WEBINAR PEMILIHAN UJI STATISTIK BIVARIAT YANG TEPAT PADA DATA PENELITIAN KESEHATAN BAGI MAHASISWA
Keywords:
Data, research, analysis, statistical testAbstract
Students are required to carry out research as one of the prerequisites for graduation. Meanwhile, students often need to improve in performing statistical tests on their research data. The data collected in the study need to go through data processing and analysis stages. After collecting data, researchers often need clarification about what to do with the collected data and how to relate the data in the questionnaire to the study's objectives. Community service activities are conducted through webinars regarding selecting statistical tests on health research data. This community service activity aims to increase students' understanding of research data regarding various kinds of bivariate statistical tests and increase students' ability to determine the appropriate bivariate statistical test to analyze the research data. The target audience for this activity is students from all over Indonesia who need education about statistical tests. A total of 115 people spread throughout Indonesia participated in this service activity. All participants were measured for their knowledge of various parametric and nonparametric statistical tests before participating in the webinar activity and after participating in the webinar activity. The knowledge measurement results showed a significant increase in knowledge before and after participating in the webinar (P-value of the Wilcoxon test = 0.0001). There was an increase in the knowledge score regarding the selection of statistical tests by 60 points. As much as 93% of the audience experienced increased knowledge after attending the webinar. --- Mahasiswa dituntut untuk melaksanakan penelitian sebagai salah satu prasyarat kelulusannya. Sementara itu, mahasiswa kerapkali melakukan kesalahan dalam melakukan uji statistik pada data penelitiannya. Data yang dikumpulkan pada penelitian perlu melalui tahapan pengolahan dan analisis data. Setelah dilakukan pengumpulan data, seringkali peneliti bingung akan diapakan data yang terkumpul dan bagaimana menghubungkan data di kuesioner dengan tujuan dari penelitian. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dalam bentuk webinar mengenai pemilihan uji statistik pada data hasil penelitian kesehatan. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai data penelitiannya, mengenai berbagai macam uji statistik bivariat, serta meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menentukan uji statistik bivariat yang sesuai untuk menganalisis data penelitian tersebut. Khalayak yang menjadi sasaran pada kegiatan ini adalah mahasiswa dari seluruh Indonesia yang membutuhkan edukasi mengenai uji statistik. Sebanyak 115 orang yang tersebar di seluruh Indonesia menjadi peserta pada kegiatan pengabdian ini. Seluruh peserta diukur pengetahuannya mengenai berbagai macam uji statistik parametrik dan nonparametrik pada sebelum mengikuti kegiatan webinar dan setelah mengikuti kegiatan webinar. Hasil pengukuran pengetahuan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan yang signifikan antara sebelum dan sesudah mengikuti webinar (p-value uji Wilcoxon = 0,0001). Terjadi peningkatan skor pengetahuan mengenai pemilihan uji statistik sebesar 60 poin dan sebanyak 93% dari total khalayak mengalami peningkatan pengetahuan setelah mengikuti webinar.
References
Fadilah, M., Ningsih, W. I. F., Berlin, O., Wimaulia, A., Azlin, A., & Syakurah, R. A. (2021). Pengaruh Seminar Online Terhadap Pengetahuan Dalam Meningkatkan Imunitas Untuk Menghadapi Covid-19 Dan Persepsi Mengenai New Normal Pada Masyarakat Awam. J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 134. https://doi.org/10.35329/jkesmas.v6i2.1877
Hastono, S. P. (2017). Analisis Data Pada Bidang Kesehatan. RajaGrafindo Persada.
Mansyur, A. I., Purnamasari, R., & Kusuma, R. M. (2019). Webinar sebagai media bimbingan klasikal sekolah untuk pendidikan seksual berbasis online (meta analisis pedagogi online). Jurnal Suloh, 4(1), 26–30.
Mauliddin. (2017). Analisis Kesalahan Penggunaan Uji Statistik pada Skripsi Mahasiswa. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 141–158.
Mundiarsih, A. P. (2018). Strategi Pengembangan Kompetensi Widyaiswara Melalui Knowledge Sharing. Civil Service Journal, 12(1), 1–10.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehehatan. Rineka Cipta.
Pramita, D., Anwar, Y. S., Sirajudin, & Abdillah. (2019). Analisis Kesalahan Uji Statistik Pada Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 1, 39–44.
Romeijn, J.-W. (2022). Philosphy of Statistics. In The Stanford Encyclopedia of Philosophy (Fall 2022). https://plato.stanford.edu/entries/statistics/
Sanjaya, A., Komala, S., Juwita, Z., Maulana, S., Izharul, M., Salam, L., & Sandy, K. H. (2022). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Microsoft Powerpoint Bagi Pelajar Graphic Design Training Using Microsoft Powerpoint For Students. Panrita Abdi: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 454–462.
Silvianita, S., & Yulianto, E. (2020). Webinar Sebagai Kegiatan Peningkatan Kompetensi Widyaiswara Pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 113–119.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Noerfitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.