KEMAMPUAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PUSKESMAS DALAM MENGAKOMODASI IMPLEMENTASI FUNGSI PUSKESMAS

Nuzulul Putri (1), Ernawaty Ernawaty (2), Thinni Nurul R (3), Hario Megatsari (4)
(1) Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, Indonesia,
(2) Airlangga University, Indonesia,
(3) Airlangga University, Indonesia,
(4) Airlangga University, Indonesia

Abstract

Setelah pemberlakukan Jaminan Kesehatan Nasional, puskesmas dianggap semakin berat menjalankan fungsi kuratif daripada preventif. Implementasi fungsi puskesmas sudah seharusnya dapat dikendalikan melalui sebuah instrumen Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP) yang mampu mengakomodasi fungsi puskesmas secara seimbang. Penelitian ini menganalisis kemampuan instrumen Penilaian Kinerja Puskesmas dalam mengakomodasi implementasi fungsi puskesmas. Implementasi fungsi puskesmas dianalisis melalui studi dokumen kebijakan yang mengatur fungsi puskesmas. Nominal Group Technique (NGT) dengan kepala puskesmas di Kota Surabaya dilakukan untuk menyimpulkan akomodasi setiap fungsi puskesmas pada setiap komponen penilaian yang digunakan dalam instrumen PKP. Ada tiga aspek yang dinilai dalam PKP, yakni aspek pelayanan kesehatan (wajib dan pengembangan), pelaksanaan manajemen puskesmas, dan mutu pelayanan kesehatan. PKP untuk program wajib dan pengembangan puskesmas lebih menilai fungsi puskesmas sebagai pelayanan kesehatan masyarakat. Komponen penilaian untuk mutu pelayanan kesehatan dan kegiatan manajemen puskesmas justru lebih banyak menilai mutu fungsi pelayanan kesehatan perorangan. Fungsi puskesmas sebagai pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan merupakan fungsi yang paling jarang dinilai sebagai kinerja puskesmas. Penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen PKP yang selama ini digunakan belum mampu mengakomodasi implementasi fungsi puskesmas secara seimbang.

Full text article

Generated from XML file

References

Bappenas. Health Sector Review Kumpulan Policy Brief Health Sector Review Kumpulan Policy Brief. 2013. 1-84 p.

Supriyantoro, Hendarwan H, Savithri Y. Studi Kasus Implementasi Paket Manfaat Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Bul Penelit Sist Kesehat. 2014;17(14):327–36.

Doderqlhqơ Q. The Aspects of Performance Measurement in Public Sector Organization. 2015;213:314–20.

Kouzmin A, Lo E, Korac-kakabadse N. Benchmarking and Performance Measurement in Public Sectors. 1999;12(2):121–44.

Agostino D, Gestionale I, Milano P, Gestionale I, Milano P, Molin MD, et al. Developing a Performance Measurement System for Public Research Centres. Int J Bus Appl Manag. 2012;7(1):43–55.

Cavalluzzo KS, Ittner CD. Implementing Performance Measurement Innovations : Evidence From Government. 2003;29(2004):243–

Uche OA, Uzoma O, Uche IB. Sustainable Community Development: An Insight Into the Niger Delta Development Commission (NDDC) Community Development Projects in Abia State. Glob Adv Res J Manag Bus Stud [Internet]. 2014;3(12):2315–5086.

Schell SF, Luke D a, Schooley MW, Elliott MB, Herbers SH, Mueller NB, et al. Public Health Program Capacity for Sustainability: A New Framework. Implement Sci [Internet]. 2013;8(1):15.

Lin J, Lee P. Performance Management in Public Organizations: A Complexity Perspective. Int Public Manag Rev. 2011;12(2):81–96.

Curristine T, Lonti Z, Joumard I. Improving Public Sector Efficiency: Challenges and Opportunities. J Budg. 2007;7(1):1–42.

Eden R, Hyndman N. Performance Measurement in the UK Public Sector: Poisoned Chalice or Holy Grail ? J Public Sect Manag. 2016;29(1):9–15.

Har M, Mohamad S, Ismail S. The Effect of Regulation and Goal Orientation on Performance Measurement Utilisation : Evidence from Indonesian Local Governments. 2014;7(1):81–106.

Markić D. A Review on the Use of Performance Indicators in the Public Sector. Technol Educ Manag J. 2014;3(1):22–8.

Muchiri P, Pintelon L, Gelders L, Martin H. Development of Maintenance Function Performance Measurement Framework and Indicators. Intern J Prod Econ [Internet]. Elsevier; 2010;1–8. Available from: http://dx.doi.

org/10.1016/j.ijpe.2010.04.039

Poister TH. Measuring Performance in Public and Nonprofit Organizations.

Ruzita J, Azhar R, Hasan HABU. Performance Measurement Practice of Public Sectors in Evolution of Performance Measurement. J Glob Strateg Manag. 2008;6(1):42–56.

Velimirovi D, Velimirovi M, Stankovi R, New I, Kpi I. Role and Importance of Key Performance Indicators Measurement. Serbian J

Manag. 2011;6(1):63–72.

Authors

Nuzulul Putri
putri.nuzulul@gmail.com (Primary Contact)
Ernawaty Ernawaty
Thinni Nurul R
Hario Megatsari
Putri, N., Ernawaty, E., R, T. N., & Megatsari, H. (2017). KEMAMPUAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PUSKESMAS DALAM MENGAKOMODASI IMPLEMENTASI FUNGSI PUSKESMAS. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 13(4), 337–346. https://doi.org/10.30597/mkmi.v13i4.1061

Article Details