PENGEMBANGAN LITERASI PENDIDIKAN BAGI ANAK- ANAK GAMPONG LANCONG KECAMATAN SUNGAI MAS KABUPATEN ACEH BARAT

Authors

  • Marzuki Universitas Teuku Umar
  • Saiful Azmi Universitas Teuku Umar
  • Husaidi Universitas Teuku Umar
  • Safrida Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v6i4.19805

Keywords:

Literacy, Children, Lancong Village

Abstract

Lancong village is one of the villages located in Sungai Mas District, West Aceh Regency. the condition of children's educational literacy in Lancong village is not yet in accordance with the mandate of the Law of the Republic of Indonesia Number 20 of 2003 concerning the National Education System. Therefore, strategic and appropriate steps are needed to help children improve their literacy. Educational literacy development activities are offered as a solution to the problem of the low literacy level of children in the Lancong village. The objectives of the implementation of this service are: 1) the creation of increased literacy for lancong village children, 2) educating parents and youth in responding to the importance of mentoring learning for children 3) the realization of literacy infrastructure in the form of: libraries and wall magazines. The learning methods applied in the implementation of this service are: Delivering material, sharing sessions, providing infrastructure and learning while playing. Each learning method has its own sub-stages of learning, all of which include: initial socialization, morning motivation, mini library, wall magazine activation, reading every day, writing every day, competitions, rewards, and evaluations. The results of the service show that educational literacy development activities are very useful in supporting educational knowledge for the target audience. --- Desa lancong merupakan salah desa yang terletak di Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat. kondisi literasi pendidikan anak di desa Lancong belum sesuai dengan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah strategis dan tepat untuk membantu anak meningkatkan literasinya. Kegiatan pengembangan literasi pendidikan ditawarkan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan rendahnya tingkat literasi anak di desa lancong. Tujuan pelaksanaan pengabdian ini adalah: 1) terciptanya peningkatan literasi bagi anak-anak desa lancong, 2) teredukasinya orang tua dan remaja dalam menyikapi pentingnya pendampingan pembelajaran terhadap anak 3) terwujudnya infrastruktur literasi berupa: perpustakaan dan mading. Metode pembelajaran yang diaplikasikan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah Deliver material, sharing session, infrastructure devision serta learn while playing. Pada setiap metode pembelajaran tersebut mempunyai sub tahapan pembelajaran tersendiri yang keseluruhannya meliputi: sosialisasi awal, morning motivation, mini library, aktivasi mading, reading everyday, writing everyday, lomba, reward serta evaluasi. Hasil pelaksanaan pengabdian   menunjukkan   bahwa   kegiatan   pengembangan  literasi  pendidikan  sangat bermanfaat dalam penunjangan pengetahuan pendidikan bagi khalayak sasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmal, R. (2015). Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V SDN Buahbatu Baru Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Materi Peninggalan Sejarah Hindu Budha. Proceedings Of Seminar Nasional Pendidikan Dasar On Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak Melalui Literasi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung : 2015. Hal. 229-237.

Apriliana, C.A. (2015). Strategi KWL (Know-Want To Know-Learned) dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Proceedings Of Seminar Nasional Pendidikan Dasar On Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak Melalui Literasi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung : 2015. Hal. 381-388.

Anggraini, S. Siswanto, J & Sukamto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. Vol. 7, No. 3 Hal. 222.

Badu, S.Q. 2012. Implementasi Evaluasi Model Kirkpatrick pada Perkuliahan Masalah Nilai Awal dan Syarat Awal. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 16, No. 48 Hal. 107.

Gustiana, D.A. (2015). Pengaruh Permainan Edukatif Terhadap Kebugaran Jasmani Anak Taman Kanak-Kanak. Proceedings Of Seminar Nasional Pendidikan Dasar On Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak Melalui Literasi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung : 2015. Hal. 369-380.

Harianti, R. Suci, A. (2016). Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Curricula. Vol. 1, No. 2, Hal. 21.

Kudsiah, H., Rahim, S.W., Rifa’i, M.A., & Arwan. (2018). Demplot Pengembangan Budidaya Kepiting Cangkang Lunak di Desa Salemba, Kecamatan Ujung Loi, Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Jurnal Panrita Abdi, 2(2), 151-164.

Lyesmaya, D. Saepuloh & Luthfi. (2015). Model Pembelajaran Literasi Melalui Pendekatan Proyek Media Cetak di Sekolah Dasar Untuk Menumbuhkan Nilai Karakter. Proceedings Of Seminar Nasional Pendidikan Dasar On Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak Melalui Literasi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung 2015. Hal. 93-102.

Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2017 Tentang Standar Perpustakaan Desa/Kelurahan.

Rifa'i, M.A., Muzdalifah, & Kudsiah, H. (2018). Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus: Anemon Laut Ornamen. Panrita Abdi Jurnal, 2(1), 40-47.

Rifa’i, M.A., Candra, Muzdalifah, & Kudsiah, H. (2020). Pemberdayaan Istri Kelompok Pembudidaya Ikan Patin dengan Pengembangan Produk Fillet. Jurnal Panrita Abdi, 4(3), 369-379.

Rifa’i, M.A., Candra, Muzdalifah, Agustina, & Kudsiah, H., Mubarak, M.S., & Norliana. (2021). Transfer Teknologi Pembuatan Sosis Berbahan Baku Ikan Patin (Pangasius sp) bagi Kelompok Pembudidaya Ikan dan Keluarganya. Jurnal Panrita Abdi, 5(4), 589-599.

Rahmadi. Imam, F. (2020). Pendidikan di Daerah Kepulauan Terpencil: Potret Siswa, Guru, dan Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol. 7, No. 1, Hal. 75.

Sintiawati, N. (2021). Peran “Rumah Baca Taman sekar” dalam Mengembangkan Literasi Anak Melalui Lomba Menulis Surat. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus). Vol. 6, No. 1 , Hal. 50-62

Soyli, S. Halidjah, S & Margiati. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode Kerja Kelompok di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol. 4, No. 7, Hal. 5

Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Sisiwa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. Vol. 5, Nomor 2. Hal. 178.

Wirawan, R., Agustien, R., & Fikri, I. (2022). Pendampingan Desa Literasi Kreatif di Desa Beringin Agung, Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Panrita Abdi, 6(3), 587-598.

Yasa, A.D., & Denna, D.C. (2020). Membudayakan Keterampilan Menulis pada Mading Kelas untuk Melatih Kreativitas Siswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 4 Nomor 2. Hal. 242.

Downloads

Published

2022-10-25

How to Cite

Marzuki, Saiful Azmi, Husaidi, & Safrida. (2022). PENGEMBANGAN LITERASI PENDIDIKAN BAGI ANAK- ANAK GAMPONG LANCONG KECAMATAN SUNGAI MAS KABUPATEN ACEH BARAT. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 900-914. https://doi.org/10.20956/pa.v6i4.19805