MARKETING DESA JEHEM MEMPROMOSIKAN DESA YANG NANTINYA AKAN MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN DAN INVESTOR
DOI:
https://doi.org/10.20956/jdp.v8i2.25473Keywords:
Sosial Media, MarketingAbstract
Perkembangan teknologi informasi pada masa kini khususnya dalam social media sekarang telah berkembang dengan pesat dan sangat dibutuhkan, karena sangat membantu dalam kehidupan manusia dijaman sekarang. Social media merupakan hal yang berperan sangat penting dalam membantu atau menunjang penyedia informasi secara pesat dan mudah dalam menghasilkan sesuatu yang menarik. Program kerja yang di tawarkan berupa marketing video branding desa. Video branding bertujuan untuk memberikan informasi atau mempromosikan desa yang nantinya akan meningkatkan daya tarik wisatawan dan investor untuk membantu mengembangkan desa. Pembuatan video branding desa dimulai dengan pengambilan video pada minggu pertama dan minggu kedua. Strategi marketing yang dilakukan pertama pastinya membuat video branding dari objek wisata air terjun goa raja lalu UMKM Herbalets (ekstrak temu sari), UMKM Dubali 1 (dupa), dan UMKM anyaman keben, lalu mementukan platform media sosial mana yang dituju untuk mengunggah video dan menarik konsumen. Diharapkan Desa Jehem kedepannya selalu menambahkan konten untuk marketing media sosialnya untuk menarik audience yang lebih luas serta selalu memberikan bantuan untuk UMKM yang lain agar wisatawan yang tertarik melalui media sosial merasa mendapat kepuasan nyata jika berkunjung langsung.
Kata kunci: Sosial media, marketing.
ABSTRACT
In the development of information technology today, especially in social media, it has developed rapidly and is much needed, because it is very helpful in human life today. Social media is something that plays a very important role in helping or supporting information providers quickly and easily in producing something interesting. The work program offered is in the form of village branding video marketing. Video branding aims to provide information or promote the village which will later increase the attractiveness of tourists and investors to help develop the village. Making village branding videos begins with taking videos in the first week and second week. The first marketing strategy is of course to make video branding from the Goa Raja Waterfall tourist attraction, then MSMEs Herbalates (Indigo Extract), MSMESs Dubali 1 (Incense), and MSMEs Woven Keben, then determine which social media platform to go for uploading videos and attracting attention consumer. It is hoped that in the future Jehem Village will always add content for its social media marketing to attract a wider audience and always provide assistance to other MSMEs so that tourists who are interested through social media feel real satisfaction when visiting in person.
Keywords: Social media, marketing.
References
Hamid, F., & Setiawan, N. A. (2014). Strategi Promosi dalam Pengembangan Pariwisata Lokal di Desa Wisata Jelekong. Trikonomika.
Shimp, T. A. (2004). Advertising, Promotion and Supplemental Aspects of Integrated Marketing Communication. In Journal of Marketing Communications. https://doi.org/10.1080/1352726042000250498
Pambudi, B. S., & Suyono, S. (2020). Digital Marketing as an Integrated Marketing Communication Strategy In Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) In East Java. Competence : Journal of Management Studies. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v13i2.6829.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Dinamika Pengabdian (JDP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis diwajibkan untuk menandatangani "Surat Perjanjian Hak Cipta" atau Copyright Agreement untuk penyerahan ijin kepada pihak jurnal untuk menerbitkan tulisannya.
Authors are required to sign a "Copyright Agreement" to submit permission to the journal to publish their writings.