PENERAPAN DIGITAL MARKETING ARAK BALI PRODUKSI DESA BESAN
Keywords:
Implementation, digital marketing, arak baliAbstract
Abstract. The implementation of proper marketing through digital marketing needs to be done by arak craftsmen in Besan Village, especially now that arak has received government recognition through Governor Regulation Number 1 of 2020, one of which regulates Arak Bali. The aim of this service is a transition to digital marketing, which is the right thing to do, through the availability of internet networks in all villages today. The use of smartphones, which have been mostly used as a means of telephone communication, is also time to be used as a tool to market products. Through this effort, the marketing of arak produced by the people of Besan Village, which is known for its authenticity and purity, can be expanded, so that it becomes the main source of income for the community. The method used in this service is training, guidance and assistance in using and implementing digital marketing. The results of the implementation of this service activity, have an impact on the public's understanding of the importance of digital marketing and have been carried out by the “Arak Bali” craftsmen community, through the internet, social media and other media.
Abstrak. Penerapan pemasaran yang tepat melalui digital marketing perlu dilakukan oleh pengrajin arak di Desa Besan, terlebih saat ini arak telah mendapat pengakuan pemerintah melalui Peraturan Gubernur Nomor 1 Tahun 2020, yang salah satunya mengatur tentang Arak Bali. Tujuan pengabdian ini adalah adanya peralihan ke arah digital marketing, hal yang sangat tepat dilakukan, melalui ketersediaan jaringan internet di semua desa saat ini. Peruntukan smartphone yang selama ini lebih banyak berfungsi sebagai alat komunikasi telepon, sudah saatnya juga dipergunakan sebagai alat untuk memasarkan produk. Melalui usaha tersebut, pemasaran arak yang diproduksi masyarakat Desa Besan yang dikenal keaslian dan kemurniannya dapat diperluas, sehingga menjadi sumber pendapatan utama masyarakat. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan, bimbingan dan pendampingan dalam menggunakan dan penerapan digital marketing. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian ini, berdampaik pada pemahaman masyarakat akan pentingnya pemasaran secara digital dan telah dilakukan oleh masyarakat pengrajin produk “Arak Bali“, melalui media internet, media sosial dan media lainnya.
References
Akhiyar, D., Sari, V.N., Muhammad, A. (2019) Pembangunan Digital Marketing Pemasaran Produk & Jasa Kreatif Provinsi Sumatra Barat. Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora – InoBali. Page: 99-107 Retrieved from: https://eproceeding.undwi.ac.id/index.php/inobali/article/view/117/100
Faqih, M.A., Luqman H, Ulum, M.M., Thoriqul H., Rozak, A., Aulia M.N., Lailatu B.F., Suryaningsih, S., Listia K.S, Wulandari, F.E. (2019) Meningkatkan Pemasaran Produk Para Pelaku UMKM di Pedukuhan Ngaseman melalui Program Kerja Pengenalan dan Penyuluhan Digital Marketing Sistem. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat. Volume 1, page 425-427. Retrieved from: file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/334-Article%20Text-609-1-10-20190910.pdf
Jasmani, Maduningtias, L., Irmal. (2019) Pelatihan dan Penguasaan Digital Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan Para Remaja di Lingkungan Benda Timur IV. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana. Vol 2, No 1, 65 – 69.
Kader, M.A., Mulyatini, N., Setianingsih, W. (2018) Model Pemasaran Digital Marketing FB_Ads dan Email Marketing dalam meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Ekonologi. Vol 5, No 2, DOI: http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v5i2.1760
Makkarennu, Syahidah, Ridwan, M.A.K. Sahide, E.I.R. Mas’ud. 2018. Pengembangan Pasar dan Penguatan Kapasitas Kewirausahaan Kelompok Tani Hutan di Sekitar Kawasan Hutan Pendidikan Unhas. Jurnal Panrita Abdi, 2(1):64-74.
Melati, I.S., Margunani, Mudrikah, S., & Pitaloka, L.K. (2020). Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Panrita Abdi, 4(2), 155 - 163.
Setiabudi, H., Saptono, R., Widyo, P. (2019) Implementasi Free Open Source E-Commerce (Fose) Untuk Mendukung Pemasaran Digital Pada UMKM Jamur Tiram. Proseding PKM dan CSR. Vol 2, DOI: https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.469
Rochmah, L.V., Kusumawati, A. (2019) Menjelajahi Dampak Keterlibatan Pemasaran Digital pada Proses Pengambilan Keputusan Siswa di Lembaga Pendidikan Tinggi (HEIs) (Studi pada Universitas Negeri di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 73, No 2. Retrieved from: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2934
Subawa, N.S. (2016). Prestige Pricing Strategy as A Symbol of Social Class on Perfume Products. Jurnal Bisnis & Manajemen, 17 (1),13-21.
Subawa, N.S., & Mimaki, C.A. (2019). E-Marketplace Acceptance of MSMEs in Bali Based on Performance Expectancy and Task Technology Fit. EBIMCS '19: Proceedings of the 2019 2nd International Conference on E-Business, Information Management and Computer Science. Article No.: 30 Pages 1–4. https://doi.org/10.1145/3377817.3377838
Susilo, B. (2019). Pemasaran Digital dan Keterlibatan Generasi Digital. SNPMas: Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat, [S.l.], p. 133-140, Available at: https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/snpmas/article/view/353
Widiatmika, I.G.N.A., and Subawa, N.S. (2017). Effect Of Service Quality And Recovery Service Quality Mobile Banking Service To E-Trust, E-Satisfaction and E-Loyalty Mobile Banking Users Of Local Bank Customer in Bali, Imperial Journal of Interdisciplinary Research (IJIR), 3 (3):1252-1260.
Zamrudi, Z., Karim, K., & Wicaksono, T. (2018). Workshop Business Model Canvas untuk Analisa Bisnis Komprehensif. Jurnal Panrita Abdi, 2(2), 105-112.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.