PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VII.7 SMP NEGERI 1 BULUKUMBA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketersediaan koleksi perpustakaan sekolah dan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII.7 SMP Negeri 1 Bulukumba. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bulukumba. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.7 SMP Negeri 1 Bulukumba tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 38 orang siswa.
Hasil penelitian ini adalah (1) pelaksanaan pembelajaran IPA dengan
model Reciprocal Teaching dengan memanfaatkan koleksi perpustakaan dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas VII.7 SMP Negeri 1 Bulukumba: siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok kecil, siswa diminta untuk mengerjakan student worksheet yang diberikan, setiap kelompok diminta untuk membuat pertanyaan terkait materi yang sedang dibahas (tahap
question generating), setiap kelompok diminta untuk menyajikan hasil diskusi
mereka di depan kelas, siswa diberi kesempatan untuk mengklarifikasi materi yang dianggap sulit yaitu dengan bertanya kepada guru (tahap clarifying), siswa diberi soal latihan yang memuat soal pengembangan yang harus dikerjakan secara individu (tahap predicting), dan siswa diminta untuk menyampaikan kesimpulan
tentang materi yang dipelajari (tahap summarizing). (2) Kemampuan pemahaman konsep ipa siswa dengan menggunakan model Reciprocal Teaching dengan memanfaatkan koleksi perpustakaan termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari (a) rata-rata persentase indikator pemahaman konsep ipa kelompok pada akhir siklus II berdasarkan hasil analisis student worksheet adalah 94,38% serta (b) rata-rata persentase indikator pemahaman konsep ipa pada akhir siklus II berdasarkan analisis hasil tes adalah 85,96%.
Hasil penelitian ini adalah (1) pelaksanaan pembelajaran IPA dengan
model Reciprocal Teaching dengan memanfaatkan koleksi perpustakaan dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas VII.7 SMP Negeri 1 Bulukumba: siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok kecil, siswa diminta untuk mengerjakan student worksheet yang diberikan, setiap kelompok diminta untuk membuat pertanyaan terkait materi yang sedang dibahas (tahap
question generating), setiap kelompok diminta untuk menyajikan hasil diskusi
mereka di depan kelas, siswa diberi kesempatan untuk mengklarifikasi materi yang dianggap sulit yaitu dengan bertanya kepada guru (tahap clarifying), siswa diberi soal latihan yang memuat soal pengembangan yang harus dikerjakan secara individu (tahap predicting), dan siswa diminta untuk menyampaikan kesimpulan
tentang materi yang dipelajari (tahap summarizing). (2) Kemampuan pemahaman konsep ipa siswa dengan menggunakan model Reciprocal Teaching dengan memanfaatkan koleksi perpustakaan termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari (a) rata-rata persentase indikator pemahaman konsep ipa kelompok pada akhir siklus II berdasarkan hasil analisis student worksheet adalah 94,38% serta (b) rata-rata persentase indikator pemahaman konsep ipa pada akhir siklus II berdasarkan analisis hasil tes adalah 85,96%.
Article Details
Section
Articles