Tentang Jurnal Ini

Jurnal Zona Laut

Dalam Pengembangan dan pengolahan SDA maritim memerlukan kerjasama multidisiplin ilmu, dimana kesemua disiplin ilmu tersebut berperan besar dalam menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Oleh karena itu diperlukan inovasi dan sinergi untuk menghasilkan riset tentang teknologi kelautan oleh perguruan tinggi, lembaga-lembaga penelitian dan industri dapat memberikan kontribusi terhadap issue tersebut. Tujuan Zona Laut adalah sebagai wadah menyalurkan pemikiran, ide-ide cemerlang dan konstruktif komprehensif sehingga menjadi bagian usulan-usulan solusi bagi kemajuan pembangunan Sumber Daya Kelautan Indonesia.

Selain itu, Zona Laut bertujuan untuk menjawab apakah riset tentang teknologi kelautan oleh perguruan tinggi, lembaga-lembaga penelitian dan industri dapat memberikan kontribusi terhadap issue-issue Maritime. Konstribusi tersebut diharapkan untuk saling tukar menukar informasi, pengalaman, pemikiran dan juga untuk memperkuat jaringan kerjasama antar lembaga, institusi dan industri dalam skala nasional/internasional. Sehingga terjadi jalinan komunikasi ilmiah antara para peneliti, industri dan pendidikan. 

 Fokus dan Ruang Lingkup

Fokus Tulisan Zona Laut yaitu:
1. Teknologi dan Rekayasa Bangunan Lepas Pantai 
2. Desain Prodak Bangunan Perikanan dan Kelautan
3. Manajemen Transportasi Laut dan Aplikasi Teknologi Pelayaran
4. Energi Kelautan Terbarukan
5. Sistem dan Pengendalian Kelautan
6. Material Maju Kelautan
7. Manajemen Kepelabuhanan dan Pengembangan SDM Pesisir
8. Oseanografi dan Keteknik Pantaian 
9. Kebencanaan Pantai dan Lingkungan Laut

Frekuensi Penerbitan

ZONALAUT diterbitkan oleh Departemen Teknik Kelautan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin Makassar pada bulan Maret, Juli dan Nopember setiap tahun. Naskah yang telah disetujui untuk diterbitkan telah ditinjau oleh pengulas dan abstrak bebas untuk diunduh melalui situs web kami. 

Open Access Policy

Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

Proses Review

Semua reviewer adalah Mitra Bestari