PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN COVID-19 MELALUI KULIAH KERJA LAPANGAN TERPADU METODE DARING DAN LURING
Keywords:
Covid-19, integrated kkl, community empowermenAbstract
Field Work Lecture (KKL) is a form of learning for real competency improvement as one of the requirements for students to take the final exam. The high number of Covid-19 cases has encouraged the world of education to play an active role in making a real contribution by implementing family health promotional activities using IPE and IPC techniques. This Community Service activity aims to provide authentic learning experiences to students and contribute to breaking the chain of the spread of Covid-19 by empowering the community. The method used in this activity is online and offline while still applying health protocols. The online method uses zoom meetings, while the offline method uses live counseling and demonstrations. The results of community service activities can be achieved 100%, both inactivity time, activity stages, and learning outcomes. Students' enthusiasm in this activity is also an indicator of success because students can immediately feel the authentic atmosphere of learning in the community. --- Kuliah Kerja Lapagan (KKL) merupakan salah satu wujud pembelajaran untuk peningkatan kompetensi secara nyata sebagai salah satu syarat mahasiswa mengikuti ujian akhir. Masih tingginya kasus Covid-19, mendorong dunia pendidikan berperan aktif dalam memberikan kontribusi nyata melalui penerapan kegiatan promotif kesehatan keluarga dengan menggunakan teknik IPE Dan IPC. Tujuan kegiatan Pengabdian masyarakat ini, untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa secara nyata di komunitas serta berkontribusi dalam pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 dengan memberdayakan masyarakat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini secara Daring Dan Luring, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Metode Daring menggunakan media zoom meeting sedangkan metode luring menggunakan penyuluhan dan demonstrasi secara langsung. Hasil Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat tercapai 100%, baik dalam segi waktu kegiatan, tahap kegiatan serta capaian pembelajaran. Antuasiame mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini juga menjadi indikator keberhasilan, karena mahasiswa dapat langsung merasakan suasana pembelajaran dikomunitas secara nyata.
References
Abdullah, V. I., & Haumahu, C. H. (2020). Kampanye Pemutusan Mata Rantai Penularan Corona Virus Melalui “Gerakan Kitorang Bisa” Pada Kelompok Resiko Tinggi’, 4(2), Pp. 170–174.
Abdullah, V. I. (2021). Peran Perempuan Dalam Pemutusan Mata Rantai Covid- 19. 3 (January 2020), Pp. 94–99.
Altıparmak, M. (2011). Akademik Bilişim’11 - XIII. Akademik Bilişim Konferansı Bildirileri 2 - 4 Şubat 2011 İnönü Üniversitesi, Malatya’, E-Öğrenme Ve Uzaktan Eğitimde Açık Kaynak Kodlu Öğrenme Yönetim Sistemleri, Pp. 319–327.
Areni, S.I. (2019) Pengenalan Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Di SDN 14 Bonto-Bonto Kabupaten Pangkep An Introduction Of Game-Based Interactive Learning At SDN 14 Bonto-Bonto, Kabupaten Pangkep. Jurnal Panrita Abdi, 3(2), 177–183.
Dong, Y. (2020). Epidemiology Of Covid-19 Among Children In China’, Pediatrics, 145(6). DOI: 10.1542/Peds.2020-0702.
Ismail. (2013). Pentingnya Sosialisasi Bagi Anak (Studi Kajian Sosiologi Pendidikan). Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya
Johariyah, A., & Mariati, T. (2018). Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja Dengan Pemberian Modul Terhadap Perubahan PengetahuanRemaja. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr.Soetomo Vol.4 No.1 April 2018 : 38-4
Kırık, A. M. (2014). Uzaktan Eğitimin Tarihsel Gelişimi Ve Türkiye Deki Durumu’, Marmara Iletisim Dergisi, (21), Pp. 73–73. Doi: 10.17829/Midr.20142110299.
Li, W. (2020) ‘Public Health Education For Parents During The Outbreak Of COVID-19: A Rapid Review’, Annals Of Translational Medicine, 8(10), Pp. 628–628. Doi: 10.21037/Atm-20-3312.
Poltekkes Kemenkes Sorong (2021). Buku Panduan Kuliah Kerja Lapangan Terpadu Prodi DIV Kebidanan Dan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Sorong.
Rohman, S. (2017). Koordinasi Camat Dengan Kepala Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur Di Desa Wanasari Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur’, 5(1), Pp. 437–447.
Rumperia, M. G. (2019). Etnobotani Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Menurut Tradisi War Wen Suku Kurudu Provinsi Papua. Paper Ini Di Presentasikan Di Seminar Nasional V Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang.
Sampurno, M. B. T., Kusumandyoko, T. C. And Islam, M. A. (2020) ‘Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat, Dan Pandemi COVID-19’, SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). Doi: 10.15408/Sjsbs.V7i5.15210.
Sen-Crowe, B., Mckenney, M. & Elkbuli, A. (2020) ‘Social Distancing During The COVID-19 Pandemic: Staying Home Save Lives’, American Journal Of Emergency Medicine. Elsevier Inc., 38(7), Pp. 1519–1520. DOI: 10.1016/J.Ajem.2020.03.063.
Virdasari, E., Arso,S.P., & Fatmasari, E.Y. (2018). Analisis Kegiatan Pendataan Keluarga Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga Di Puskesmas Kota Semarang (Studi Kasus Pada Puskesmas Mijen). Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal) Volume 6, Nomor 5, Oktober 2018 (ISSN: 2356-3346) Pada Puskesmas Mijen), Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal), 6(5), Pp. 52–64.
Weiguo Li (2020) ‘Public Health Education For Parents During The Outbreak of COVID-19: A Rapid Review’, Annals Of Translational Medicine, 8(10), Pp. 628–628. Doi: 10.21037/Atm-20-3312.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Vera Iriani Abdullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.