Preferensi Visual Terhadap Dominasi Elemen Yang Berbeda di SMA Negeri 9 Makassar
Abstract
SMAN 9 Makassar merupakan salah satu sekolah menengah atas yang ada di Kota
Makassar, memiliki luas tanah kurang lebih sebesar 17.000,00 m², sebagian
merupakan lahan kosong yang dapat dijadikan sebagai taman sekolah yang dapat
menambah keindahan lanskap sekolah. Penelitian bertujuan mengetahui preferensi
dan persepsi siswa sekolah menengah, pendidik dan tenaga kependidikan terhadap
lanskap visual karakter elemen yang berbeda pada taman sekolah. Penelitian
dilaksanakan dalam bentuk survey kualitatif deskriptif dan kuantitatif dengan tiga
konsep yang berbeda: konsep taman dengan elemen dominan perkerasan, konsep
taman dengan elemen dominan vegetasi hijauan serta konsep taman dengan elemen
dominan vegetasi berwarna-warni. Ketiga konsep disimulasikan dalam bentuk tiga
dimensi. Hasil simulasi diuji kualitas estetika dengan menggunakan metode Scenic
Beauty Estimation (SBE) dan diuji persepsi dengan menggunakan metode Semantic
Differential (SD). Hasil penilaian estetika, lanskap 6 memiliki rata-rata kualitas
estetika tertinggi dengan nilai SBE sebesar 106,89 sedangkan lanskap 2 memiliki
nilai SBE terendah dengan nilai yaitu 0,00. Berdasarkan penilaian persepsi,
responden secara umum lebih menyukai hasil simulasi desain pada titik 1, 3 dan 4
dimana titik tersebut memiliki konsep dengan dominan elemen vegetasi berwarna-
warni. Sedangkan pada titik 2 responden memilih hasil simulasi desain dengan
konsep dominan vegetasi hijauan, dan pada titik 5 dan 6 responden memilih hasil
simulasi desain dengan konsep dominan elemen perkerasan.
Downloads
Published
Versions
- 2023-12-31 (2)
- 2023-12-31 (1)