. P. R. (2019). Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 04 Tahun 2019. Pedoman Gerakan Pembangunan Sumberdaya Manusia Pertanian Menuju Lumbung Pangan Dunia, 4.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif: Teori, penerapan, dan riset nyata. Anak Hebat Indonesia.
Sahlan, S., Nurdin, N., & Wardah, S. (2023). PERAN PEMUDA DALAM PENGUATAN MANAJEMEN USAHA TANI MELALUI INTEGRASI KEARIFAN LOKAL: The Role Of Youth In Strengthening Farming Business Management Through The Integration Of Local Wisdom. MESTAKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 73–82.
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran guru dalam mewujudkan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163.
Saragih, N. M. (2021). Pengaruh Mastery Experience Dan Persuasi Sosial Terhadap Peningkatan Self-Efficacy Pegawai Pada Instansi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Deli Serdang. Accumulated Journal, 3(2).