ANALISIS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAJEMEN (TQM) PADA PERUSAHAAN BANGUNAN LEPAS PANTAI PT. APEXINDO PRATAMA DUTA
Isi Artikel Utama
Abstrak
TQM atau Total Quality Management adalah sistem manajemen kualitas yang berfokus pada pelanggan dengan
melibatkan semua level karyawan guna melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan. Pengertian
lainnya, total quality management adalah strategi manajemen yang bertujuan menanamkan kesadaran kualitas pada
semua proses dalam organisasi atau suatu perusahaan. Langkah untuk meng-implementasikan TQM dalam proyek
konstruksi atau perusahaan: Mendapatkan komitmen dari klien terhadap kualitas, membangkitkan kesadaran ,
mendidik, dan mengubah sikap staf, mengembangkan pendekatan proses terhadap TQM, mempersiapkan rencana
proyek berkualitas untuk semua tingkat bekerja, lembaga peningkatan terusmenerus eksis, mempromosikan staf
partisipasi dan kontribusi kontrol menggunakan lingkaran kualitas dan motivas program,dan meninjau rencana
mutu dan mengukur kinerja. Tahun 2020 adalah tahun perubahan bagi Apexindo, karena perkiraan utilisasi atas jasa
kami secara substansial dipengaruhi oleh berkurangnya aktivitas dari perusahaan-perusahaan minyak. Hal ini
menciptakan kondisi usaha yang sangat menantang, sementara perlu untuk memelihara aset-aset yang ada karena
banyak proyek yang dibatalkan atau ditunda. Penerapan TQM pada perusahaan PT. Apexindo (Pengeboran Minyak)
sudah sangat baik dengan melihat kinerja Apexindo yang konsisten selama beberapa dekade telah menghasilkan
kepercayaan dan pengakuan dari para konsumen. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang telah
diterima Perseroan. Apexindo berhasil memperbarui ketiga sertifikasi yang dimiliki, yaitu ISO 9001:2008 dalam
Sistem Manajemen Mutu, ISO 14001:2004 dalam Sistem Manajemen Lingkungan, dan OHSAS 18001:2007 dalam
Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan.
Rincian Artikel
Referensi
G. Nursetyo, “Pelaksanaan Manajemen Mutu Total di Perusahaan Konstruksi,” J. Tek. Sipil dan Arsit., no. 1995, 2011, [Online]. Available: http://202.91.10.29/index.php/JTSA/article/view/53.
M. Riadi, “Pengertian Karakteristik Metode Manfaat Total Quality Management,” 17 November, 2017. https://www.kajianpustaka.com/2017/11/pengertian-karakteristik-metode-manfaat-total-quality-management.html.
Maliki, A., 1999. Aplikasi manajemen mutu terpadu untuk industri konstruksi di Indonesia Berdasarkan
karakteristik orang Indonesia. A. C. M. Nia Kartika1 and 1 Dosen, “Analisis Penerapan Total Quality Manajemen (Tqm) Pada Perusahaan Kontraktor Dengan Pendekatan Metode Servqual Di Kota Sukabumi,” J. Ilm. SANTIKA, vol. 8, no. 1, p. 673, 2018.
Mekari,“PengertianLaporanKeuangandanFungsinya,”2018https://www.jurnal.id/id/blog/pengertian-laporan keuangan-dan-fungsinya-bagi-perusahaan/.
PT. Apexindo,“LaporanTahunanAnnualReportPT.Apexindo,”2020.file:///C:/Users/ASUS/Pictures/Camera Roll/2020 Annual Report Apexindo.pdf.