Faktor-Faktor yang Memengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Cabai Rawit (Capcisum frustescens L.)

Isi Artikel Utama

Riski Amellia
I Putu Eka Wijaya

Abstrak

Cabai rawit merupakan komoditi potensial untuk di budidayakan karena nilai jualnya yang tinggi. Selain itu peluang bisnis cabai rawit juga tinggi seiring dengan tingginya kebutuhan cabai rawit di Indonesia maupun luar negri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh dalam keputusan pembelian cabai rawit secara simultan dan parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara, kuesioner dan observasi serta data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, artikel dan internet. Pengukuran variabel menggunakan skala likert yang kemudian ditransformasi dengan Metode Suksesif Interval.   Uji instrumen data menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi serta uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.  Hasil dari penelitian ini adalah faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. secara parsial faktor sosial (X2), faktor pribadi (X3), dan faktor psikologis (X4) berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian cabai rawit dengan koefisien positif. Faktor budaya (X1) tidak berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian cabai rawit.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Amellia, R. dan Wijaya , I. P. E. (2023) “Faktor-Faktor yang Memengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Cabai Rawit (Capcisum frustescens L.)”, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 20(1), hlm. 65-76. doi: 10.20956/jsep.v20i1.29840.
Bagian
Articles

Referensi

Ifazah, I. N. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Cabai Merah Keriting di Desa Karangtawar Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan. Skripsi. Fakultas Pertanian, Universitas Islam Malang. Malang. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1846

Mohammad, D. Z. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ulang (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Teh Botol Sosro di £ON Mall Jakarta Garden City). Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Nurjannah, I. I. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Fluktuasi Harga Cabai Rawit Di Kabupaten Malang. Skripsi. Fakultas Portanian, Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/SEAGRI/article/view/6272

Rangkuti, I., Leovita, A., Dermawan, Alvindo. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen Dalam Membeli Sayur Hidroponik Non Pestisida di Kota Padang. Musamus Journal of Agribusiness (Mujagri). 4 (2): 46-57. https://ejournal.unmus.ac.id/agri

Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian. (2021). Buletin Konsumst Pangan. Sekjen Kementerian Pertanian, Jakarta. https://satudata.pertanian.go.id/assets/docs/publikasi/Buku_Buletin_Konsumsi_pangan_Semester_I_2021.pdf

Sriningsih, M., Hatidja, D., & Prang, J. D. (2018). Penanganan Multikolinearitas Dengan Menggunakan Analisis Regresi Komponen Utama Pada Kasus Impor Beras Di Provinsi Sulut. Jurnal Ilmiah Sains, 18 (1): 18-24. https://doi.org/10.35799/jis.18.1.2018.19396

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung

Sumayyah. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee (Studi Kasus Pada Shopee Kelurahan Sunter Jaya Jakarta Utara). Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Jakarta. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/1309

Swastika, S., Pratama, D., Hidayat, I., Andri, K, B. (2017). Teknologi Budidaya Cabai Merah. UR PRESS dan Kementrian Pertanian, Riau.