PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS DODOL NANGKA DI DESA SURANADI LOMBOK BARAT NUSA TENGGARA BARAT

Authors

  • Ansar Ansar Mataram
  • Nazaruddin Nazaruddin

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v2i2.5117

Keywords:

dodol nangka, mesin pengaduk dodol, Lombok

Abstract

Dodol nangka merupakan salah satu produk olahan khas Lombok yang banyak digemari konsumen dan sering dijadikan sebagai buah tangan para wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Selama ini proses pengolahan dodol nangka masih dilakukan secara konvensional, sehingga kualitas produk sangat rendah. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan melakukan introduksi teknologi mesin pengaduk dodol otomatis untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produk. Ada dua UKM yang dijadikan mitra pada kegiatan ini yaitu UKM Warna Sari dan Edelwais. Target luaran yang ingin dicapai adalah terjadinya peningkatan kualitas produk. Metode yang digunakan untuk mencapai target tersebut adalah melakukan introduksi mesin pengaduk dodol nangka otomatis untuk peningkatan produktivitas dan kualitas produk. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mesin pengaduk dodol otomatis yang telah diintroduksikan kepada mitra dapat meningkatkan produktivitas dari 10 kg/hari menjadi 20 kg/hari. Produk yang dihasilkan juga lebih higienis, gurih, dan lezat jika dibandingkan sebelum menggunakan mesin ini. Khalayak sasaran telah terampil mengaplikasikan teknologi yang telah diberikan dan sangat berminat dan mau mengaplikasikan teknologi ini untuk keberlanjutan usaha pengolahan dodol nangka.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ansar Ansar, Mataram

English

References

Ansar, & Nazaruddin. (2013). Pengolahan dodol rumput laut khas lombok Nusa tenggara barat. Jurnal Abdi Insani Unram, 4(2), 98-102.

BSN, B. S. (2006). Karakteristik Produk Olahan Pangan Dodol. SNI 01-2986-1992.

Harry, N. (1994). Nangka. Dalam Lembaran Informasi Prosea . PROSEA Indonesia, 7(1), 41-42.

Henny, H. (2008). Penentuan Umur Simpan Pada Produk Pangan. Jurnal Litbang Pertanian, 4(1), 27-32.

Kudsiah, H., Tresnati, J., & Ali , S. A. (2018). IbM Kelompok Usaha Bandeng Segar Tanpa Duri di Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan. Panrita Abdi Jurnal LP2M Universitas Hasanuddin, 2(1), 55-63.

Suharti, S., & Alrasyid, H. (1993). Pedoman Teknis Tanaman Buah Nangka (Artocarpus Heterophyllus Lamk). Informasi Teknis, 41(1), 2-5.

Downloads

Published

2018-10-08