PENERAPAN APLIKASI RENCANA ANGSURAN PEMBAYARAN PADA USAHA EKONOMI DESA SIMPAN PINJAM SUNGAI ALAM BERBASIS WEB

Authors

  • Rezki Kurniati Politeknik Negeri Bengkalis
  • Fajar Ratnawati Politeknik Negeri Bengkalis
  • Fajri Profesio Putra Politeknik Negeri Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v2i2.3249

Keywords:

angsuran, simpan pinjam, transaksi, database MySQL

Abstract

Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP) merupakan usaha ekonomi yang memberikan pinjaman berupa uang untuk kegiatan usaha masyarakat desa untuk perorangan maupun kelompok yang dinilai produktif. Pinjaman dikembalikan oleh nasabah setiap bulannya beserta bunga yang telah ditetapkan oleh pengelola. Pencatatan transaksi pembayaran nasabah pengelola menggunakan buku dan Microsoft Excel. Untuk membantu pengelola maka dibangunlah sebuah aplikasi rencana angsuran pembayaran nasabah, menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database. Tujuan dari aplikasi ini dapat melakukan proses perhitungan pembayaran nasabah secara komputerisasi dan pembuatan laporan keuangan yang lebih praktis. Aplikasi ini dapat menghasilkan sebuah laporan keuangan, dan menghitung denda bagi nasabah yang terlambat membayar pinjaman. Adanya aplikasi diharapkan dapat mempermudah pekerjaan bagian administrasi untuk merekap data dan perhitungan untuk keuangan UED-SP. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sary, H., dan Hidir, A., 2013, Implementasi Program Usaha Ekonomi Desa, Jurnal

Administrasi Pembangunan, (1) 3, 219-323.

Peraturan Pemerintah Kabupaten Bengkalis Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Program Peningkatan Masyarakat Pedesaan (PPKMPD).

Downloads

Published

2018-10-08

How to Cite

Kurniati, R., Ratnawati, F., & Putra, F. P. (2018). PENERAPAN APLIKASI RENCANA ANGSURAN PEMBAYARAN PADA USAHA EKONOMI DESA SIMPAN PINJAM SUNGAI ALAM BERBASIS WEB. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 165 - 173. https://doi.org/10.20956/pa.v2i2.3249