Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Negeri Sorong: Implementasi dan Problematikanya

Authors

  • Syarah Yunita UIN Sunan Kalijaga
  • Dian Masrura
  • Septika Bayzura
  • Saariah

DOI:

https://doi.org/10.20956/jna.v21i3.40293

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dan permasalahan pembelajaran bahasa Arab berbasis kurikulum merdeka di MAN Kota Sorong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Kota Sorong dilaksanakan secara bertahap dan mengikuti prosedur kurikulum merdeka. Meskipun masih terdapat kendala dalam prosesnya, guru bahasa Arab di Madrasah berusaha menerapkan kurikulum merdeka dalam pembelajarannya. Permasalahan yang ditemukan dalam penerapan kurikulum Merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab adalah kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, kurang efektifnya proses pembelajaran yang berdiferensiasi, dan kurangnya pemahaman guru terhadap kurikulum merdeka. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi sekolah-sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka agar dapat mengembangkan pembelajaran bahasa Arab berbasis kurikulum Merdeka dengan lebih baik lagi.

References

Akhsan, & Muhammadiyah, A. (2020). Model belajar dan pembelajaran bahasa Arab generasi milenial. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 105–119. Retrieved from http://azzamaldakhil.com/azzam/2013/12/18/

Alef Education. (n.d.). Retrieved November 29, 2023, from https://alef.co.id/

Ali Ramdhani Moh Isom Direktur KSKK Madrasah, M., & Jenderal Pendidikan, D. (2022). Panduan Kurikulum Operasional Madrasah.

Alsubaie, A. M. (2020). The effectiveness of multiple intelligence-based differentiated instruction on metacognitive reading comprehension in Arabic language among middle school students in Saudi Arabia. Revista Amazonia Investiga, 9(26), 158–166. https://doi.org/10.34069/AI/2020.26.02.17

Alyammahi, A. H. (2019). The impact of Alef Platform on students’ performance at Al Asayel School in Abu Dhabi, UAE. Journal for Researching Education Practice and Theory (JREPT), 2(1), 80–108. Retrieved from https://bspace.buid.ac.ae/handle/1234/1433

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan peran guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40–50.

Azzahra, T. A., & Muhajir, M. (2023). Implementation of the Kurikulum Merdeka in Arabic language learning. Inovasi Kurikulum, 20(2), 261–274. https://doi.org/10.17509/jik.v20i2.59793

Erdiansyah, Joharni, & Kartikasari Ariani, E. (2022). Problematika Madrasah Pilot Project Kurikulum Merdeka tahun pelajaran 2022-2023 di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Musi Banyuasin. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 2(2), 275–287. https://doi.org/10.14421/hjie.22-10

Faizin, K., & Ismail. (2023). History of Arabic curriculum development in Indonesia. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 103–117. https://doi.org/10.35316/lahjah.v4i2.103-117

Fatra Nurlaela, L. (2020). Problematika pembelajaran bahasa Arab pada keterampilan berbicara di era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI, 552–568. Retrieved from https://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/690

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif: Teori dan praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hartanto, E. B. (2020). Efektivitas media pembelajaran pantomim untuk meningkatkan kemahiran berbicara (maharah kalam). Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 132–138. https://doi.org/10.35316/lahjah.v1i2.821

Hasnawati, & Syafi’i, A. (2023). Peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan model Discovery Learning berbantuan Alef Education pada pembelajaran bahasa Arab tema Yaumiyyatuna di kelas VIII A MTs As’adiyah Uloe.

Iskandar, D. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi report text melalui pembelajaran berdiferensiasi di kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48

Khairun Nisa, A., & Al Ghifari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 6(2), 627–646. https://doi.org/10.35931/am.v6i2

Langke, R. (2022). Implementasi Merdeka Belajar di madrasah. Journal of Islamic Education Leadership, 1(2), 125–135. https://doi.org/10.30984/jmpi.v1i2.156

Masturoh, F., & Mahmudi, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran bahasa Arab. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 4(2), 207–232. https://doi.org/10.52593/klm.04.2.07

Downloads

Published

2024-11-30