BEBERAPA FAKTOR YANG MENYEBABKAN KEMISKINAN NELAYAN DI GUGUS KEPULAUAN SALABANGKA KECAMATAN BUNGKU SELATAN KABUPATEN MOROWALI PROVINSI SULAWESI TENGAH

Authors

  • Nurdin Lanuhu Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.20956/jipsp.v5i9.6187

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Gugus Kepulauan Salabangka Kecamatan Bungku Selatan   Kabupaten Morowali Propinsi Sulawesi Tengah, pada bulan Juli 2016 sampai dengan Agustus 2016. Lokasi penelitian dipilih secara purposif dengan pertimbangan bahwa Gugus Kepulauan Salabangka Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali penduduknya umumnya bermata pencaharian sebagai nelayan dan memiliki jumlah penduduk miskin yang terbanyak di Kabupaten Morowali. Penelitian ini bertujuan melakukan kajian terhadap faktor-faktor penyebab kemiskinan di Gugus Kepulauan Salabangka Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah. Sementara kegunaan yang diharapkan alam penelitian adalah tersedianya data dan informasi factor- factor penyebab kemiskinan yang dapat digunakan oleh berbagai pihak dalam menyusun model pemberdayaan masyarakat nelayan dalam penenggulangan kemiskinan di Kabupaten Morowali. Penelitian ini didesain dengan menggunakan mixed method approach, dengan menggabungkan Quantitative and Qualitative Research Designs secara simultan. Sedangkan Qualitative Research Design menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD). Pendekatan ini dilakukan untuk memperoleh data dan informasi yang komprehensif dan saling melengkapi, sehingga situasi riel di lapangan dapat dideskripsikan dengan baik. Adapun proses tahapan penelitian ini adalah Review literature, Kunjungan Lapangan, Uji kuisioner dan FGD, pengumpulan data primer dan sekunder. Hasil Penelitian  menunjukkan bahwa beberapa faktor yang mennyebabkan kemiskinan di Gugus Kepulauan Salabangka Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah adalah Keadaan Musim, Struktur Sosial, Pengelolaan Pendapatan, Pencemaran Lingkungan dan Pelayanan Pemerintah dibidang pemerintahan, pendidikan, kesehatan dan sarana prasarana tranportasi.Guna mengentaskan kemiskinan maka direkomendasikan 1) Pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis potensi lokal, 2) Perbaikan pelayanan pemerintah dalam bidang pemerintahan, pendidikan, kesehatan dan penyediaan sarana transportasi laut. Kata Kunci : Nelayan, Kemiskinan, Pulau

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurdin Lanuhu, Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin

Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin

References

Bappeda, 2015. Pemetaan dan Penyusunan Road Map Kemiskinan Kabupaten Morowali, Kantor Bappeda Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah.

Biro Pusat Statistik Kabupaten Marowali, 2015. Marowali Dalam Angka. Kantor Statistik Kabupaten Marowali Propinsi Sulawesi Tengah.

Biro Pusat Statistik Kabupaten Marowali, 2015. Kecamatan Bungku Selatan Dalam Angka. Kantor Statistik Kabupaten Marowali Propinsi Sulawesi Tengah.

Ibnoe Soedjono, 1991. Strategi Kebijakan Pembangunan Pemerintah Dalam Penanggulangan Kemiskinan. Makalah Seminar Nasional, Bogor.

Mubtyarto, 1985. Nelayan dan Kemiskinan, Studi Ekonomi dan Antropologi di Dua Desa Pantai Jawa Tengah. Yayasan Agro Ekonomika dan CV. Rajawali, Jakarta.

Nicholson, Walter, 1987. Micro Economic Intermediate dan Penerapannya. Erlangga, Jakarta.

Rahim Manat, 1994. Faktor Ekonomi dan Sosial Yang Mempengaruhi Pendapatan Nelayan di Kabupaten Buton. Tesis Unpad, Bandung.

Syarifudin Baharsyah, 1991. Kebijakan pembangunan Pertanian dalam Rangka Penanggulangan Kemiskinan. Makalah Seminar Nasional, Bogor.

Smith, Ian R., 1987. Peningkatan Pendapatan Perikanan Pada Sumberdaya Yang Lebih Tangkap, Ekonomi Perikanan. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Tohir, Kaslan. A, 1987. Pengantar Ekonomi Pertanian. NV. Penerbit W. Van Hoeve, Bandung.

Downloads

Published

2019-03-19

Issue

Section

Articles