INTRODUKSI BAHAN AMAN DAN RAMAH LINGKUNGAN PADA USAHA LAUNDRY DI KABUPATEN BARRU

Authors

  • Andi Ita Juwita
  • Gusni Sushanti

DOI:

https://doi.org/10.20956/jdp.v4i2.7413

Abstract

Tujuan dari program pengabdian ini adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas produk usaha laundry melalui peningkatan pemahaman mitra mengenai: pentingnya pemakaian bahan-bahan laundry yang aman dan ramah lingkungan, penyediaan bahan-bahan dasar kebutuhan laundry secara mandiri seperti deterjen, pewangi dan penghilang noda, serta administrasi pembukuan keuangan dan pemasaran. Metode pelaksanaan program pengabdian meliputi penyuluhan, pelatihan dan pembinaan. Program pelatihan pembuatan deterjen cair, pewangi dan penghilang noda telah menjadikan kedua mitra mampu membuat sendiri bahan-bahan kebutuhan laundry tersebut. Penyuluhan terkait Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) menjadikan mitra memahami bahaya bahan-bahan laundry dan telah mampu menerapkan cara menjalankan laundry sesuai prinsip K3. Pembinaan dilakukan untuk memastikan keberlanjutan program pada kedua mitra. Program pengabdian juga berdampak pada peningkatan omzet kedua mitra yaitu rata-rata sebesar 15%. Capaian lain dari program pengabdian ini adalah terbentuknya jenis usaha baru yaitu usaha produksi pewangi pada mitra Alfa Laundry dan Mammy Laundry.Kata Kunci: deterjen, laundry, pewangi, penghilang noda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alex, 2012, Membuat Deterjen, http://alexschemistry. blogspot.co.id/2012/09/membuat-deterjen.html, diakses 29 Mei 2016.

FF., Tips Menghilangkan Noda Pakaian, http://www.agamkab.go.id/?agam=kreatifitas&se=detil&id=545. Diakses tanggal 29 Mei 2016.

Fauziah, N.I., 2010, Formulasi Deterjen Cair: Pengaruh Konsentrasi Dekstrin dan Metil eter sulfonat (MES), Skripsi Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Teknologi Bogor, Bogor.

Suryana, D., 2013, Cara Membuat Sabun: Cara Praktis

Downloads

Published

2019-08-27

How to Cite

Juwita, A. I., & Sushanti, G. (2019). INTRODUKSI BAHAN AMAN DAN RAMAH LINGKUNGAN PADA USAHA LAUNDRY DI KABUPATEN BARRU. Jurnal Dinamika Pengabdian, 4(2), 128-138. https://doi.org/10.20956/jdp.v4i2.7413