PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MUFRADÂT DI SD IT AL-INSYIRAH KEC. BIRINGKANAYA MAKASSAR

Penulis

  • Friske Tuli

Abstrak

Skripsi ini berjudul “PemafaatanMedia Gambar Dalam Pembelajaran Mufradat di SD It Al-Insyirah.Adapun rumusan masalah dalam skripsi iniialah Media apa saja yang di gunakan di SD IT al-Insyirah dalam pembelajaran, bagaimana penerapan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab di SD IT al-Insyirah,dan Sejauhmana pengaruh penerapan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab di SD IT al-Insyirah. Adapun tujuan dalam skripsi ini ialah Untuk menjelaskan media pembelajaran bahasa Arab di SD IT Al-Insyirah, Mendeskripsikan penerapan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab di SD IT Al-Insyirah dan menganalisis pengaruh media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab di SD IT Al-Insyirah. Dalam skripsi ini metode yang digunakan kuantitatif, metode penelitian kuantitatif menggunakan pengukuran atau numerik terhadap masalah yang hendak diteliti juga pada pengumpulan data analisa data. Adapun hasil dari penelitian ini ialah penguasaan media gambar didalam proses belajar mengajaran di kelas V putri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbahasa Arab.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agussalim, Andi. 2009. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Kemampuan Penggunaan Damir pada Siswa SD Islam Terpadu Wihdatul Ummah Kecamatan Panakkukang Kota Makassar”. Skripsi Sarjana. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Akbar Muh.Kurniawan.2012.Efektivitas Penggunaan Media Visual (Animasi) Terhadap kemampuan Berbahasa Arab Siswa kelas VII MTsN Model Makassar. Skripsi Sarjana.makassar: Universitas Hasanuddin

Arsyad, Azhar. 2010. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya.Yogyakarta: Pustaka Pelajar .

Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Baso, Y. S. (2006). Materi Pelajaran Interaktif Bahasa Arab Berbasis Web Dan CD. Jurnal Nady al-Adab. Tahun ke-4, Nomor, 1.

Baso, Y. S. (2008). PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 5(2), 48-54. https://doi.org/10.20956/jna.v5i2.3866

Baso, Y. S. (2009). Cara Mudah Membuat Latihan Interaktif Pembelajaran Bahasa. Malang, Penerbit Myskat.

Baso, Y. S. (2013). Program Multimedia Bahasa Arab. Padang: Prosiding PINBA IMLA.

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran & Inovatif. Jakarta: Publisher.

Gagne, R.M., Briggs, L.J. 1992. Principles Of Instructional Desing (4th ed). New York: Reihhart and Winston.

Haeruddin, H. (2020). PPMU-PKM Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Sudiang. Khazanah Pengabdian, 1(1), 12-18. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/kp/article/view/8098

Hamalik, Oemar. 2011. Prencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hamid, Abdul, dkk. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Malang Press.

Hermawan, Acep.2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Kountur, Ronny. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Buana Printing.

Kridalaksana, Harimurti. 1983. Kamus Linguistik. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama,

Lannon, Jhon, M. 1982. Teachnical writing. Boston: Little Brown and Company

Lutfi, Ahmad Shohihul. 2014.Fungsi-Dan-Manfaat-Media-Pembelajarandalam http://lutfisayonk.blogspot.com diakses 1 maret 2015 Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Analalisis Isi dan Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Pers.

NHA Safa, YS Baso, F Rahman, AA Hamzah. 2012. Hubungan Penguasaan Mufradat Dan Kemampuan Membaca Teks Berbahasa Arab Nurazizah.2014. Penggunaan Media Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab di Pesantren Darul Istiqomah Kabupaten Luwu.skripsi sarjana: Universitas Hasanuddin 48 49

Prasetyo, dkk. 2005.Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sudjana dan Rivai. 1991. Media Pengajaran. Bandung : CV. Sinar Baru Algesindo.

Suharno.2008.Pembelajaran-Kosakata-Bahasa-Arabdalam http://nanoazza.wordpress.com, diakses 27 januari 2015)

Supiyan, Eko.2010.Media Gambardalamhttp://ekosupiyan.blogspot.com.Diakses 28 januari 2015. Makassar

YS Baso. 2005. Efektivitas Formal Instruction Dalam Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Melafalkan Fonem-Fonem Frikatif Bahasa Arab Zakaria, Aceng. 2008. al-Muyassar Fī „Ilmal-Naḥw. Garut: Ibn Azka Press Zuhriah, Z. (2008). PENYIMPANGAN-PENYIMPANGAN UNSUR SERAPAN BAHASA ARAB DALAM BAHASA INDONESIA. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 5(2), 65-71. https://doi.org/10.20956/jna.v5i2.3868

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-06 — Diperbaharui pada 2023-01-24

Versi

Cara Mengutip

Tuli, F. (2023). PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MUFRADÂT DI SD IT AL-INSYIRAH KEC. BIRINGKANAYA MAKASSAR. Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 2(3 (September). Diambil dari https://journal.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/20223 (Original work published 6 November 2022)