ANALISIS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAJEMEN (TQM) PADA PERUSAHAAN BANGUNAN LEPAS PANTAI PT. APEXINDO PRATAMA DUTA

Penulis

  • Jalil Jalil Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v5i1.19397

Kata Kunci:

Kata Kunci: Perusahaan, PT Apexindo Pratama Duta Tbk, Total Quality Management (TQM)

Abstrak

TQM atau Total Quality Management adalah sistem manajemen kualitas yang berfokus pada pelanggan dengan melibatkan semua level karyawan guna melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan. Pengertian lainnya, total quality management adalah strategi manajemen yang bertujuan menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalam organisasi atau suatu perusahaan. Langkah untuk meng-implementasikan TQM dalam proyek konstruksi atau perusahaan: Mendapatkan komitmen dari klien terhadap kualitas, membangkitkan kesadaran , mendidik, dan mengubah sikap staf, mengembangkan pendekatan proses terhadap TQM, mempersiapkan rencana proyek berkualitas untuk semua tingkat bekerja, lembaga peningkatan terusmenerus eksis, mempromosikan staf partisipasi dan kontribusi kontrol menggunakan lingkaran kualitas dan motivas program,dan meninjau rencana mutu dan mengukur kinerja. Tahun 2020 adalah tahun perubahan bagi Apexindo, karena perkiraan utilisasi atas jasa kami secara substansial dipengaruhi oleh berkurangnya aktivitas dari perusahaan-perusahaan minyak. Hal ini menciptakan kondisi usaha yang sangat menantang, sementara perlu untuk memelihara aset-aset yang ada karena banyak proyek yang dibatalkan atau ditunda. Penerapan TQM pada perusahaan PT. Apexindo (Pengeboran Minyak) sudah sangat baik dengan melihat kinerja Apexindo yang konsisten selama beberapa dekade telah menghasilkan kepercayaan dan pengakuan dari para konsumen. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang telah diterima Perseroan. Apexindo berhasil memperbarui ketiga sertifikasi yang dimiliki, yaitu ISO 9001:2008 dalam Sistem Manajemen Mutu, ISO 14001:2004 dalam Sistem Manajemen Lingkungan, dan OHSAS 18001:2007 dalam Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

G. Nursetyo, “Pelaksanaan Manajemen Mutu Total di Perusahaan Konstruksi,” J. Tek. Sipil dan Arsit., no. 1995, 2011, [Online]. Available: http://202.91.10.29/index.php/JTSA/article/view/53.

M. Riadi, “Pengertian Karakteristik Metode Manfaat Total Quality Management,” 17 November, 2017. https://www.kajianpustaka.com/2017/11/pengertian-karakteristik-metode-manfaat-total-quality-management.html.

Maliki, A., 1999. Aplikasi manajemen mutu terpadu untuk industri konstruksi di Indonesia Berdasarkan

karakteristik orang Indonesia. A. C. M. Nia Kartika1 and 1 Dosen, “Analisis Penerapan Total Quality Manajemen (Tqm) Pada Perusahaan Kontraktor Dengan Pendekatan Metode Servqual Di Kota Sukabumi,” J. Ilm. SANTIKA, vol. 8, no. 1, p. 673, 2018.

Mekari,“PengertianLaporanKeuangandanFungsinya,”2018https://www.jurnal.id/id/blog/pengertian-laporan keuangan-dan-fungsinya-bagi-perusahaan/.

PT. Apexindo,“LaporanTahunanAnnualReportPT.Apexindo,”2020.file:///C:/Users/ASUS/Pictures/Camera Roll/2020 Annual Report Apexindo.pdf.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-22

Cara Mengutip

Jalil, J. (2022). ANALISIS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAJEMEN (TQM) PADA PERUSAHAAN BANGUNAN LEPAS PANTAI PT. APEXINDO PRATAMA DUTA. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 5(1), 79-83. https://doi.org/10.62012/sensistek.v5i1.19397

Terbitan

Bagian

Pengembangan SDM dan SDA Pesisir