SOSIALISASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN COA QUARTET UNTUK MEMUDAHKAN SISWA/I JURUSAN IPS DI SMAN 6 CIMAHI DALAM MEMPELAJARI CHART OF ACCOUNT (COA)

Authors

  • Riani Tanjung Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Mohamad Nurkamal Fauzan Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Keywords:

CoA QUARTET, educational media, Chart of Accounts,, learning perception, IFRS

Abstract

Advancements in accounting education necessitate implementing innovative learning methods, mainly to simplify understanding fundamental concepts for social sciences students. This study focuses on the socialization and evaluation of the effectiveness of CoA QUARTET, an educational medium designed to facilitate the understanding of the Chart of Accounts (CoA) by Financial Accounting Standards convergent with IFRS. CoA QUARTET, created by faculty members of the D3 Accounting Program at the Universitas Logistik dan Bisnis Internasional with registered copyright, adopts a card game format to present accounting terms. This activity aims to introduce CoA QUARTET as a learning medium and analyze its application in assisting Social Sciences students at SMAN 6 Cimahi in studying CoA. The community service methods include socialization through presentations and mentoring students in using CoA QUARTET, as well as measuring students' perceptions before and after using this educational medium. The results of the activity show that CoA QUARTET is effective in improving students' understanding of CoA. This community service activity provides new insights into the application of interactive learning methods in accounting education, paving the way for improved learning quality in this field.  ---  Kemajuan dalam pendidikan akuntansi memerlukan penerapan metode pembelajaran yang inovatif, terutama untuk memudahkan pemahaman konsep-konsep dasar kepada siswa/i jurusan IPS. Penelitian ini berfokus pada sosialisasi dan evaluasi efektivitas CoA QUARTET, sebuah media pembelajaran yang dirancang untuk memfasilitasi pemahaman Chart of Account (CoA) sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan yang berkonvergensi dengan IFRS. CoA QUARTET, yang merupakan hasil karya dosen Prodi D3 Universitas Logistik dan Bisnis Internasional dengan hak cipta terdaftar, mengadaptasi format permainan kartu untuk menyajikan istilah-istilah akuntansi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan media pembelajaran CoA QUARTET dan menganalisis penerapannya dalam memudahkan siswa/i jurusan IPS di SMAN 6 Cimahi dalam mempelajari CoA. Metode pengabdian meliputi sosialisasi melalui presentasi dan pendampingan siswa dalam menggunakan CoA QUARTET, serta pengukuran persepsi siswa sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran ini. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa CoA QUARTET efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap CoA. Pengabdian kepada masyarakat ini memberikan wawasan baru tentang penerapan metode pembelajaran interaktif dalam pendidikan akuntansi, membuka jalan bagi peningkatan kualitas pembelajaran di bidang ini.

References

Atmoko, A. D. (2020). Peningkatan pengetahuan akuntansi pada guru akuntansi smk negeri 1 depok sleman berdasarkan standar akuntansi keuangan (sak) berbasis international financial reporting standard (ifrs). Panrita abdi - jurnal pengabdian pada masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.20956/pa.v4i2.7763

Hellmann, A., & Patel, C. (2021). Translation of International Financial Reporting Standards and implications for judgments and decision-making. Journal of Behavioral and Experimental Finance, 30. https://doi.org/10.1016/j.jbef.2021.100479

Kedzior, M., Cyganska, M., & Syrrakos, D. (2020). Determinants of voluntary international financial reporting standards adoption in poland. Engineering Economics, 31(2). https://doi.org/10.5755/j01.ee.31.2.24603

Munawir. (2016). Analisa Laporan Keuangan Lanjutan. In Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi (Vol. 4).

Sapariyah, R. A., Putri, I. S., & Fujianto, R. L. (2020). Pengaruh penghargaan finansial, pelatihan profesional, pengakuan profesional, dan pertimbangan pasar kerja terhadap pemilihan karir akuntan publik pada mahasiswa akuntansi di perguruan tinggi surakarta”. Financial: jurnal akuntansi, 6(1). https://doi.org/10.37403/financial.v6i1.133

Saraswati, A. A. S. D., & Badera, I. D. N. (2018). Pengaruh Profesionalisme, Pengalaman Kerja, Konflik Peran dan Ketidakjelasan Peran Pada Kinerja Auditor KAP di Bali. E-Jurnal Akuntansi. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v23.i02.p07

Tanjung, R. (2020). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Coa Quartet untuk Memudahkan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Dalam Mempelajari Chart Of Account. Competitive, 14(2). https://doi.org/10.36618/competitive.v14i2.623

Tanjung, R., Fauzan, M. N., & Casmadi, Y. (2023). Pelatihan Program SAP Financial Controlling sub Account Receivable (AR) Pada PT. Pos Logistik Indonesia. Merpati: Media Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pos Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.36618/merpati.v4i2.2783

Ulfah, A. K. (2020). Persamaan akuntansi dalam transaksi bisnis. J-ISCAN: Journal of Islamic Accounting Research, 2(1). https://doi.org/10.52490/j-iscan.v2i1.864

Winata, D., & Winata, S. (2023). Pengaruh perencanaan pajak dan beban pajak tangguhan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Global Accounting: Jurnal Akuntansi, 2(1), 1-12. https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/ga

Ummarha, N.Y., Rissi, D.M., Sriyunianti, F., & Hatta, E. (2023). Analisis Pemahaman Mahasiswa Terhadap Konsep Dasar Aset, Kewajiban, Ekuitas, Dan Jurnal Dalam Meningkatkan Efektivitas Praktik Kerja Lapangan. Jurnal of Applied Accounting And Business, 5(2), 12-18. https://doi.org/10.37338/jaab.v5i2.250

Downloads

Published

2024-10-02