PERANCANGAN MEDIA PRAKTIKUM SISTEM KELISTRIKAN OTOMOTIF BAGI SMK BUDI UTOMO SOROAKO

Authors

  • Ahyar Mansur Akademi Teknik Soroako
  • Irdam Akademi Teknik Soroako, Luwu Timur
  • Harjuma Akademi Teknik Soroako, Luwu Timur
  • Israkwaty Akademi Teknik Soroako, Luwu Timur

Keywords:

Teaching media, vocational schools (SMK), automotive electrical system

Abstract

The Practicum learning process aims to carry out the learning activities as close as possible to actual conditions at work. Lack of practicum teaching media might hinder achieving students’ essential competencies, particularly in vocational schools. Budi Utomo Vocational School  (SMK Budi Utomo) has only one practicum electrical media with a limited range of practice availability. This affects the level of achievement of learning objectives according to the curriculum. Therefore, an electrical practicum media is required to take the practicum process close to the real-life situation, particularly at work. This community service program (PKM) aims to assist partners in developing media and practicum modules for automotive electrical systems and supporting the students in achieving the basic electrical competencies needed to compete in the automotive industry in Sorowako. This PKM is implemented through identification, design, implementation, application, and evaluation. The label and innovation produced the teaching media prototypes made based on the drawings. The execution, application, and evaluation were in the form of testing the media and training process for users, and was also used as an assessment for the whole operation process. The outcome of this PKM is the prototype of automatic electricity practicum teaching media. Target audiences are the teachers and students of SMK Budi Utomo Sorowako as users, to be used during the learning process according to the applicable curriculum. This prototype has been used as the practicum media and competency test for students in their third year in SMK Budi Utomo Sorowako. --- Proses pembelajaran praktikum bertujuan untuk membawa aktivitas belajar menjadi sedekat mungkin dengan kodisi nyata di dunia kerja. Keterbatasan media ajar praktikum dapat menjadi kendala dalam pencapaian kompetensi dasar siswa, khususnya di sekolah menengah kejuruan. Hal ini mempengaruhi tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran sesuai kurikulum. SMK Budi Utomo Soroako hanya memiliki satu buah media praktikum kelistrikan dengan variasi praktik yang terbatas. Untuk itu diperlukan media praktikum kelistrikan yang dapat membawa aktivitas belajar menjadi sedekat mungkin dengan kodisi nyata khususnya dunia kerja. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu mitra dalam pengembangan media dan modul praktikum sistem kelistrikan otomotif, serta membantu proses pencapaian kompetensi dasar kelistrikan bagi siswa untuk bersaing dalam lapangan kerja bidang otomotif di daerah Sorowako. Metode pelaksanaan PKM ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu: identifikasi, rancang bangun, implementasi, serta aplikasi dan evaluasi. Tahap identifikasi dan rancang bangun menghasilkan purwarupa media ajar yang dibuat berdasarkan gambar rancangan. Tahap implementasi, serta aplikasi dan evaluasi berupa uji coba media ajar serta proses pelatihan bagi penggguna, dan evaluasi terhadap penggunaan media ajar ini. Luaran dari pengabdian ini adalah berupa purwarupa media ajar praktikum kelistrikan otomotif, dengan khalayak sasaran adalah guru dan siswa SMK Budi Utomo Sorowako sebagai pengguna media praktikum dalam proses pembelajaran sesuai kurikulum yang berlaku. Media praktikum yang dibuat telah digunakan sebagai alat praktik dan alat uji kompetensi bagi siswa kelas 3 SMK Budi Utomo Sorowako.

References

Amir, D., Jamaluddin, Indrawati, & Hanif. (2019). Pemanfaatan Program Matlab untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa terhadap Mata Pelajaran Praktek Rangkaian Listrik Sederhana pada SMKN 5 Lhokseumawe. Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, 3(1), C164-C168. ISSN: 2598-3954.

Ariyadi, D., Buntoro, G. A., & Astuti, P. I. (2019). Pelatihan Media E-Learning Quipper bagi Guru di MAN1 Ponorogo. Jurnal Panrita Abdi, 2017, 1(2):136-140.

Kudsiah, H., Rahim, S.W., Rifa’I, M.A., & Arwan. (2018). Demplot Pengembangan Budidaya Kepiting Cangkang Lunak di Desa Salemba, Kecamatan Ujung Loi Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Jurnal Panrita Abdi, 2(2): 151-164.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1).

Mansur, A., & Arifin, Z. (2019). Design of PLC-Based Pneumatic System Practicum Media. ICONSS Proceeding Series, 82-88.

Maysitoh, & Agung, D. F. (2018). Pendidikan Kejuruan di Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Karir. SCHOULID: Indonesian Jurnal of School Counseling, 3(3), 89-96.

Mudzanatun, Fajriyah, K., Muflihati, I. (2019). Aplikasi Teknologi Pangan dalam Pengolahan Potensi Lokal Umbi-umbian di Desa Tamanrejo Kecamatan Limbangan. Jurnal Panrita Abdi, 3(1):18-31.

Samani, M. (2018). Vocational Education in the Era of Industry 4.0 : An Indonesian Case. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 201, 45-47.

Smirnova, Zh. V., Vaganova, O. I., Loshkareva, D. A., Konyaeva, E. A., & Gladkova, M. N. (2019). Practice-oriented approach implementation in vocational education. IOF Conf. Series: Material Science and Engineering. doi:10.1088/1757-899X/483/1/012003.

Syarifuddin, A., Baharuddin A. R., Abdullah, H., Fikram, M., Irdam, & Israkwaty. (2019). Rancang Bangun Media Ajar Sistem Kelistrikan Bodi pada Kendaraan Ringan. Tugas Akhir D3 Perawatan dan Perbaikan Mekanik, Akademi Teknik Soroako.

Downloads

Published

2022-01-10