Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi “Bahasa Arab Pemula” dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab di MTs DDI Walimpong
Abstract
Latar Belakang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan penguasaan kosakata mayoritas siswa di MTs DDI Walimpong yang masih rendah dikarenakan perbedaan latar belakang pendidikan siswa, serta penggunaan fasilitas pembelajaran yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Hal ini merupakan salah satu masalah terbesar dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs DDI Walimpong. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media aplikasi “Bahasa Arab Pemula” dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab dan menganalisis pengaruh penggunaan media aplikasi “Bahasa Arab Pemula” dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs DDI Walimpong. Metode. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes (pretest dan posttest). Data telah dianalisis secara statistik menggunakan aplikasi SPSS. Hasil. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII mengalami peningkatan kosakata setelah menggunakan aplikasi “Bahasa Arab Pemula” dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Hal ini dibuktikan pada hasil uji paired sampel t-test pada nilai pretest dan posttest siswa kelas VIII di MTs DDI Walimpong yakni nilai Sig.(2-tailed) = 0,001 < 0,05. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan aplikasi “Bahasa Arab Pemula” dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa di MTs DDI Walimpong.
References
Adira, W. R. (2023). Efektivitas Media Duolingo sebagai Aplikasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa kelas IX MTs Al Riyadhul Jannah Kabupaten Lebak-Banten Tahun Ajaran 2022 2023. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Agussalim, A., Zuhriah, Z., & Yuliana, Y. (2023). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VISUAL (GRAFIS) DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB BAGI SANTRIWATI PONDOK PESANTREN IMMIM PUTRI PANGKEP . Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 3(2), 71-80. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/26951
Akhriani, A., Asmara, A., Hikmah, H., & Agussalim, A. (2018). Penguasaan Kosakata Bahasa Arab dan Budaya Makassar dengan E-Ktp (Elektronik Kartu Pintar). Ash-Shahabah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(2), 209–216. https://doi.org/https://doi.org/10.59638/ash.v4i2.199
Anwar, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi WhatsApp Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VIII MTs DDI Lero Kabupaten Pinrang. Institut Agama Islam Negeri Parepare.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.
Ashari, K. (2020). Problematika Pemilihan Materi Mufrodat Menurut Perspektif Rusydi Ahmad Thu’Aimah. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19(2), 216–228. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i2.2370
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Haeruddin, Haeriyyah, & Alwi, R. (2019). PPMU-PKM Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Sudiang. Khazanah Pengabdian, 01(1), 12–18. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1505058&val=17978&title=PPMU-PKM Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Sudiang
Haq, I. F. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Fun Easy Learn Bahasa Arab Berbasis Mobile Learning Untuk Penguasaan Kosakata (Mufradat) di UKM EASA IAIN Purwokerto. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Haryati, L. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab di MI Farida Aryani Kota Makassar. Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 2(3), 1–64.
Holimi, M. (2019). Pembelajaran Mufrodat dengan Menggunakan Media Gambar. Muhadasah:Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 86–102.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Prenada Media.
Masnani, S. W. (2019). PAKEM SUATU CARA DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Inspiratif Pendidikan, VIII, 281–291.
Masnani, S. W., Ridwan, M., Zuhriah, Haeriyyah, & Nur, M. (2019). Penerapan Model-Model Pembelajaran Aktif MAN 2 Watampone. Khazanah Pengabdian, 01(1), 34–44.
Nadiana, A., Haeriyyah, & Agussalim, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi ”Assemblr Edu” terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa MTs Bhayangkara Makassar. Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 04(03), 34–47.
Nisa, I. K., Rahmi, N., & Fajri, W. (2020). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Di Mts Ma’Arif Nu 07 Purbolinggo. Arabia, 12(2), 43. https://doi.org/10.21043/arabia.v12i2.7878
Rizkiani, F., & Adilansyah, A. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Vocabulary Kelas VII ( Studi Pada Smp 1 Kota Bima). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4), 1721–1727. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2639
Sabae, M., & Hunaidu. (2019). Pengaruh Penguasaan Kosakata Bahasa Arab terhadap Kemampuan Berbahasa Arab Siswa Pondok Darul Arqam Muhammadiyah Punnia Pinrang. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Al-Maraji’, 3(1), 75–92. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/almaraji.v3i1.3653
Safa, N. H. A., & Baso, Y. S. (2020). تعليم اللغة العربية عن بعد وتطوره في جامعة حسن الدين مكاسر. Nady Al-Adab, 17(1), 29–36. https://doi.org/10.20956/jna.v17i1.10069
Store, G. P. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mobiteach.arab, diakses pada hari senin, 06 mei 2024 pukul 11.06 WITA
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Zubaidillah, M. H. (2018). Pengertian dan Pembagian Kalam. Osfprepints, 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/zv36e
Zuhriah, Z., Najmuddin H. Abd Safa, Ikhwan M. Said, & Yusring Sanusi Baso. (2021). APLIKASI PENGIDENTIFIKASI VERBA PERFEKTIF BAHASA ARAB. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 18(1), 99-120. https://doi.org/10.20956/jna.v18i1.18233
Zuhriah, Z. (2022). The Arabic Imperfective Verb Application Model. Asian Journal of Social Science and Management Technology, 4(2), 206–219.
Zuhriah, Najmuddin H. Abd Safa, Ikhwan M. Said, and Yusring Sanusi Baso. “Aplikasi Pengidentifikasi Verba Perfektif Bahasa Arab.†Nady Al-Adab: Jurnal Bahasa Arab 18, no. 1 (2021): 99–120. https://journal.unhas.ac.id/index.php/naa/article/view/18233.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
All right reserved. The articles inthis journal are under copyright of journal Sarjana and the author of the article. No part of the articles may be reproduced without permission of the journal management