Pengembangan Bahan Ajar Fonologi Bahasa Arab Model Addie
DOI:
https://doi.org/10.20956/jna.v21i3.41844Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran berupa bahan ajar mata kuliah Fonologi bahasa Arab. Penelitian pengembangan ini didasari oleh belum tersedianya bahan ajar inovatif yang sesuai dengan tuntutan kurikulum Universitas Hasanuddin Tahun 2023 (K-23) pada mata kuliah Fonologi Bahasa Arab di Program Studi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin. Penelitian ini merupakan penelitian yang merujuk pada model ADDIE yang terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket validasi (validasi ahli media dan validasi ahli materi) dan angket respon mahasiswa. Hasil validasi bahan ajar fonologi bahasa Arab menunjukkan bahwa ahli materi menilai buku ajar berkualifikasi baik, demikian pula dengan ahli desain menilai buku ajar berkualifikasi baik. Adapun respon mahasiswa pada saat ujicoba menunjukkan bahwa buku ajar yang dihasilkan berada pada kualifikasi baik. Dengan demikian bahan ajar fonologi bahasa Arab layak, dan siap digunakan dalam pembelajaran khusunya di program studi di Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin.
Kata Kunci: Bahan ajar, fonologi, bahasa Arab, ADDIE
References
BIBLIOGRAPHY
Aldoobie, N. (2015, December 6). ADDIE model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68-72. Retrieved from https://www.aijcrnet.com/journals/Vol_5_No_6_December_2015/10.pdf
Arsyad, A. (2020). Arabic language and its teaching methods. Yogyakarta: Student Library.
Branch, M. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer New York Dordrecht Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Richards, J. C., & Rogers, T. S. (2001). Approaches and methods in language teaching. Cambridge University Press. Retrieved from https://www.novaconcursos.com.br/blog/pdf/richards-jack-c.-&-rodgers.pdf?srsltid=AfmBOoqR1GHvoTrizwkJZ3vJt96hz7gAGE0eBCVE1V_2-d2I7fQ1xYi2
Anshor, A. M. (2009). Pengajaran bahasa Arab media dan metode-metodenya (1st ed.). Yogyakarta: Teras.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2020). Bahasa Arab dan metode pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran: Prinsip, teknik, dan prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Effendy, A. F. (2012). Metodologi pengajaran bahasa Arab. Malang: Misykat.
Hermawan, A. (2011). Metodologi pembelajaran bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rosyidi, A. W. (2009). Media pembelajaran bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
All right reserved. The articles in this journal are under copyright of journal Nady al-Adab and the author of the article. No part of the articles may be reproduced without permission of the journal management