ANALISIS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAJEMEN (TQM) PADA PERUSAHAAN BANGUNAN LEPAS PANTAI PT. APEXINDO PRATAMA DUTA

Penulis

  • Jalil Jalil Universitas Hasanuddin

Abstrak

TQM atau Total Quality Management adalah sistem manajemen kualitas yang berfokus pada pelanggan dengan melibatkan semua level karyawan guna melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan. Pengertian lainnya, total quality management adalah strategi manajemen yang bertujuan menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalam organisasi atau suatu perusahaan. Langkah untuk meng-implementasikan TQM dalam proyek konstruksi atau perusahaan: Mendapatkan komitmen dari klien terhadap kualitas, membangkitkan kesadaran , mendidik, dan mengubah sikap staf, mengembangkan pendekatan proses terhadap TQM, mempersiapkan rencana proyek berkualitas untuk semua tingkat bekerja, lembaga peningkatan terusmenerus eksis, mempromosikan staf partisipasi dan kontribusi kontrol menggunakan lingkaran kualitas dan motivas program,dan meninjau rencana mutu dan mengukur kinerja. Tahun 2020 adalah tahun perubahan bagi Apexindo, karena perkiraan utilisasi atas jasa kami secara substansial dipengaruhi oleh berkurangnya aktivitas dari perusahaan-perusahaan minyak. Hal ini menciptakan kondisi usaha yang sangat menantang, sementara perlu untuk memelihara aset-aset yang ada karena banyak proyek yang dibatalkan atau ditunda. Penerapan TQM pada perusahaan PT. Apexindo (Pengeboran Minyak) sudah sangat baik dengan melihat kinerja Apexindo yang konsisten selama beberapa dekade telah menghasilkan kepercayaan dan pengakuan dari para konsumen. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang telah diterima Perseroan. Apexindo berhasil memperbarui ketiga sertifikasi yang dimiliki, yaitu ISO 9001:2008 dalam Sistem Manajemen Mutu, ISO 14001:2004 dalam Sistem Manajemen Lingkungan, dan OHSAS 18001:2007 dalam Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

G. Nursetyo, “Pelaksanaan Manajemen Mutu Total di Perusahaan Konstruksi,” J. Tek. Sipil dan Arsit., no. 1995, 2011, [Online]. Available: http://202.91.10.29/index.php/JTSA/article/view/53.

M. Riadi, “Pengertian Karakteristik Metode Manfaat Total Quality Management,” 17 November, 2017.https://www.kajianpustaka.com/2017/11/pengertian-karakteristik-metode-manfaat-total-qualitymanagement.html.

N. A. Nur Rahmat, W. Wahyuddin, dan H. Palippui, “Analisis Risiko Pembangunan Kapal Menggunakan Teknik Matriks Konsekuensi-Probabilitas”, zonalaut, vol. 2, no. 3, hlm. 86-91, Nov 2021.

Maliki, A., 1999. Aplikasi manajemen mutu terpadu untuk industri konstruksi di Indonesia Berdasarkan

Frekuensi 24 (Kali) EPS IDR 0

PERatio 625.714 (Kali) Kapitalisasi Pasar IDR 1.165.014Jt

Peringkat kapitalisasi 7 dari 13 Peringkat kapitalisasi 343 dari 753

SENSISTE Seminar Sains dan Teknologi Kelautan, Gedung CSA Kampus Fakultas Teknik UNHAS Gowa 3 November 2021 31

karakteristik orang Indonesia. A. C. M. Nia Kartika1 and 1 Dosen, “Analisis Penerapan Total Quality

Manajemen (Tqm) Pada Perusahaan Kontraktor Dengan Pendekatan Metode Servqual Di Kota

Sukabumi,” J. Ilm. SANTIKA, vol. 8, no. 1, p. 673, 2018.

Mekari, “Pengertian Laporan Keuangan dan Fungsinya,” 2018.

https://www.jurnal.id/id/blog/pengertian-laporan-keuangan-dan-fungsinya-bagi-perusahaan/.

PT. Apexindo, “Laporan Tahunan Annual Report PT. Apexindo,” 2020.

file:///C:/Users/ASUS/Pictures/Camera Roll/2020 Annual Report Apexindo.pdf.

J. Pagau dan P. P. Anugrah, “ Analisa Pengaruh Human Error Terhadap Kecelakaa Kerja Di PT. Industri Kapal Indonesia Dengan Menggunakan Pendekatan Cross Sectional Method”, zonalaut, vol. 2, no. 2, hlm. 79-85, Jul 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-22

Terbitan

Bagian

Teknologi Kelautan