WORKSHOP BUSINESS MODEL CANVAS UNTUK ANALISA BISNIS YANG LEBIH KOMPREHENSIF
DOI:
https://doi.org/10.20956/pa.v2i2.3577Abstract
Perkembangan ide-ide kreatif dalam bentuk kecil sedang berkembang sangat pesat di era globalisasi teknologi pada masa kini. Perkembangan UMKM berbasis teknologi sangat berkembang pesat. Munculnya ratusan perusahaan rintisan saat ini menuntut para pengusaha muda untuk memutar otak bersaing dengan para competitor-kompetitor yang lain. Pola manajemen inovasi yang baik menjadi kunci dari keberhasilan mendirikan usaha. Mempersiapkan wirausaha muda yang berpengetahuan cukup menjadi hal yang sangat penting di masa sekarang. Siswa SMK dituntut tidak hanya siap kerja namun juga diharapkan dapat mampu mencetak lapangan kerja, yaitu menjadi seorang wirausaha. Dengan diadakannya wokshop business model canvas ini diharapkan para siswa mempunyai pengetahuan yang cukup dalam menganlisa situasi usaha dan manajemen inovasi di masa mendatang. Hasil dari workshop ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan, motivasi dan keinginan untuk berwirausaha. Ini menunjukkan tingkat ketertarikan para siswa untuk berwirausaha. Diharapkan dari kegiatan workshop ini dapat ditindaklanjuti di masa mendatang untuk keberlanjutan pengembangan ide pada siswa SMK.
Kata Kunci: BMC, UMKM, Rintisan, BPR, Innovasi
References
Bird et al. (2009) ‘Media as partners in education for sustainable development: a training and resource kit; UNESCO series on journalism education; 2008’. Available at: http://unesdoc.unesco.org/images/0015/001587/158787E.pdf (Accessed: 9 February 2018).
Chesbrough, H. and Rosenbloom, R. (2002) ‘The Role of the Business Model in Capturing Value from Innovation: Evidence from Xerox Corporation’s’, technology spin-off companies, Industrial and Corporate Change, 11 no. 3(3), pp. 529–555. doi: 10.1093/icc/11.3.529.
jasmin, utami (2016) ‘Pengertian Ekonomi Rakyat dan Ekonomi Kerakyatan’. Available at: http://www.academia.edu/23541418/Pengertian_Ekonomi_Rakyat_dan_Ekonomi_Kerakyatan (Accessed: 9 February 2018).
Wiley, J. et al. (2011) ‘Business Model Generation: A handbook for visionaries, game changers and challengers’, African Journal of Business Management, 5(7). Available at: http://www.academicjournals.org/AJBM (Accessed: 9 February 2018).