Review of Port Structural Strengthening Analysis and Shiphull Interaction According to Fluid Drag Forces (Using the CFD Method) Over the Expected Lifetime of the Port

Authors

  • Mohammed Hussein Ba Naga Departement of Ocean Engineering Hasanuddin University
  • Muhammad Rakin Firas Departement of Ocean Engineering Hasanuddin University
  • Fuad Mahfud Assidiq Departement of Ocean Engineering Hasanuddin University

DOI:

https://doi.org/10.62012/zl.v4i1.24306

Keywords:

dinding dermaga, gaya angin, CFD, interaksi kapal hidrodinamik

Abstract

Kompleksitas dinamika pelabuhan sesuai dengan struktur mekanis membuat pemahaman tentang penguatan strukturpelabuhan sangat bervariasi. Bahkan, dalam makalah analisis ini, kami akan berharap dapat memberikan tinjauan ringkastentang pengamatan, teori, dan hasil model pada beberapa beban signifikan akibat gaya seret fluida baik gaya hidro danaerodinamika yang disebabkan oleh lambung kapal ke dalam struktur pelabuhan (quay wall). Beban ini adalah varian dandapat diklasifikasikan dalam makalah kami sebagai hambatan yang disebabkan oleh beban angin selama tambatan kapal,rotasi kapal di area belok serta hambatan yang disebabkan oleh kapal yang lewat di kapal yang ditambatkan. Dengan katalain, Tambatan kapal sangat penting untuk pelabuhan dan terminal, yang bekerja dengan kapal besar dan kapal denganarea permukaan angin besar yang akibatnya menciptakan gaya hidrodinamik dan aerodinamis yang tinggi pada sistemtambatan dinding kapal dan dermaga. Selanjutnya, kami menerapkan alat CFD untuk menentukan hambatan fluida yangbekerja pada lambung dan dinding dermaga pelabuhan dengan menggunakan estimasi observasional dan dibandingkandengan data eksperimental di beberapa pelabuhan tersibuk di dunia untuk memvalidasi keakuratan CFD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Ricci, W. J. (2020). CFD simulation of wind forces on ships in ports: Case study for the RotterdamCruise Terminal. Journal of Wind Engineering & Industrial Aerodynamics, 205.

Nallayarasu, V. N. (Apr 2019.). CFD simulation of the passing vessel effects on moored vessel. Ships andOffshore Structures, Article views: 48 , 1-17.

Paulauskas, V. (2016). Ship and quay wall mooring system capability evaluation. 6th Transport ResearchArena (pp. 18-21). Lithuania: Elsevier B.V.

W.D. Janssen, B. B. (2017). CFD simulations of wind loads on a container ship: Validation and impactof geometrical simplifications. Journal of Wind Engineering and Industrial Aerodynamics, 106-116.

I. J. Caecielia and N. D. Tuharea, “Analisys of Hull Shape Art, Speed, Resistance, Power Using Holtrop Method On A Vessel With DWT 12,335 Ton”, mp, vol. 1, no. 3, Oct. 2022.

Published

2023-03-28

How to Cite

[1]
M. H. B. Naga, M. R. Firas, and F. M. Assidiq, “Review of Port Structural Strengthening Analysis and Shiphull Interaction According to Fluid Drag Forces (Using the CFD Method) Over the Expected Lifetime of the Port”, zonalaut, vol. 4, no. 1, pp. 34-44, Mar. 2023.

Issue

Section

Port Management and Coastal Of Human Resource Development