MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 3 BULUKUMBA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN DIGITAL
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar PAI pada pokok bahasan sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan melalui penerapan model pembelajaran problem base learning (PBL) dan pemanfaatan perpustakaan digital pada Siswa Kelas XI TKR SMK Negeri 3 Bulukumba. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Model problem based learning dengan memanfaatkan perpustakaan digital yang diterapkan pada siswa kelas XI TKR SMK Negeri 3 Bulukumba sangat efektif dalam meningkatkan pembelajaran di kelas. Hal ini ditunjukkan pada setiap putaran atau
pertemuan yaitu pada siklus pertama adalah 2,57% dan siklus kedua 3,75%, (2) Hasil belajar siswa kelas XI TKR SMK Negeri 3 Bulukumba pada mata pelajaran PAI telah mengalami banyak peningkatan. Hal ini ditunjukkan pada setiap putaran atau pertemuan, yaitu putaran pertama adalah 80%, putaran kedua 100% dan (3) Efektifitas model pembelajaran problem based learning dan pemanfaatan perpustakaan digital dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 3 Bulukumba sudah cukup baik, hal ini ditunjukkan pada hasil analisis hipotesis dengan perhitungan statistik ternyata observasinya lebih besar dibandingkan dengan ttabel (12,27 > 1,645), sehingga hipotesis berbunyi efektifitas pembelajaran problem based learning dan pemanfaatan perpustakaan digital pada pelajaran PAI di SMK Negeri 3 Bulukumba, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.
pertemuan yaitu pada siklus pertama adalah 2,57% dan siklus kedua 3,75%, (2) Hasil belajar siswa kelas XI TKR SMK Negeri 3 Bulukumba pada mata pelajaran PAI telah mengalami banyak peningkatan. Hal ini ditunjukkan pada setiap putaran atau pertemuan, yaitu putaran pertama adalah 80%, putaran kedua 100% dan (3) Efektifitas model pembelajaran problem based learning dan pemanfaatan perpustakaan digital dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 3 Bulukumba sudah cukup baik, hal ini ditunjukkan pada hasil analisis hipotesis dengan perhitungan statistik ternyata observasinya lebih besar dibandingkan dengan ttabel (12,27 > 1,645), sehingga hipotesis berbunyi efektifitas pembelajaran problem based learning dan pemanfaatan perpustakaan digital pada pelajaran PAI di SMK Negeri 3 Bulukumba, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.
Article Details
Section
Articles