PENERAPAN MESIN PENIRIS MINYAK DAN PEMASARAN ONLINE UNTUK KERIPIK BELUT DAN PARE DI DESA PLOSO

Authors

  • Sapto Wibowo Politeknik Negeri Malang
  • Ratna Ika Putri Politeknik Negeri Malang
  • Erfan Rohadi Politeknik Negeri Malang
  • Amalia Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v7i1.18226

Keywords:

Oil draining machine, website, marketing, chips

Abstract

Eel and bitter melon chips are processed foods that many favours because of their benefits. This activity is intended to train partners, namely the Jaya Makmur group in Ploso Village, Blitar Regency, to make eel and bitter melon chips. This activity aims to improve the quality of chips produced by using an oil-draining machine, reducing the oil content of the chips so that the chips become crispier, tastier and more durable. The method of implementing this activity is the method of observation, planning and preparation, and production. The results of this activity are in the form of quality and durability of eel and bitter melon chips, as well as product marketing that is no longer manual. So far, the marketing of paring and eel chips has only been done manually around the village with the COVID-19 pandemic, resulting in a significant decrease in sales, so efforts are needed to expand the marketing network can reach out of town. One alternative that can be done is by using an online website as a marketing tool. http://camilan-sariroso.com/ is a website link created and used for online marketing of eel and bitter melon chips produced by partners. --- Keripik belut dan pare merupakan hasil olahan makanan yang digemari oleh banyak orang karena manfaatnya. Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pelatihan kepada mitra yaitu kelompok Jaya Makmur di Desa Ploso Kabupaten Blitar dalam proses pembuatan keripik belut dan pare. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas keripik yang dihasilkan dengan menggunakan mesin peniris minyak, maka dapat mengurangi kadar minyak pada keripik sehingga keripik menjadi lebih renyah, lebih enak dan lebih tahan lama. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah metode observasi, perencanaan dan persiapan, serta produksi. Hasil dari kegiatan ini yaitu berupa keripik belut dan pare yang berkualitas dan tahan lama, serta pemasaran produk yang tidak lagi manual. Pemasaran keripik pare dan belut yang selama ini hanya dilakukan secara manual di sekitar desa, dengan adanya pandemi COVID-19 mengakibatkan penurunan penjualan yang cukup signifkan sehingga diperlukan usaha untuk memperluas jaringan pemasaran yang dapat menjangkau ke luar kota. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan dengan menggunakan website online sebagai sarana pemasaran. http://camilan-sariroso.com/ merupakan link webiste yang telah dibuat dan digunakan untuk pemsaran online keripik belut dan pare yang diproduksi mitra dengan label Sari Roso. 

References

Irma, W., & Umi, N.S. (2017). Strategi Pemasaran Keripik Belut Di Industri Rumah Tangga Sari Roso Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Agronomika, 12(1), 1-6.

Melati, I.S., Margunani, Mudrikah, S., & Pitaloka, L.K. (2020). Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Panrita Abdi, 4(2), 155 - 163.

Rachmawati, N., Afifatur, R., Fitri, N., Agus, E.S. (2019). PKM Keripik Pare Dan Stik Lidah Buaya Di Desa Wisata Kampung Lawas Maspati Kota Surabaya. J-Abdimas, 7(1), 34-40.

Sam’un J.R., & Sari, U.N. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula, 4(1), 108-123.

Siti, C., & Yanik, P. (2018). Pengembangan usaha mikro dan menengah pada kelompok usaha keripik pare sidoarjo Jawa Timur. J-Abdimas, 6(1), 8 – 11.

Sri, P., Siti, H., & Yuriani. (2014). Upaya Peningkatan Pendapatan Kelompok Usaha Belut Melalui Variasi Hasil Olahan Dan Kemasan di Godean. Inotek, 18(1), 109-119.

Subawa, N.S., Yansen, M., Wirajaya, A.A.M., & Rahmadi, R. (2021). Penerapan Digital Marketing Arak Bali Produksi Desa Besan. Jurnal Panrita Abdi, 5(3), 338-344.

Susilawati., Rahayu, S., Buchori, A.S., ...& Yudiyanto, O. (2021). Aplikasi Mesin Pulper Kopi dan Penjualan Online Berbasis Website di UKM Mukti Raharja untuk Menjaga Ekonomi Tetap Produktif dalam Era Pandemik Covid 19. Jurnal Panrita Abdi, 5(3), 301-309.

Chomsatu, Y., Mursito, B., & Maulana, I. (2019). Pelatihan Kewirausahaan: "Strategi Peningkatan Penjualan Melalui Packaging Produk Yang Menarik" Pada UMKM Desa GumuKrejo. Jurnal BUDIMAS, 1(1), 5-8.

Wijaya, N., Julianco, L., Janto, J., Chandra, B. R., Montero, F., Nugraha, R. A., Kasih, M. T., & Tanoto, G. (2022). Pengembangan Bisnis Aneka Cemilan Untuk UMKM di Desa Sukanagalih. Jurnal Panrita Abdi, 6(3), 481-491.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Sapto Wibowo, Ratna Ika Putri, Erfan Rohadi, & Amalia. (2022). PENERAPAN MESIN PENIRIS MINYAK DAN PEMASARAN ONLINE UNTUK KERIPIK BELUT DAN PARE DI DESA PLOSO. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 18–27. https://doi.org/10.20956/pa.v7i1.18226

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.