PENGARUH KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PEMASARAN PADA UMKM DI SULAWESI BARAT

Authors

  • Meuti AS Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.26487/jbmi.v16i2.7563

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pengaruh kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM di Sulawesi Barat yang terdaftar pada Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Barat. Kabupaten Polman dan Kabupaten Majene ditetapkan sebagai populasi sasaran dengan asumsi daerah tersebut sebagai sentra UMKM, kemudian menetapkan jumlah sampel sebanyak 100 orang berdasarkan pendekatan proporsional. Penentuan sampel dilakukan secara acak sederhana (simple random sampling). Pengumpulan data primer dilakukan melalui penyebaran kuesioner di Kabupaten Polman dan Kabupaten Majene. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Variabel kewirausahaan berdampak signifikan terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimudin, A. (2013). Pengaruh orientasi wirausaha terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan dan kinerja pemasaran usaha kecil sektor perdagangan (consumer goods) di Kota Surabaya. JP FEB Unsoed, Vol. 3, No. 1.

Amaliyah, R., & R.S. Witiastuti. (2015). Analisis faktor yang mempengaruhi tingkat literasi keuangan di kalangan UMKM kota Tegal. Management Analysis Journal 4 (3).

Badan Pusat Statistik. (2017). Kendala Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah.

Bhattacharyya, Som Sekhar., & Sumi Jha. (2015). Mapping micro small and medium enterprises from the resource-based view and dynamic capability theory perspectives and innovation classification. International Journal of Entrepreneurship and Small Business, Vol. 25, No. 3.

Bressler, M.S. (2012). How small businesses master the art of competition through superior competitive advantage. Journal of Management and Marketing Research.

Davis, J.L., G. Bell., G.T. Payne., & P.M. Kreiser. (2010). Entrepreneurial Orientation and Firm Performance: The Moderating Role of Managerial Power. American Journal of Business, 25 (2), pp: 41-54.

Distanont, A., & O. Khongmalai. (2018). The role of innovation in creating a competitive advantage. Kasetsart Journal of Social Sciences.

Djodjobo, C.V., & H.N. Tawas. (2014). Pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha nasi kuning di Kota Manado. Jurnal Emba: Jurnal Risert Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi. Vol. 2, No. 3.

Dhliwayo, S. (2014). Entrepreneurship and Competitive Strategy: An Integrative Approach. The Journal of Entrepreneurship, Vol. 23, Issue 1.

Furqon, D.F. (2018). Pengaruh modal usaha, lama usaha, dan sikap kewirausahaan terhadap pendapatan pengusaha lanting di lemah duwur, kecamatan kuwarasan, Kabupaten Kebumen. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Volume 7, Nomor 1.

Harini, C., S. Praptono. (2017). Pengembangan pemasaran kewirausahaan dalam upaya meningkatkan kinerja perekonomian unit usaha mikro kecil menengah di Kota Semarang. Prosiding SNATIF Ke-4 Tahun 2017.

Helia, R., N. Farida., & B. Prabawani. (2015). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk sebagai Variabel Antara (Studi Kasus pada IKM Batik di Kampung Batik Laweyan, Solo). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 4, No. 4.

Hidayat, S., & Murwatiningsih (2018). Pengaruh orientasi pasar dan kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui kapabilitas pemasaran pada UMKM Lanting di Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen. Management Analysis Journal, Vol. 7 (1).

Ibeh, K., & Kasem, L. (2010). The network perspective and the internationalization of small and medium sized software firms from Syria. Industrial Marketing Management, 40, 358-367.

Jasra, J.M., Khan, M.A., Hunjra, A.I., Rehman, R.A.U. Azam., R.I. (2011). Determinants of business success of small and medium enterprises. International Journal of Business and Social Science. Vol. 2, No. 20.

Jayaningrum, E., & B. Sanawiri (2018). Pengaruh orientasi pasar, inovasi, orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran (Studi pada Kuliner Kafe kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 54 No. 1.

Keh, Hean Tat., Mai Thi Tuyet Nguyen., H.P. Ng. (2007). The Effects of Entrepreneurial Orientation and Marketing Information on the Performance of SMEs. Journal of Business Venturing, 22 (4), pp: 592-611.

Kraja, Y., & E. Osmani. (2013). Competitive advantage and its impact in small and medium enterprises (SMEs) (Case of Albania). European Scientific Journal, Vol.9, No.16.

Lee, Jia-Sheng., & Chia-Jung Hsieh (2010). A Research In Relating Entrepreneurship, Marketing Capability, Innovative Capability and Sustained Competitive Advantage. Journal of Business & Economics Research, Vol. 8, No. 9.

Merakati, I., Rusdarti., & Wahyono. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar,Inovasi, Orientansi Kewirausahaan melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran. Journal of Economic Education, Vol. 6 (2), pp: 114-123.

Musrifah. & Murwatiningsih (2017). Pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Management Analysis Journal, 6 (4).

Ong, J.W., H. Ismail., & Gerald Guan Gan Goh. (2010). The Competitive Advantage of Small and Medium Enterprises (SMEs): The Role of Entrepreneurship and Luck. Journal of Small Business and Entrepreneurship, Vol. 23, No. 3, pp: 373-391.

Rahman, M.M. (2015). SMEs and Networking: A Resource-based View Perspective. Conference: 57th Annual meeting of the Academy of International Business, At India.

Sari, Ni Made W., H.K. Suwarsinah., & L.M. Baga. (2016). Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Gula Aren di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Penyuluhan, Vol. 12 No.1

Tobing, D.S.K., M. Fathorazz., & Gusti Ayu Wulandari. (2018). Mapping the Competitive Advantage of SMEs in East Java, Indonesia. Jurnal Dinamika Manajemen, Vol. 9, No. 1.

Usvita, M. (2015). Pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan melalui keunggulan bersaing sebagai variabel intervening (survey pada UKM Pangan Dinas Perindagtamben Kota Padang). e-Jurnal Apresiasi Ekonomi. Vol. 3, No. 1.

Vinten, G. (2000). Training in small-and medium-sized enterprises. Industrial and Commercial Training. Vol. 32 Iss 1.

Wardi, Y., P. Susanto., & Nor Liza Abdullah. (2017). Orientasi Kewirausahaan pada Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Sumatera Barat: Analisis Peran Moderasi dari Intensitas Persaingan, Turbulensi Pasar dan Teknologi. Jurnal Manajemen Teknologi, 16(1), 2017,46-61.

Published

2019-10-24

How to Cite

AS, M. (2019). PENGARUH KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PEMASARAN PADA UMKM DI SULAWESI BARAT. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 16(2), 180-190. https://doi.org/10.26487/jbmi.v16i2.7563

Issue

Section

Articles