PENINGKATAN KETERAMPILAN SANTRI DALAM DESAIN DAN LAYOUT GAMBAR UNTUK MENGHADAPI ERA MILLENIAL
Keywords:
image design, layout, santri, millennial eraAbstract
Abstract. The technology development and information in the millennial era needs to be responded for community adaptively. One of them is boarding school which provides services, information, and prepares the competencies of graduates. Santri need to be provided Information Technology based skills. Therefore, this Community services partners with Al-Mustaqim Bugel Islamic Boarding School Kedung Jepara. It aims at improving the santri ability to design and layout images, improving the santri ability to make pamphlets, information on activities, and brochures through interesting pictures, improving information services at Al-Mustaqim Islamic Boarding School. The method of implementation in this activity includes motivation, training, mentoring, and evaluation. This service was held in the Al-Mustaqim boarding school hall. It Involves three lecturers, and two students at the Jepara Nahdlatul Ulama Islamic University while the participants of this program were 20 senior male and female students of Al-Mustaqim Islamic Boarding School. The participants were enthusiastic and actively involved in the series of activities. The material of motivation is about life skill education, so that students are more enthusiastic about honing their skills. Training and mentoring focus on the techniques and practices of shooting, layout design, and cropping images. Furthermore, evaluation of activities through the Focus group discussion (FGD). The results of this community service provide the senior santri of Al-Mustaqim Islamic Boarding School in creating pamphlets through designs and image layouts so that it makes the innovation of information service, both on the board and social media.
Abstrak. Perkembangan teknologi dan informasi pada era millennial saat ini, perlu direspon secara adaptif oleh masyarakat. Termasuk pesantren dalam memberikan pelayanan, informasi, dan menyiapkan kompetensi lulusannya. Santri perlu dibekali keterampilan berbasis Teknologi Informasi (TI). Maka Program Kemitraan Masyarakat ini bermitra dengan Pesantren Al-Mustaqim Bugel Kedung Jepara. Hal itu bertujuan meningkatkan kemampuan santri membuat design dan layout gambar, meningkatkan kemampuan santri membuat pamflet, informasi kegiatan, serta brosur dengan gambar menarik, meningkatkan pelayanan informasi di Pesantren Al-Mustaqim. Metode pelaksanaan pada kegiatan ini meliputi motivasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di aula pesantren Al-Mustaqim. Melibatkan tiga dosen, dan dua mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. Sedangkan peserta kegiatan adalah 20 santri putra putri yang senior di Pesantren Al-Mustaqim. Peserta antusias dan terlibat aktif dalam rangkaian kegiatan pengabdian. Materi motivasi tentang pendidikan life skill, sehingga santri lebih semangat mengasah keterampilannya. Pelatihan serta pendampingan fokus pada teknik serta praktek pengambilan gambar, desain layout, dan cropping gambar. Selanjutnya evaluasi kegiatan melalui Focuss Group Discussion (FGD). Hasil program kemitraan masyarakat ini santri senior Pesantren Al-Mustaqim dapat membuat pamflet informasi dengan design dan layout gambar bervariatif. Sehingga ada inovasi pelayanan informasi pesantren, baik dengan ditempel di papan maupun diposting melalui media sosial.
References
Agustina, R. (2017). Pelatihan Desain Grafis Untuk Perangkat Desa Dalam Rangka Peningkatan SDM Di Desa Ngawonggo. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, 2(1), 37–42.
Anwas, O. M. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pesantren Rakyat Sumber Pucung Malang. Pendidikan dan Kebudayaan, 21(3), 207–220.
Areni, I. S., Indrabayu, Muslimin, Z., Palantei, E., Prayogi, A., & Bustamin, A. (2019). Pengenalan Pembelajaran Interaktif Berbasis Game di SDN 14 Bonto-Bonto Kabupaten Pangkep. Jurnal Panrita Abdi, 3(2), 177–183.
Aviskha. (2019). Hasil Wawancara Mendalam. Pada tanggal 28 Maret 2019.
Fauzi, A., Meilya, I. R., & Siregar, H. (2017). Pengelolaan Pendidikan Life Skill di Pondok Pesantren Kabupaten Pandeglang. 2(2), 198–213.
Ghiffary, M. N. El, Susanto, T. D., & Prabowo, A. H. (2018). Analisis Komponen Desain Layout, Warna, dan Kontrol pada Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Berdasarkan Kemudahan Penggunaan (Studi Kasus: Aplikasi Olride). Jurnal Teknik ITS, 7(1), 143–148. https://doi.org/10.12962/j23373539.v7i1.28723
Hatimah, I. (2011). Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Misbah, M. (2014). Sejarah Pesantren Al-Mustaqim. Jepara: PP. Al-Mustaqim.
Nuris, D. M. (2019). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Tik Bagi Guru Akuntansi SMK Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 256–260. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i2.1819
Saifulloh, Pamungkas, R., & Setiawan, D. (2017). Evaluasi Pemanfaatan Media Photoshop Sebagai Soft Skill Analisa Kondisi Lapangan PerumusanKonsep Desain Pembekalan Sofware Pendukung PelaksanaanPelatihan EvaluasiKegiatan. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA, 441–446.
Wekke, I. S. (2012). Pesantren dan Pengembangan Kurikulum Kewirausahaan: Kajian Pesantren Roudahtul Khuffadz Sorong Papua Barat. Inferensia, Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 6(2), 205–226.
Zainal, A. (2014). Implementasi Pendidikan Life Skill di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi, Dan Pemikiran Hukum Islam, VI(1), 162–173.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.