Perbandingan Nilai Fraksi pada Rancangan Faktorial Fraksional 2k dengan Metode Bissell dan Aplikasinya pada Kasus Perkecambahan Kacang Hijau

Authors

  • Irawaty Irawaty
  • Anisa Anisa
  • Erna Tri Herdiani

DOI:

https://doi.org/10.20956/jmsk.v14i2.3560

Abstract

Rancangan Faktorial Fraksional (FF) digunakan untuk  menurunkan jumlah kombinasi perlakuan yang besar dengan cara menentukan fraksi yang sesuai dan terbaik untuk mendapatkan struktur rancangan yang tepat. Pada tulisan ini bertujuan untuk menentukan bentuk rancangan FF  dan fraksi yang terbaik yang melibatkan 5 faktor 2 level yang diterapkan pada data perkecambahan kacang hijau yang merupakan data primer. Adapun faktor yang dicobakan yaitu Media Tumbuh, Cahaya, Frekuensi Penyiramanm, Volume Penyiraman (ml) dan Suhu Ruangan. Untuk menentukan suatu faktor signifikan atau tidak dalam rancangan FF tanpa pengulangan pada percobaan tersebut dapat digunakan metode Bissell sehingga diperoleh faktor yang signifikan yaitu faktor Cahaya dan fraksi yang terbaik adalah fraksi  .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Halim C., 1992. Replikasi Fraksional dalam Eksperimen Faktorial 2^k. Universitas Hasanuddin, Makassar.

Hamada M. dan Balakrishnan N., 1998. Analizyng Unreplicated Factorial Experiments: A Review with Some New Proposals. Statistics Sinica 8, pp. 1 – 41.

Matjik A.A. dan Sumertajaya I.M., 2002. Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan Minitab, Edisi Kedua. Institut Pertanian Bogor Press, Bogor.

Montgomery D.C., 2001. Design and Analysis of Experiments, 5th Edition. John Wiley and Son Inc., New York.

Nurhayati N., 2008. Biologi Bilingual untuk SMA/MA Kelas XII Semester 1 dan 2. Yrama Widya, Bandung.

Raupong dan Anisa, 2011. Bahan Ajar Mata Kuliah Perancangan Percobaan. Universitas Hasanuddin, Makassar.

Sartono B., 2008. Rancangan Faktorial Pecahan Bagian 1 : Rancangan Reguler. http://bagusco.staff.ipb.ac.id/files/2011/01/FF-Design.pdf. [Diakses pada tanggal 28 Februari 2013].

Sauddin A., 2006. Identifikasi Faktor Signifikan Rancangan Faktorial Fraksional Tanpa Pengulangan dengan Metode Bissell, Lenth, dan Fang. Tesis. Jurusan Statistika Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Syafrina S., 2009. Respon dan Pertumbuhan dan Produksi Kacang Hijau (Phaseolus Radiates L) pada Media Sub Soil Terhadap Pemberian Beberapa Jenis Bahan Organic dan Pupuk Organik Cair. Skripsi. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Winarni S., 2006. Kajian pada Rancangan Faktorial Fraksional dan Faktoria Fraksional Split–Plot. Tesis. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Downloads

Published

2018-03-19

How to Cite

Irawaty, I., Anisa, A., & Herdiani, E. T. (2018). Perbandingan Nilai Fraksi pada Rancangan Faktorial Fraksional 2k dengan Metode Bissell dan Aplikasinya pada Kasus Perkecambahan Kacang Hijau. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 14(2), 192-201. https://doi.org/10.20956/jmsk.v14i2.3560

Issue

Section

Research Articles