Analisis Keefektifan Instagram (@jinawigreens) Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Jinawi Farm Hidroponik Karanganyar

Isi Artikel Utama

Tiara Octari Pravina
Emi Widiyanti
Putri Permatasari

Abstrak

Abstrak
Jinawi Farm Hidroponik menjadi salah satu usaha yang mengembangkan produk pertanian hidroponik menjadi olahan pangan sehat berupa salad sayur. Tentunya diperlukan sebuah kegiatan komunikasi pemasaran dalam pengembangan usahanya, salah satunya melalui media sosial Instagram (@jinawigreens). Oleh karena itu, perlu dilakukan pengukuran keefektifan Instagram tersebut. EPIC Model digunakan sebagai alat ukur keefektifan dalam penelitian ini, yaitu model yang mengukur keefektifan dengan mengunakan pendekatan komunikasi melalui empat dimensi kritis (empati, persuasi, dampak, dan komunikasi). Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis karakteristik pesan media sosial yang ada di Instagram @jinawigreens. 2) Menganalisis keefektifan media sosial Instagram @jinawigreens berdasarkan EPIC Model. 3) Menganalisis pengaruh karakteristik pesan media sosial Instagram @jinawigreens terhadap keefektifan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital Jinawi Farm Hidroponik berdasarkan EPIC Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keefektifan Instagram yang diperoleh dari hasil EPIC Rate sebesar 3,74 yaitu berada pada rentang skala keputusan 3,41 – 4,20 yang memiliki makna efektif.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Digital; Instagram; Hidroponik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pravina, T. O., Widiyanti, E. . dan Permatasari, P. . (2023) “Analisis Keefektifan Instagram (@jinawigreens) Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Jinawi Farm Hidroponik Karanganyar”, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 19(3), hlm. 245-258. doi: 10.20956/jsep.v19i3.27512.
Bagian
Articles

Referensi

Adhanisa, C., & Fatchiya, A. (2017). Efektivitas website dan instagram sebagai sarana promosi kawasan wisata berbasis masyarakat. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 1(4), 451–466.

Amira, N., & Nurhayati, I. K. (2019). Effectiveness of Instagram sponsored as advertising/promotion media (study of tiket. com advertisement with epic model method). JCommsci-Journal Of Media and Communication Science, 2(2), 116-126.

Briliant, E. H., & Kurniawan, M. H. S. (2020). Perbandingan Regresi Linier Berganda dan Regresi Buckley-James Pada Analisis Survival Data Tersensor Kanan. Science, Technology, Engineering, Economics, Education, and Mathematics, 1(1).

Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2003). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Gramedia Pustaka Utama.

Firli, O. M., Rizal, M., Arifianti, R., & Husna, A. (2021). Pengaruh Selebrity Endorsme, Brand Image, dan Testimoni dalam Meningkatkan Minat Beli Produk (Studi Kasus: Instagram UKM Kylafood). Bahtera Inovasi, 4(2), 104-110.

Hayati, M., Elfiana, E., & Martina, M. (2017). Peranan Sektor Pertanian Dalam Pembangunan Wilayah Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh. Jurnal Sains Pertanian, 1(3), 213–222.

Kusumawati, N. K. A. M., Suardi, I. D. P. O., & Putra, I. G. S. A. (2022). Efektivitas Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Agrowisata Bagus Agro Pelaga di Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata ISSN, 11(2), 764–776.

Latifah, A., & Basuki, U. (2021). Bauran Komunikasi Pemasaran Toko Angentyas di Kabupaten Temanggung (Deskriptif Kualitatif Bauran Komunikasi Pemasaran Toko Angentyas di Kabupaten Temanggung). MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 25–36.

Marwan, M. P., Konadi, W., Kamaruddin, S. P., & Sufi, I. (2023). Analisis Jalur dan Aplikasi SPSS Versi 25: Edisi Kedua. Merdeka Kreasi Group.

Narita, T., & Suyanto, A. (2019). Analisa Efektivitas Iklan Web Series Dengan Menggunakan Epic Model. Jurnal Mitra Manajemen, 3(1), 84-95.

Nurfadilla, F. (2022). Efektivitas Instagram dan Website sebagai Media Promosi Ekowisata Berbasis Masyarakat Taman Nasional Gunung Ciremai. IPB University.

Oktaviani, W. F., & Fatchiya, A. (2019). Efektivitas penggunaan media sosial sebagai media promosi wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 13–27.

Pancaningrum, E., & Sari, D. K. (2019). Analisa Epic model: Mengukur efektivitas iklan Indomie versi ayam geprek di televisi. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 53–62.

Ramadan, A., & Fatchiya, A. (2021). Efektivitas Instagram sebagai Media Promosi Produk" Rendang Uninam". Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 5(1), 64-84.

Reyes, W., Serafico, N. M., Hendrayati, H., & Ramdhan, A. (2019). Analysis of the Effectiveness of Promoted Listings Using the Method of EPIC Model. 1st International Conference on Economics, Business, Entrepreneurship, and Finance (ICEBEF 2018), 93–95.

Rizky, N., & Setiawati, S. D. (2020). Penggunaan media sosial Instagram Haloa Cafe sebagai komunikasi pemasaran online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 177–190.

Sabila, S. H., & Amanah, S. (2022). Efektivitas Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Produk Pangan Olahan Hasil Perikanan UMKM Si Petek. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 6(3), 294–311.

Saraswati, D. A., & Hastasari, C. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok. co dalam Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Biokultur, 9(2), 152–171.

We Are Social. (2022). Indonesian digital report 2022.