E-Therapy Autism Child with Multimedia Approach (EAMA) sebagai Intervensi Perubahan Psikomotor dan Afektif pada Anak Autis

Yena Wineini Migang, Ferdinand Mahardhika

Abstract


Autisme adalah gangguan otak pada perkembangan pervasif pada anak yang ditandai dengan adanya gangguan dan keterlambatan dalam bidang kognitif, imajinasi, bahasa, perilaku, komunikasi, dan interaksi sosial. Berdasarkan data Yayasan Autis Indonesia tahun 2013, di Kota Palangka Raya Kalimantan ada 250 ribu orang, 20% diantaranya atau sekitar 50.000 adalah anak-anak dan diperkirakan 100 anak menderita autism. E-Therapy Autism Child with Multimedia Approach (EAMA) merupakan e-therapy yang diciptakan oleh peneliti, di dalamnya memuat juga unsur e-learning. EAMA berupa software aplikasi multimedia, gabungan dan pengembangan dari terapi autis metode Applied Behavioral Analysis (ABA) dan Treatment and Education of Autistic and Related Communication Handicapped Children (TEACCH). EAMA memfasilitasi intervensi untuk afektif, dan peningkatan kemampuan psikomotor. Penelitian dilakukan di Sekolah Khusus Melati Ceria (SKMC) Kota palangka Raya, jumlah sampel 30 orang, dengan total sampling. Desain eksperimen murni dengan one group pre and post test yang mengukur tingkat kemampuan psikomotor dan afektif anak autis, sebelum dan sesudah intervensi dengan aplikasi EAMA dirancang oleh peneliti. Uji analisis statistik dengan wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan tingkat psikomotor, sebelum dan sesudah diberi metode EAMA (p=0,000<0,05) dan Z(-4,899), maka ada pengaruh metode EAMA dengan tingkat psikomotor sebelum dan sesudah pemberian metode EAMA. Pada tingkat afektif, diperoleh nilai (p=0,000<0,05) dengan nilai Z= -5,292, ada pengaruh pemberian metode EAMA dengan peningkatan nilai afektif pada anak autism


Keywords


E-therapy, multimedia, autis, psikomotor, afektif

Full Text:

PDF

References


Adly H, Noor M, Shahbodin F, Pee NC. Serious Game for Autism Children : Review of Literature. 2012;6(4):554-9.

Koegel L, Matos-fredeen R, Lang R, Koegel. Interventions for Children with Autism Spectrum Disorders in Inclusive School Settings. Cogn Behav Pract [Internet]. 2011; Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.cbpra. 2010.11.003.

(CDC) TC for DC and P. CDC Estimates 1 in 68 Children has been Identified with Autism Spectrum Disorder [Internet]. United State; 2014. Available from: https://www.cdc.gov/media/releases/2014/p0327-autism-spectrumdisorder.html.

Boyd BA, Mcdonough SG, Bodfish JW. NIH Public Access. 2013;42(6):1236-48.

Kurdi FN. Strategi dan teknik pembelajaran pada anak dengan autisme. Forum Kependidikan,.2009; 29(1).

Prasetyoningsih SA. Pengembangan Tindak Bahasa Terapi dalam Intervensi Anak Autis Spektrum Perilaku. Litera. 2016;15:120-7.

Schuetze M, Rohr CS, Dewey D, McCrimmon A, Bray S. Reinforcement Learning in Autism Spectrum Disorder. Front Psychol. 2017.

Inclusive Directions Flinders Therapy House. Early Intensive Behavioural Intervention Using the Principles of Applied Behavioural Analysis ( ABA ). 2011.

Lokhorst S. The Use of Gamification in Interventions for Children with Autism. University of Twente; 2014.

Edgington L, Hill V, Pellicano E. Research in Developmental Disabilities the Design and Implementation of a CBT-Based Intervention for Sensory Processing Difficulties in Adolescents on the Autism Spectrum. Res Dev Disabil. 2016;59:221-33.

Postel MG, Haan MSHA De, Jong MDCAJ De, Ph D. E-Therapy for Mental Health Problems : Telemed E-Health. 2008;14(7):707–14.

Omar S, Bidin A. The Impact of Multimedia Graphic and Text with Autistic Learners in Reading. Univers J Educ Res. 2015;3(12):989-996.

Kandaswamy R. iMedPub Journals The Neurological Damage Caused by Repetitive Behavior Modification Based Therapies in Autism and the Myth of “Early Intensive Intervention” in Autism The Myth of “Early Intervention” in Autism with “ Intensive ” Methods and Applicatio. 2016;2-4.

Tien K. Effectiveness of the Picture Exchange Communication System as a Functional Communication Intervention for Individuals with Autism Spectrum Disorders : A Practice-Based Research Synthesis. 2008;43(1):61-76.




DOI: http://dx.doi.org/10.30597/mkmi.v14i4.5222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Office : Jl. Perintis Kemerdekaan Km.10, Faculty of Public Health, Hasanuddin University,

Tamalanrea, Makassar, South Sulawesi, 90245  View on Google Maps

Email  :  jurnal.mkmi@gmail.com / jurnalmkmi@fkm.unhas.ac.id

Phone : +628114440454

 

INDEXING


crossreff   onesearch ISJD nelitiwidth=width= width=

Flag Counter

web
analytics

Lisensi Creative Commons
Jurnal MKMI licensed by Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.