PENGARUH FAKTOR TEKNIS PENANGKAPAN TERHADAP PRODUKTIVITAS BAGAN PERAHU DI PERAIRAN KABUPATEN MAMUJU TENGAH, SULAWESI BARAT

Authors

DOI:

https://doi.org/10.20956/jipsp.v5i9.6190

Abstract

Efektivitas suatu alat tangkap, ditentukan oleh faktor teknis penangkapan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan produktivitas bagan perahu, menganalisis faktor teknis penangkapan yang berpengaruh terhadap produktivitas penangkapan, dan mendeskripsikan komposisi hasil tangkapan. Penelitian ini dilakukan di Desa Tobinta, Kecematan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah dari bulan Juni sampai Agustus 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan menggunakan analisis spearman untuk mengetahui faktor teknis yang berpengaruh. Hasil penelitian ini menunjukkan produktivitas bagan perahu yang mengalami tren peningkatan dari hauling I ke hauling II. Faktor teknis memiliki kedekatan hubungan atau cukup berpengaruh terhadap produktivitas bagan perahu, dan proporsi jenis ikan hasil tangkapan bagan perahu yang terbesar adalah tembang (Sardinella fimbriata) dan proporsi terendah adalah tongkol (Euthynnus affinis). Kata Kunci: Bagan perahu, Produktivitas, Teknis penangkapan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wiwik Oktaviani, Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin

Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin

Alfa F.P Nelwan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin

Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin

Muhammad Kurnia, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin

Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin

References

Allen, G. 1999. Marine Fishes of South- East Asia. Australia: Periplus Edition (HK). Ltd.

Apriliani, I.M., I. Riyanti, E. Rochima, dan M.F.Ikmal. 2018. Laju Tangkapan Bagan Apung pada Jarak Penepatan Berbeda di Perairan Teluk Palabuhan ratu, Sukabumi, Indonesia. Jurnal Perikanan dan Kelautan. 8(1): 88-95.

Bahri, F. 2008. Perikanan Bagan Perahu dan Pengembangannya di Teluk Bima. [Skripsi]. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Intitut Pertanian Bogor.

Fauziah.S, F.K. Saleh, dan Hadi. 2013. Perbedaan Waktu Hauling Bagan Tancap terhadap Hasil Tangkapan di Perairan Sungsang, Sumatera Selatan. Jurnal Lahan Suboptimal. 2(1): 50-57.

Iskandar, M.D. 2001. Analisis Hasil Tangkapan Bagan Motor pada Tingkat Pencahayaan yang Berbeda di Perairan Teluk Semangka Kabupaten Tanggamus. [Tesis]. Bogor: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor.

Kurnia, M., Sudirman, dan A.F.P.Nelwan. 2015. Studi Pola Kedatangan Ikan pada Area Penangkapan Bagan Perahu dengan Teknologi Hidroakustik. Jurnal Ipteks PSP. 2(3): 261-271.

Nelwan, A.F.P., M.Nursam, dan M.N.Ihsan. 2015. Analisis Produktivitas Bagan Perahu di Perairan Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Ipteks PSP. 2(4). 345-356.

Nelwan, A.F.P., Sudirman, M.Nursam, dan M.A.Yunus. 2015. Produktivitas Penangkapan Ikan Pelagis di Peraiaran Kabupaten Sinjai Pada Musim Peralihan Barat-Timur. Jurnal Perikanan. 12 (1):18-26.

Nelwan, A.F.P., Sudirman, M.Zainuddin, dan M.Kurnia. 2015. Produktivitas Ikan Pelagis Besar Menggunakan Pancing Ulur yang Berpangkalan di Kabupaten Majene. Marine Fisheries. 2 (6): 129-142.

Sani., A. Rosadi, Pramonowibowo, dan M. Triarso. 2016. Analisis Sebaran Daerah Penangkapan Ikan Pelagis Kecil dengan Alat Tangkap Bagan Perahu di Perairan Kabupaten Belitung. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology. 5(4): 71-79.

Sudirman dan A.Mallawa. 2012. Teknik Penangkapan Ikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudirman dan M.S.Baskoro. 2004. “Respon Retina Mata Ikan Teri (Stolephorus Insularis) Terhdapa Cahaya Dalam Proses Penangkapan Pada Bagan Rambo.” Jurnal Torani Unhas. 3(14): 18.

Suprapto, D., P.W. Purnomo, B. Sulardiono. 2014. Analisis Kesuburan Perairan Berdasarkan Hubungan Fisika Kimia Sedimen Dasar dengan NO3-N dan PO4-P di Muara Sungai Tuntang Demak. Jurnal saintek perikanan. 10(1):56-61.

Susianiati, Wardah, A.F.P.Nelwan dan M.Kurnia. 2013. Produktivtas Daerah Pengakapan Ikan Bagan Tancap yang Berbeda Jarak dari Pantai di Perairan Kabupaten Jeneponto. Jurnal Akuatik. 4(1): 68-79.

Zulfiah. 1999. Pengaruh Perbedaan Waktu Hauling terhadap Hasil Tangkapan Bagan Diesel di Perairan Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. [Skripsi]. Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Intitui Pertanian Bogor.

Lee, J.W. 2010. Pengaruh Periode Hari Bulan terhadap Hasil Tangkapan dan Tingkat Pendapatan Nelayan Bagan Tancap di Kabupaten Serang. [Tesis]. Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor.

Downloads

Published

2019-03-19

Issue

Section

Articles