Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse di Makassar

Authors

  • Haris Maupa Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.26487/jbmi.v16i2.7400

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian sepatu converse di Makassar. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer). Metode pengambilan sampel metode non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Adapun jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden di Makassar, pernah membeli dan menggunakan sepatu converse dalam satu tahun terakhir. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan aplikasi SPSS 22.00 for windows. Hasil  penenlitian ini menunjukkan bahwa variabel citra merek tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu converse di Makassar. Sedangkan variabel kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu converse di Makassar. Berdasarkan koefisien regresi (Standardized Coefficients Beta) menunjukkan bahwa variabel harga produk yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian sepatu converse di Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam Akbar, 2012, “Analisis Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Toshiba”, jurnal Management pemasaran,3, 16-19.

Buchari Alma, (2011), Manajemen Pemasaran Jasa, Cetakan kesembilan, Alfabeth, Bandung.

Buyung Silvia, Mandey,L.S & Sumarauw,B.S.J. (2016). "Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Semen Tiga Roda Di Toko LICO". Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol 16 No. 04.

Defriansyah. D., Islahuddin. D., & Welly. N. (2016). "Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Samsung".

Danang. Sunyoto. (2015). Manajemen Bisnis Ritel. Jakarta: PT.Buku Seru.

Djatikusuma, E., & Getrycia, W. (2009). "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Minuman Berisotonik Pocari Sweat."

Darma, Adi,. N.P.S & Sukaatmadja, I.P.G. (2015). "Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Membeli Produk Apple. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.4, No.10, 2015: 3228-3255.

Evelina, N., DW, H., & Listyorini, S. (2012). "Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian kartu Perdana Telkomflexi" (studi kasus pada konsumen Telkomflexi di Kecamatan Kota Kudus kabupaten Kudus).

Ghozali, Imam. 2011. "Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS". Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, & Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi millenium. Jilid 2. PT Prenhellindo, Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: PT.Indeks.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 12.Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip, & Amstrong, Gary 2012, Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 Erlangga : Jakarta

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. (2014). Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta: Erlangga. Halaman 27.

Kotler, Philip,.& Amstrong, Gary. (2017). Principles of Marketing. Pearson.

Lotulung, C.S, Lapian, J & Moniharapon, S. (2015). "Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan WOM Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Evercoss Pada Cv. Tristar Jaya Global Manado". Jurnal EMBA. Vol 3 No.3 Sept 2015. Hal. 817-826.

Ratnasari, M. D., Seno, A. H., & S. L. (2014). "Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry" (studi kasus pada mahasiswa S1 FISIP Universitas Diponegoro Semarang.

Rumengan, A. N., Tawas, H. N., & Wenas, R. S. (2013). "Analisis Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Strategi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Ayla Cabang Manado".

Sari, R. L., Mandey, S. L., & Soegoto, A. S. (2014). "Citra Merek, Harga Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Emas Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Manado".

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sunarto. (2004). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: AMUS.

Top Brand Award. 2017. Available at : https://Topbrand-award.com. (n.d.).

Umboh O.S, Tumbel A.,& Soepono Djurwati (2015). “Analisis kualitas produk, brand image, life style terhadap keputusan pembelian pakaian wanita di Mississippi Manado Town Square. Vol.3.No.1 Maret 2015, Hal 1097-1105.

Published

2019-10-24

How to Cite

Maupa, H. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse di Makassar. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 16(2), 135-168. https://doi.org/10.26487/jbmi.v16i2.7400

Issue

Section

Articles