EDUKASI NILAI–NILAI MORAL MELALUI DONGENG INTERAKTIF TERHADAP SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM IMPIAN DI KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.20956/jdp.v9i1.22271Keywords:
teaching, moral values, interactive fairy tales, studentAbstract
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini merupakan sebuah langkah pemanfaatan karya sastra untuk mengedukasi penanaman nilai-nilai moral sejak dini. Nilai-nilai moral dinilai penting untuk diajarkan sebab melihat adanya degradasi nilai-nilai tersebut dalam masyarakat. Hal ini ditandai dengan kasus kriminalitas yang semakin meninggi, maraknya pembunuhan yang dilakukan oleh orang terdekat korban, dan kasus-kasus lainnya yang disebabkan kurangnya refleksi nilai-nilai moral dalam pribadi masing-masing masyarakat. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman nilai-nilai moral kepada siswa Sekolah Dasar melalui pembacaan dongeng interaktif serta memberikan motivasi membaca dongeng. Metode yang dilakukan adalah membacakan dua dongeng yang sarat akan nilai-nilai moral didalamnya serta sesi diskusi untuk memberikan pemahamn lebih mendalam tentang nilai-nilai moral tersebut. Untuk memotivasi siswa membaca karya sastra, dilakukan donasi buku dongeng kepada masing-masing siswa dan perpustakaan sekolah. Khalayak yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini adalah 40 orang siswa Sekolah Dasar Islam Kecamatan Manggala Kota Makassar. Metode evaluasi menggunakan pre dan post test untuk mengukur keberhasilan kegiatan ini. Dari hasil evaluasi tersebut, didapatkan peningkatan pemahaman tentang nilai-nilai moral seperti jangan memperbudak orang lain, jangan serakah, meminta maaf jika melakukan kesalahan, berbagi dengan sesama, tidak mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan, menghindari sikap sombong, tidak mencela kekurangan orang lain, serta menyadari bahwa tiap makhluk diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Kata kunci: Edukasi, nilai-nilai moral, dongeng interaktif, siswa.
ABSTRACT
This community service is a step in using literary works to teach the moral values from an early age. Moral values are considered important to be taught because it seems there is a degradation of these values in society. This is marked by the increase of crime cases, rampant murders committed by people closest to the victim, and other cases caused by the lack of reflection of moral values in the person of each community. The purpose of this activity is to provide an understanding of moral values to elementary school students through reading interactive fairy tales and providing motivation to read fairy tales. The method used was to read two fairy tales that were full of moral values in them and a discussion session to provide a deeper understanding of these moral values. To motivate students to read literary works, fairy tale books were donated to each student and the school library. The targeted audiences in this activity were 40 students from Islamic Elementary School, Manggala District, Makassar City. The evaluation method used pre and post-tests to measure the success of this activity. From the results of the evaluation, it is found that there is an increase in understanding of moral values such as not enslaving others, not being greedy, apologizing if making a mistake, sharing with others, not repeating mistakes that have been made, avoiding arrogance, not criticizing the shortcomings of others, and realizing that each creature was created with its own advantages and disadvantages.
Keywords: Teaching, moral values, interactive fairy tales, student.
References
Agustiani. 2013. Kehidupan Pekerja Anak Sebagai Pemulung di Perkotaan (Studi Kasus TPA Sampah di Kel.Tamangapa Kec.Manggala Kota Makassar). Diploma tesis, FIS, 1-2.
Samsoerizal, S. 2022. Mendongeng untuk Menumbuhkan Nilai Moral Anak. Indonesiana. indonesiana.id/read/154679/mendongeng-untuk-menumbuhkembangkan-nilai-moral-anak. Diakses Minggu 21 Agustur 2022 pukul 09.30.
Sumartini, L.P.A., Antara, P.A., & Magta, M. 2017. Pengaruh Dongeng Interaktif terhadap Karakter Anak pada Taman Kanak-Kanak Kuncup Harapan Singaraja. e-journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1), 2-3.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Dinamika Pengabdian (JDP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis diwajibkan untuk menandatangani "Surat Perjanjian Hak Cipta" atau Copyright Agreement untuk penyerahan ijin kepada pihak jurnal untuk menerbitkan tulisannya.
Authors are required to sign a "Copyright Agreement" to submit permission to the journal to publish their writings.