Preferensi Visual Terhadap Dominasi Elemen Yang Berbeda di SMA Negeri 9 Makassar

Authors

  • Katriani Mantja Universitas Hasanuddin
  • Novaty Eny Dungga Departemen Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin
  • Nurul Mujahidah Rahmat Universitas Hasanuddin

Abstract

SMAN 9 Makassar merupakan salah satu sekolah menengah atas yang ada di KotaMakassar, memiliki luas tanah kurang lebih sebesar 17.000,00 m², sebagianmerupakan lahan kosong yang dapat dijadikan sebagai taman sekolah yang dapatmenambah keindahan lanskap sekolah. Penelitian bertujuan mengetahui preferensidan persepsi siswa sekolah menengah, pendidik dan tenaga kependidikan terhadaplanskap visual karakter elemen yang berbeda pada taman sekolah. Penelitiandilaksanakan dalam bentuk survey kualitatif deskriptif dan kuantitatif dengan tigakonsep yang berbeda: konsep taman dengan elemen dominan perkerasan, konseptaman dengan elemen dominan vegetasi hijauan serta konsep taman dengan elemendominan vegetasi berwarna-warni. Ketiga konsep disimulasikan dalam bentuk tigadimensi. Hasil simulasi diuji kualitas estetika dengan menggunakan metode ScenicBeauty Estimation (SBE) dan diuji persepsi dengan menggunakan metode SemanticDifferential (SD). Hasil penilaian estetika, lanskap 6 memiliki rata-rata kualitasestetika tertinggi dengan nilai SBE sebesar 106,89 sedangkan lanskap 2 memilikinilai SBE terendah dengan nilai yaitu 0,00. Berdasarkan penilaian persepsi,responden secara umum lebih menyukai hasil simulasi desain pada titik 1, 3 dan 4dimana titik tersebut memiliki konsep dengan dominan elemen vegetasi berwarna-warni. Sedangkan pada titik 2 responden memilih hasil simulasi desain dengankonsep dominan vegetasi hijauan, dan pada titik 5 dan 6 responden memilih hasilsimulasi desain dengan konsep dominan elemen perkerasan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-31 — Updated on 2023-12-31

Versions