ANALISA KINERJA BONGKAR MUAT DI TERMINAL PETIKEMAS MAKASSAR NEW PORT

Authors

  • Samuel Budi Defrianto Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin
  • Ratih Purwasih Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v6i1.24251

Keywords:

Kata Kunci : Bongkar Muat, Petikemas

Abstract

Pesatnya alur pergerakan barang di seluruh dunia terutama di sektor pelabuhan membuat banyaknya perusahaan yang menyediakan jasa angkutan seperti penyediaan kapal, terminal petikemas, fasilitas petikemas dan peralatan bongkar muat yang dapat menunjang kegiatan bongkar muat di pelabuhan. Ini salah satu alasan berdirinya Pelabuhan Makassar New Port. Makassar New Port merupakan pelabuhan terbesar di kawasan Indonesia Timur yang terletak di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar New Port sendiri bergerak di bidang pelayanan fasilitas bongkar muat petikemas/container. Dimana peti kemas merupakan sebuah media sarana penyimpanan yang digunakan dalam proses pemindahan/pengiriman barang dari satu tempat ketempat lainnya dengan keunggulan yaitu tingkat keamanan yang cukup tinggi, tingkat kerusakan barang yang rendah, serta kecepatan bongkar muat dan biaya yang diperlukan dalam pengiriman barang menggunakan peti kemas cenderung lebih murah. Faktor-faktor inilah yang menyebabkan Makassar New Port mengakomodasikan petikemas. Dalam pelaksanaan kegiatan bongkar muat petikemas, Makassar New Port bertanggung jawab penuh dalam memastikan kegiatan bongkar muat berjalan dengan efisien tanpa adanya hambatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja operasional dari Terminal Petikemas Makassar New Port pada kegiatan proses bongkar muat. Dimana kinerja pelabuhan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti ketersediaan fasilitas peralatan pendukung bongkar muat, ketersediaan lapangan penumpukan, dan waktu yang terpakai dalam kegiatan bongkar muat petikemas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asripa, 2019. Analisis Sistem Penanganan Petikemas Pada Container Yard di Terminal Petikemas Pelabuhan Makassar.

Handajani, M. 2004. Analisis Kinerja Operasional Bongkar Muat PetiKemas Pelabuhan Tanjung Emas

Semarang. Jurnal Transportasi Vol. 4 No. 1 Juni 2004: 1-12.

Inuhan, Yunus. 2010. Makassar Container Terminal. PT. Pelindo IV (Persero) Terminal Petikemas Makassar: Pro Fajar-Jakarta.

Sarah, N. 2018. “Analisis Kinerja Operasional Peralatan Bongkar Muat Petikemas Di Pelabuhan Makassar” (Studi Kasus Di PT. Terminal Petikemas Makassar). Skripsi. Departemen Teknik Kelautan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin. Gowa.

Triadmojo, B. 2009. Perencanaan Pelabuhan, Yogyakarta: Beta Offset.

K. W. Putri Dan A. Rahmawati, “Analisis Kapasitas Dermaga Terminal Petikemas Makassar New Port Berdasarkan Nilai Berth Occupancy Ratio (Bor) Dan Berth Throughput (Btp)”, Sensistek, Vol. 5, No. 2, Hlm. 143-150, Nov 2022.

A. Ramadani Dan C. Virandika, “Analisa Pengaruh Waktu Tunggu Kapal Terhadap Biaya Logistik Di Terminal Peti Kemas Makassar”, Sensistek, Vol. 5, No. 2, Hlm. 168-174, Nov 2022.

S. Putri Dan F. M. Assidiq, “Analisa Bahaya Dan Risiko Kecelakaan Kerja Pada Pemeliharaan Alat Container Crane (Cc)”, Sensistek, Vol. 5, No. 1, Hlm. 50-53, Jun 2022.

H. Umar, A. Ashury, and M. Ayyub, “Dredging Analysis at Makassar New Port”, Journal of Maritime Technology and Society, vol. 2, no. 1, pp. 1-7, Feb. 2023.

Published

2023-05-29

How to Cite

Defrianto , S. B., & Purwasih, R. (2023). ANALISA KINERJA BONGKAR MUAT DI TERMINAL PETIKEMAS MAKASSAR NEW PORT. SENSISTEK:Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 6(1), 67-74. https://doi.org/10.62012/sensistek.v6i1.24251

Issue

Section

Port Engineering and Management