STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA STRAWBERRY DI AGROWISATA PETIK STRAWBERRY

Isi Artikel Utama

Ana Arifatus Sa’diyah
Anung Preseio Nugroho
Adrianus Bria

Abstrak

Penerapan strategi yang sesuai dapat mendorong pengembangan pariwisata yang menekankan pada prinsip kepariwisataan bahwa pariwisata harus berangkat dari kesadaran nilai-nilai kebutuhan masyarakat sebagai upaya membangun pariwisata yang lebih bermanfaat bagi kebutuhan, inisiatif dan peluang masyarakat lokal. Penelitian ini  bertujuan untuk: menganlisis strategi pengembangan agrowisata petik strawberry di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, menganalisis faktor-faktor yang mendukung pengembangan agrowisata petik strawberry di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, menganalisis faktor-faktor yang menghambat pengembangan agrowisata petik strawberry di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Lokasi penelitian di  agrowisata petik strawberry di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan teknik trianggulasi. Penelitian menggunakan analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan Strategi yang dapat dilakukan untuk pengembangan agrowisata petik strawberry adalah Mengoptimalisasi fasilitas dan meningkatkan pelayan serta promosi objek wisata petik strawberry, melakukan diservikasi produk dengan memaksimalkan lahan yang ada, menyusun paket wisata dengan berbagai tingkat harga, bekerjasama dengan travel agent dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sa’diyah, A. A. ., Nugroho, A. P. dan Bria, A. . (2021) “STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA STRAWBERRY DI AGROWISATA PETIK STRAWBERRY”, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(3), hlm. 226 - 238. doi: 10.20956/jsep.v16i3.12171.
Bagian
Articles

Referensi

Aji, A. A., Satria, A., & Hariono, B. (2014). Strategi pengembangan agribisnis komoditas padi dalam meningkatkan ketahanan pangan Kabupaten Jember. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 11(1), 60-67.

Alhadi, A. F., Yulius, N. E. P., & Putri, N. E. (2019). Peluang Pengembangan Budidaya Stroberi Pada Kampung Hortikultura Binaan CSR PT Pupuk Sriwijaya Di Kelurahan 2 Ilir, Kota Palembang (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Antoko, S. T., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2018). Perumusan Strategy Pemasaran berdasarkan Analysis SWOT Studi Kasus Pada PT. Aquafaram Nusantara Semarang. Journal of Management, 4(4).

Aridiansari, R., Nurlaelih, E. E., & Wicaksono, K. P. 2013. Pengembangan Agrowisata di Desa Wisata Tulungrejo Kota Batu Jawa Timur. Jurnal Produksi Tanaman, 3(5), 383–390.

Budiarti T, Suwarto, Muflikhati I. 2013. Pengembangan Agrowisata Berbasis Masyarakat pada Usahatani Terpadu guna Meningkatkan Kesejahteraan Petani dan Keberlanjutan Sistem Pertanian. J Ilmu Pertan Indones. 18(3):200–207.

Faqi, Yonestion, Makhdalena, dan Riadi. 2013. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan pada BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Riau.

Freddy Rangkuti. 2014. Analisis SWOT. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Maryam, S., & WARIDIN, W. (2011). Pendekatan SWOT dalam pengembangan objek wisata kampoeng djowo sekatul kabupaten kendal (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Mayasari, K. dan Ramdhan, T. 2013. Strategi Pengembangan Agrowisata Perkotaan. Buletin Pertanian Perkotaan, 3(1), 21-28.

Nila Restu Wardani. 2017. Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) strawberry Melalui Greenhouse Dengan Sistem Rak Berundak Di Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Jakarta: Penebar Swadaya.

Palit, I. G., Talumingan, C., & Rumagit, G. A. J. 2017. Strategi Pengembangan Kawasan Agrowisata Rurukan. Jurnal Agri-Sosio Ekonomi Unsrat, 13(2), 21–34.

Pambudi, S. H., & Setyono, P. (2018). Strategi Pengembangan Agrowisata dalam Mendukung Pembangunan Pertanian-Studi Kasus di Desa Wisata Kaligono (Dewi Kano) Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. Analisis Kebijakan Pertanian, 16(2), 159-177.

Rahmana, A. (2012). Strategi pengembangan usaha kecil menengah sektor industri pengolahan. Jurnal Teknik Industri, 13(1), 14-21.

Rai Utama, I Gusti Bagus. 2012. Agrowisata sebagai Pariwisata Alternatif di Indonesia. Denpasar.

Rangkuti, F. (1998). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Saraswati, I. A. S., Vipriyanti, N. U., & Kardi, C. (2017). Strategi Pengembangan Agrowisata Strawberry Stop Berbasis Kepuasan Pengunjung. Jurnal Agrimeta, 7(13).

Sastrayuda, G. S. 2010. Konsep Pengembangan Kawasan Agrowisata. In Hand Out Mata Kuliah Concept Resort and Leisure, Strategi Pengembangan dan Pengelolaan Resort and Leisure (pp. 1–38).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sonatasia, D., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. JURNAL MANAJEMEN MODAL INSANI DAN BISNIS (JMMIB), 1(1), 11-25.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Utama, G.B.R., & Junaedi, W.R. 2018. Agrowisata Sebagai Pariwisata Alternatif Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Widowati, I. (2015). Strategi Pengembangan Perusahaan Agroindustri (Studi Kasus PT Citra Rahardja Utama di Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman). AGRARIS: Journal of Agribusiness and Rural Development Research, 1(2), 157-164.