EVALUASI PENGUJIAN HASIL WELDING PELAT DENGAN METODE CHALK TEST DAN AIR PRESSURE TEST

Authors

  • Muh Syaifullah Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin
  • Jalil Jalil Departemen Teknik Kelautan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Taufiqur Rachman Depertemen Teknik Kelautan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v6i1.23946

Keywords:

Kata Kunci: Welding, Chalk Test, Air Pressure Test

Abstract

PT. Industri Kapal Indonesia merupakan galangan kapal terbesar di Indonesia timur, pembangunan galangan kapal yang besar ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan negara akan kapal sebagai suatu negara maritim. Dalam melaksanakan kegiatannya, pekerjaan yang dapat dilakukan seperti pembangunan kapal baru dan pekerjaan reparasi kapal. Reparasi merupakan proses perbaikan sebagian benda yang sudah ada dan mengalami kerusakan atau perubahan bentuk yang tidak diinginkan. Pada proses reparasi kapal pengerjaan yang sering dilakukan yaitu pergantian pelat badan kapal, dimulai dengan replating, pemasangan dan pengelasan pelat yang diakhiri dengan pengujian hasil welding bertujuan untuk mengetahui bagian – bagian yang cacat dan mengalami kebocoran. Hasil pengelasan sangat sulit untuk mendeteksi kebocoran baik bagian dalam dan luar permukaan dengan menggunakan metode pengujian yang sederhana. Secara teknis, metode pengujian hasil welding guna mencari titik – titik kebocoran yang sangat kecil dan halus. Oleh karena itu dalam penelitian ini metode yang dapat dinilai yaitu dengan menggunakan metode Chalk Test dan Air Pressure Test. Dalam metode ini salah satu yang dapat digunakan untuk mencari titik – titik kebocoran pada hasil welding baik pada pembangunan kapal baru maupun pada saat reparasi.      

Downloads

Download data is not yet available.

References

Herlina, F., Suprapto, M., & Siswanto, S. Analisa Teknis Pengujian Kekedapan Pengelasan Pada Tangki Tongkang Dengan Membandingkan Metode Chalk Test, Air Pressure Test Dan Vacuum Test. Info-Teknik, 19(1), 69-86

P. M. Hamzah Dan A. K. Yusim, “Penggunaan Azimuth Propeller Pada Tugboat Jayanegara 401 Guna Efektifitas Dalam Olah Gerak”, Sensistek, Vol. 5, No. 2, Hlm. 132-137, Nov 2022.

A. K. Yusim Dan Y. A. B. Assawa, “Analisa Perbaikan Poros Baling-Baling Mv. Queen Soya Di Pt. Dok Dan Perkapalan Surabaya (Persero)”, Sensistek, Vol. 5, No. 2, Hlm. 21-27, Nov 2022.

M. Syaifullah, “Analisis Perbaikan Berkesinambungan Pada Mooring Buoy Dipertamina Fuel Terminal Luwuk”, Sensistek, Vol. 5, No. 1, Hlm. 33-37, Jun 2022.

D. Dwisetiono and R. Dikrulloh, “The Effect Of Welding Position And Filler Diameter On The Results Of Welding Propeller Leaves With Gas Metal Arc Welding ”, zonalaut, vol. 3, no. 1, pp. 15-23, Mar. 2022.

Published

2023-05-29

How to Cite

Syaifullah, M., Jalil, J., & Rachman, T. (2023). EVALUASI PENGUJIAN HASIL WELDING PELAT DENGAN METODE CHALK TEST DAN AIR PRESSURE TEST. SENSISTEK:Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 6(1), 9-12. https://doi.org/10.62012/sensistek.v6i1.23946

Issue

Section

Ocean Technology