PRODUKTIVITAS PENANGKAPAN IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis) MENGGUNAKAN PURSE SEINE DI PERAIRAN BONTOBAHARI KABUPATEN BULUKUMBA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KONDISI OSEANOGRAFI

Authors

  • Nuraisyah Nuraisyah Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Ilmu Kelautan dan Periknan Universitas Hasanuddin
  • Alfa F P Nelwan Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Ilmu Kelautan dan Periknan Universitas Hasanuddin
  • St Aisjah Farhum Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Ilmu Kelautan dan Periknan Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.20956/jipsp.v6i12.6677

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghitung produktivitas hasil tangkapan dan hubungannya dengan kondisi oseanografi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2018 yang bertempat di Desa Tana Beru, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus, pengambilan data dilakukan dengan mengikuti operasi penangkapan selama 30 trip. Meliputi pengukuran dan penimbangan hasil tangkapan, perhitungan waktu penarikan tali kolor dan parameter oseanografi. Analisis data dilakukan terhadap produktivitas hasil tangkapan ikan tongkol (E.affinis) dan hubungan produktivitas hasil tangkapan dengan kondisi oseanografi menggunakan uji cobb douglas. Hasil penelitian menunjukkan ikan tongkol yang tertangkap dengan purse seine hidup pada kisaran suhu 27-30OC. Produktivitas penangkapan ikan tongkol dengan purse seine berkisaran antara 1.87 kg/menit - 14.50 kg/menit, dan berdasalkan analisis regresi diketahui bahwa suhu memiliki hubungan yang signifikan terhadap produktivitas penangkapan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham, 2008. Perbandingan Hasil Tangkapan Purse seine Dengan Alat Bantu Cahaya Dan Kombinasi Cahaya Rumpon Di Perairan Kabupaten Barru. Skripsi. Jurusan Perikanan. Universitas. Makassar.

Adnan. 2010. Analisis Suhu Permukaan laut dan Klorofil-a Data Inderaja Hubungannya dengan Hasil Tangkapan Ikan Tongkol (Euthynnus affinis) Di Perairan Kalimantan Timur. Jurnal Amanisal PSP FPIKUnpatti – Ambon: 1 – 12.

Ali K., Sari Y. E. &T. Bustari. 2015. Pengaruh Permukaan Laut Terhadap Hasil Tangkapan di Pelabuhan Lampulo Banda Aceh.

Anonim. 2015. Fish Spesies. Dari Situs (http://fishbase.com). Diakses Pada Tanggal12 Maret 2018. 11:39.

Anonim. 2007. Kelayakan Usaha. Dari Situs (http://www.bi.go.id/web/id/UMKMBI/Kelayakan+Usaha/Pola+Pembiyayaan/Perikanan/Purse_Seine.htm) Diakses pada tanggal 17 Januari 2018: 19.57.

Azlhimsyah R. P., 2016. Selatlektivitas Alat Tangkap Purse Seine Di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI). Jurnal Perikanan Kelautan. Vol. VII (97-102).

Dhenis. 2010. Kajian Pembentukan Daerah Penangkapan Ikan Tongkol Di Selat Sunda [Skripsi]. Bogor. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan. 2013. Laporan Statistik Perikanan Sulawesi Selatan. Makassar.

Girsang HS. 2008. Studi Penentuan Daerah Penangkapan Ikan Tongkol Melalui Pemetaan Penyebaran Klorofil-a dan Hasil Tangkapan di Palabuhanratu, Jawa Barat [Skripsi]. Bogor: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. 71 hal.

Idrus I. M. 2016. Produktivitas Daerah Penangkapan Purse Seine Di Perairan Kabupaten Pangkep. [Skripsi]. Makassar. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Universitas Hasanuddin.

Imanda N. S., 2016. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Tangkapan Kapal Mini Purse seine DI Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan. Jurnal of Fisheries Resources Utllization Management and Technology. (1) : 145-153.

Nelwan, A.F.P,. Sudirman, Muh.N. & Muhammad A. Y. 2015. Produktivitas Penangkapan Ikan Pelagis di Perairan Kabupaten Sinjai Pada Musim Peralihan Barat-Timur. Jurnal perikanan 12. (1): 18-26.

Permana, A. 2010. Alat Tangkap Purse Seine. Dari Situs (http://sentikoadipermana-pelaut.blogspot.com/2010/10/alat-tangkap purse-seine.html). Diakses pada tanggal 13 Desember 2017: 19:48.

Rajab nadia, &L. Abdul. 2011. Buku Ajar Ichtyologi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Haluoleo. Kendari.

Rahmatang. 2013. Analisis Hubungan Fasilitas Penanganan, Cara Penanganan dan Waktu Transit Dengan Kualitas Ikan Pada Perikanan Purse seine di Kabupaten Barru dan Kabupaten Bulukumba. [Skripsi]. Makassar. Ilmu Kelautan dan Perikanan. Universitas Hasanuddin.

Syamsunnisak, Rahma A. & Musman M. 2016. Penentuan Daerah Penangkapan Ikan Tongkol (Euthynnus affinis) Berdasarkan Sebaran Suhu Permukaan Laut Di Perairan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyiah. Vol. (1). 3: 419-424.

Statistik Perikanan Bulukumba. 2014. Potensi Perikanan dan Kelautan. Dari Situs (https://bulukumbakab.go.id/pages/potensi-prikanan-dan-kelautan). Diakses pada tanggal 8 Februari: 16:21.

Sudirman & Mallawa, A. 2004. Teknik Penangkapan Ikan. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Taupiq. 2007. Purse seine. Dari situs (thtp://fiqrin.wordpness.com/artikel-tentang-ikan/purse-seine/). Diakses pada tanggal 21 Januari 2018. Jam 19:04 wita.

Winugroho. 2006. Purse seine. Dari Situs (http://www.kapalpurseseine.com/) Diakses pada Tanggal 18 Januari: 18:35 Wita.

Downloads

Published

2019-09-11

Issue

Section

Research article