PENERAPAN DIGITAL MARKETING ARAK BALI PRODUKSI DESA BESAN

Authors

  • Nyoman Sri Subawa Universitas Pendidikan Nasional
  • Marselus Yansen Universitas Pendidikan Nasional
  • Anak Agung Made Wirajaya Universitas Pendidikan Nasional
  • Ridho Rahmadi Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v5i3.9717

Keywords:

Implementation, digital marketing, arak bali

Abstract

Abstract. The implementation of proper marketing through digital marketing needs to be done by arak craftsmen in Besan Village, especially now that arak has received government recognition through Governor Regulation Number 1 of 2020, one of which regulates Arak Bali. The aim of this service is a transition to digital marketing, which is the right thing to do, through the availability of internet networks in all villages today. The use of smartphones, which have been mostly used as a means of telephone communication, is also time to be used as a tool to market products. Through this effort, the marketing of arak produced by the people of Besan Village, which is known for its authenticity and purity, can be expanded, so that it becomes the main source of income for the community. The method used in this service is training, guidance and assistance in using and implementing digital marketing. The results of the implementation of this service activity, have an impact on the public's understanding of the importance of digital marketing and have been carried out by the “Arak Bali” craftsmen community, through the internet, social media and other media.             Abstrak. Penerapan pemasaran yang tepat melalui digital marketing perlu dilakukan oleh pengrajin arak di Desa Besan, terlebih saat ini arak telah mendapat pengakuan pemerintah melalui Peraturan Gubernur Nomor 1 Tahun 2020, yang salah satunya mengatur tentang Arak Bali. Tujuan pengabdian ini adalah adanya peralihan ke arah digital marketing, hal yang sangat tepat dilakukan, melalui ketersediaan jaringan internet di semua desa saat ini. Peruntukan smartphone yang selama ini lebih banyak berfungsi sebagai alat komunikasi telepon, sudah saatnya juga dipergunakan sebagai alat untuk memasarkan produk. Melalui usaha tersebut, pemasaran arak yang diproduksi masyarakat Desa Besan yang dikenal keaslian dan kemurniannya dapat diperluas, sehingga menjadi sumber pendapatan utama masyarakat. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan, bimbingan dan pendampingan dalam menggunakan dan penerapan digital marketing. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian ini, berdampaik pada pemahaman masyarakat akan pentingnya pemasaran secara digital dan telah dilakukan oleh masyarakat pengrajin produk “Arak Bali“, melalui media internet, media sosial dan media lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nyoman Sri Subawa, Universitas Pendidikan Nasional

Program Studi Manajemen, Universitas Pendidikan Nasional

Marselus Yansen, Universitas Pendidikan Nasional

Program Studi Teknik Sipil

Anak Agung Made Wirajaya, Universitas Pendidikan Nasional

Program Studi Teknik Elektro

References

Akhiyar, D., Sari, V.N., Muhammad, A. (2019) Pembangunan Digital Marketing Pemasaran Produk & Jasa Kreatif Provinsi Sumatra Barat. Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora – InoBali. Page: 99-107 Retrieved from: https://eproceeding.undwi.ac.id/index.php/inobali/article/view/117/100

Faqih, M.A., Luqman H, Ulum, M.M., Thoriqul H., Rozak, A., Aulia M.N., Lailatu B.F., Suryaningsih, S., Listia K.S, Wulandari, F.E. (2019) Meningkatkan Pemasaran Produk Para Pelaku UMKM di Pedukuhan Ngaseman melalui Program Kerja Pengenalan dan Penyuluhan Digital Marketing Sistem. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat. Volume 1, page 425-427. Retrieved from: file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/334-Article%20Text-609-1-10-20190910.pdf

Jasmani, Maduningtias, L., Irmal. (2019) Pelatihan dan Penguasaan Digital Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan Para Remaja di Lingkungan Benda Timur IV. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana. Vol 2, No 1, 65 – 69.

Kader, M.A., Mulyatini, N., Setianingsih, W. (2018) Model Pemasaran Digital Marketing FB_Ads dan Email Marketing dalam meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Ekonologi. Vol 5, No 2, DOI: http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v5i2.1760

Makkarennu, Syahidah, Ridwan, M.A.K. Sahide, E.I.R. Mas’ud. 2018. Pengembangan Pasar dan Penguatan Kapasitas Kewirausahaan Kelompok Tani Hutan di Sekitar Kawasan Hutan Pendidikan Unhas. Jurnal Panrita Abdi, 2(1):64-74.

Melati, I.S., Margunani, Mudrikah, S., & Pitaloka, L.K. (2020). Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Panrita Abdi, 4(2), 155 - 163.

Setiabudi, H., Saptono, R., Widyo, P. (2019) Implementasi Free Open Source E-Commerce (Fose) Untuk Mendukung Pemasaran Digital Pada UMKM Jamur Tiram. Proseding PKM dan CSR. Vol 2, DOI: https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.469

Rochmah, L.V., Kusumawati, A. (2019) Menjelajahi Dampak Keterlibatan Pemasaran Digital pada Proses Pengambilan Keputusan Siswa di Lembaga Pendidikan Tinggi (HEIs) (Studi pada Universitas Negeri di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 73, No 2. Retrieved from: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2934

Subawa, N.S. (2016). Prestige Pricing Strategy as A Symbol of Social Class on Perfume Products. Jurnal Bisnis & Manajemen, 17 (1),13-21.

Subawa, N.S., & Mimaki, C.A. (2019). E-Marketplace Acceptance of MSMEs in Bali Based on Performance Expectancy and Task Technology Fit. EBIMCS '19: Proceedings of the 2019 2nd International Conference on E-Business, Information Management and Computer Science. Article No.: 30 Pages 1–4. https://doi.org/10.1145/3377817.3377838

Susilo, B. (2019). Pemasaran Digital dan Keterlibatan Generasi Digital. SNPMas: Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat, [S.l.], p. 133-140, Available at: https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/snpmas/article/view/353

Widiatmika, I.G.N.A., and Subawa, N.S. (2017). Effect Of Service Quality And Recovery Service Quality Mobile Banking Service To E-Trust, E-Satisfaction and E-Loyalty Mobile Banking Users Of Local Bank Customer in Bali, Imperial Journal of Interdisciplinary Research (IJIR), 3 (3):1252-1260.

Zamrudi, Z., Karim, K., & Wicaksono, T. (2018). Workshop Business Model Canvas untuk Analisa Bisnis Komprehensif. Jurnal Panrita Abdi, 2(2), 105-112.

Downloads

Published

2021-06-06