SQ3R Sebagai Langkah Praktis Dalam Memahami Teks Qira'ah

Authors

  • Nurul Huda Universitau Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Shofil Fikri
  • Wildana Wargadinata

DOI:

https://doi.org/10.20956/jna.v21i3.36800

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi efektivitas metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) sebagai langkah praktis dalam memahami teks qira’ah serta respon siswa MTS Al-Hidayah batu terhadap penerapan metode ini. SQ3R merupakan teknik pembelajaran yang dirancang untuk membantu siswa membaca dan memahami teks dengan lebih efektif dan terstruktur. Dalam konteks pembelajaran qira’ah, metode ini mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, mulai dari mengidentifikasi informasi penting hingga mengingat dan mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan metode kulalitatif dengan pendekatan deskriptif, jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SQ3R sebagai langkah praktik dalam memahami teks dapat dipaparkan secara ringkas yaitu dengan menerapkan beberapa tahapan yaitu, survey, question, read, recite dan review, Yang merupakan sebuah metode dalam memahami teks bacaan dengan proses bertahap, hal ini berdampak membantu memicu daya ingat yng kuat,  dapat membantu menyerap intisari bacaan yang dibacanya dan memperoleh sesuatu dari kegitan membaca yang dibacanya, metode ini memiliki dampak dalam mebantu siswa memahami materi qira’ah. Respon siswa terhadap metode ini dapat dilihat dari hasil data quasioner yang menunjukkan bahwa rata-rata siswa menyatakan positif, mereka merasa lebih terbantu dalam menyerap informasi dan merasa lebih percaya diri dalam memahami materi yang lebih kompleks. Oleh karena itu, metode SQ3R diakui sebagai pendekatan yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran qira’ah dan mendapatkan respon yang baik dari siswa.

References

Amin, 164 model pembelajaran kontemporer (Bekasi: LPPM Universitas islam 45 bekasi, 2022).

Dahlia Patiung. “Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual.” Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan 5, no. 2 (2016): 352–76. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854.

Harianto, Erwin. “‘Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa.’” Jurnal Didaktika 9, no. 1 (2020): 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2.

Kusumajati, A P, M Muhroji, ‘Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi PQ4R Di Kelas 3B SD Negeri Telukan 02’, Educatif Journal of, 2022

http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif/article/view/241

Nopiana, S. penggunaan medi kartu bergambar (flash card) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab di kelas II MIS Pasir gepang. Repository.staidaf.ac.id, 3023. http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/379/.

Pratiwi Putri Cerianing, ‘‘Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dadar,’’ Jurnal Basicedu Vol. 7 No. 1 (2020). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Ridho, R A, “Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif SQ4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa EFL,” Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan …, 2020, 164–76, http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/lingua/article/view/4946.

Rovita, Zulianah, and Nanang Khoirul Umam. “Penerapan Strategi Sq3R Pada Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas Iv Upt Sd Negeri 304 Gresik.” Jurnal Al-Fatih 6, no. 1 (2023): 1–18. https://doi.org/10.61082/alfatih.v6i1.224.

Sari Novita Yeni, ‘’Implementasi Model Pembelajkaran SQ3R Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII F MTs Negeri 1 Jember’’ Digital Repository Universitas Jember (1017)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods) (Bandung: Alfabeta, 2020)

Sugoyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2014).

Sujana, I Wayan Cong. “Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2019.

http://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/view/927.c

Tito. “Penerapan Model Pembelajaran Sq3r Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Vii.” Ujmes 3, no. 2 (2018): 73–84. https://core.ac.uk/download/pdf/228601252.pdf.

Tompkins, Gail E. Language arts: Content and teaching strategies. ERIC, 1998. https://eric.ed.gov/?id=ED442098.

Wahyudin Dedih, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2020).

Waruwu, V P D, dan T Harefa. “Peningkatan Kemampuan Menceritakan Kembali Teks Ulasan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning.” Educatum: Jurnal Ilmu …, 2022.

https://educatum.marospub.com/index.php/journal/article/view/35.

Yaqin, M Z N. “Penerapan Strategi Sq3r Dalam Pembelajaran Membaca Kritis Sastra (Cerpen) Pada Siswa Mi Kelas Lanjut.” Madrasah: Jurnal Pendidikan dan …, 2012.

http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/view/2234.

Downloads

Published

2024-11-30