Rice Marketing Value Chain In Makassar Terong Traditional Market
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan pedagang besar dan
pengecer di Pasar Terong Tradisional Makassar dan mengetahui margin pemasaran beras
di Pasar Terong Tradisional Makassar. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 8
responden pedagang eceran dan pedagang besar sebanyak 6 responden diambil dengan
cara simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
untuk mengidentifikasi kegiatan perbesaran beras di Pasar Tradisional Terong Kota Makassar dan analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis marjin pemasaran dan rasio keuntungan beras di Pasar Tradisional Terong Kota Makassar. Kegiatan yang dilakukan oleh pedagang besar sebelum melakukan penjualan adalah memastikan jumlah
stok beras, menghubungi pemasok beras dan melakukan penjualan langsung maupun tidak langsung sedangkan pengecer tidak melakukan rangkaian kegiatan sebelum berjualan, pada tingkat pedagang beras hanya melakukan kegiatan penjualan. Margin pemasaran dari pengecer yaitu Rp. 1.705 sedangkan magin pemasaran di tingkat grosir
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This works is under Creative Commons Attribution LicenseReferensi
Ariyono, Ardie. 2011. Analisis Pendapatan Usahatani Padi Dan Sistem Pemasaran Beras Di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Institut Pertanian Bogor.
Mangifera, Liana. 2015. Analisis Rantai Nilai( Value Chain )Pada Produk Batik Tulis Di Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
Asmarantaka, Winandi. 2012. Pemasaran Agribisnis (Agrimarketing). PT Penerbit IPB Press. Bogor
Sulaiman Fahmi. 2015. Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Eqq Pada UD. Adi Mabel. Politeknik LP31. Medan
Wijandi, Soesarsono. 2008 Penanganan dan Pengolahan Serealia dan Palawija
Fahroji, 2014. Pasca Panen. Kementerian Pertanian. Riau
Handyani, Alfiana, 2013. Evaluasi Mutu Beras Dan Tingkat Kesesuaian Penanganannya (Studi Kasus Di Kabupaten Karanganyar). Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Tengah.
Prihartono, Bagus. 2018. Analisis Pemasaran Produk Agribisnis Ubi Kayu Di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Institut Pertanian Bogor. Bogor.