PERILAKU SEKSUAL PADA REMAJA YANG BERPACARAN DI SMA NEGERI 2 KAIRATU KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT

Evi Evi, Sudirman Sudirman, Suriah Suriah

Abstract


Pacaran merupakan suatu hubungan yang tumbuh di antara anak laki-laki dan perempuan menuju kedewasaan. Pacaran merupakan masa pencarian pasangan, penjajakan, dan pemahaman akan berbagai sifat yang berbeda antara laki-laki dan perempuan. Tujuan penelitian adalah mengetahui faktor internal dan eksternal yang mendorong siswa-siswi untuk berpacaran sehat dan tidak sehat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan rancangan studi fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Pengolahan data dengan metode content analysis. Jumlah informan sebanyak 11 orang. Hasil penelitian bahwa faktor internal yang dianggap sebagai faktor pendorong untuk berpacaran karena rasa ingin tahu serta motivasi karena adanya ajakan teman sedangkan faktor eksternal yang dianggap sebagai faktor pendorong untuk berpacaran adalah teman sebaya oleh karena tekanan dan lingkungan pergaulan. Sedangkan faktor eksternal yang dianggap sebagai faktor pendorong untuk berpacaran sehat adalah karena adanya larangan berpacaran dan larangan keluar di malam hari dari orang tua (keluarga). Kesimpulanya adalah faktor internal yang dianggap sebagai faktor pendorong untuk berpacaran tidak sehat adalah kurangnya pengetahuan mereka terhadap dampak penyakit yang disebabkan perilaku seksual yang berisiko. Sedangkan faktor eksternal yang dianggap sebagai faktor pendorong untuk berpacaran tidak sehat adalah media informasi karena informan menyatakan seringnya melihat media pornografi.


Keywords


Perilaku, seksual, remaja, berpacaran

Full Text:

PDF

References


Sofia. Kesehatan Reproduksi Remaja. Yogyakarta: Lab Ilmu Kedokteran Jiwa FK UGM; 2011.

Novita. Hubungan Lingkungan Sosial Dengan Perilaku Seksual Pada Mahasiswa Keperawatan Politeknik Kesehatan Masyarakat Makassar Tahun 2008 [Skripsi]. Makassar: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin; 2008.

Dien G. A. Nursal. Perilaku Seks Pranikah Pada Remaja [Skripsi]. Depok: Fakultas Psikologi Univeristas Gunadarma; 2007.

BKKBN. Survey Kesehatan Reproduksi Tentang Persen Perilaku Remaja Berpacaran dengan Gaya Berpacaran. Jakarta. BKKBN; 2010.

Kisriyati. Hubungan Seksual Dalam Pacaran Bagi Remaja di Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Paradigma. 2013:1(1).

Soelistyawati. Fenomena Perilaku Seks Bebas Pada Remaja Putri [Skripsi]. Semarang: Fakultas Psikologi UNIKA; 2004.

Muflihati, A. Studi Kasus Program Penyuluhan dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta [Thesis]. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah; 2010.

Wibowo. Resmi. K.A. Perilaku Seksual Pranikah Remaja yang Berdomisili di Sekitar Kawasan Lokalisasi Kota Surabaya [Skripsi]. Surabaya: Universitas Airlangga; 2004.

Mardiya. Perlu Sosialisasi Pacaran Sehat. Artikel Sub Bid Advokasi Konseling dan Pembinaan Kelembagaan KB dan Kesehatan Reproduksi pada BPMPDPKB Kabupaten Kulon Progo; 2013.

Fitri. Y. Kekerasan dalam Berpacaran (Studi Kasus Siswa SMA 4 di Kota Makassar) [Skripsi]. Makassar: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin; 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.30597/mkmi.v9i4.463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published By:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Office : Jl. Perintis Kemerdekaan Km.10, Faculty of Public Health, Hasanuddin University,

Tamalanrea, Makassar, South Sulawesi, 90245  View on Google Maps

Email  :  jurnal.mkmi@gmail.com / jurnalmkmi@fkm.unhas.ac.id

Phone : +628114440454

 

INDEXING


width=width=width=width=width=width=width=width=width=width=width=

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats