HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN HIV DAN AIDS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM LABUANG BAJI MAKASSAR
Abstract
Jumlah orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) semakin meningkat sehingga kebutuhan terhadap layanan kesehatan juga semakin meningkat. Rumah Sakit Labuang Baji adalah salah satu rumah sakit yang ditunjuk pemerintah untuk memberikan layanan HIV dan AIDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan HIV dan AIDS pada dimensi kehandalan (reliability), ketanggapan (responsivenes), kepastian jaminan (assurance), kemampupahaman (empathy) dan penampilan fisik (tangible) terhadap kepuasan pasien di RSU Labuang Baji. Metode penelitian adalah observasional analitik menggunakan pendekatan cross sectional study dengan besar sampel sebanyak 192 responden yang diambil secara accidental sampling. Uji analisis yang digunakan, yaitu uji chi square dengan α=0,05 dan uji koefisien phi untuk melihat kekuatan hubungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara kualitas pelayanan HIV dan AIDS berdasarkan reliability (p=0,000 dan φ=0,259), responsiveness (p=0,000 dan φ=0,357), assurance (p=0,000 dan φ=0,393), empathy (p=0,000 dan φ=0,326), tangible (p=0,000 dan φ=0,446), dengan kepuasan pasien di RSU Labuang Baji Makassar. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kehandalan, ketanggapan, kepastianm jaminan, kemampupahaman, penampilan fisik terhadap kepuasan pasien.
Full text article
References
Djauzi,S dan Djoerban,Z. HIV/AIDS di Indonesia. Dalam Sudoyo, A.W. dkk,ed. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Ed.IV jilid II. Jakarta: Pusat Penerbitan Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI; 2006.
Joint United Nations Programme on HIVAIDS (UNAIDS). Report on the global AIDS; 2008. [diakses 26 Februari 2012]. Available at: epidemic.http://www.unaids.org/en/dataanalysis/epidemiology2008reportontheglobalaidsepidemic/.
Amiruddin R. Epidemiologi Perencanaan & Pelayanan Kesehatan. Masagena Press, Makassar; 2011.
Kartika. Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Daerah untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien di Jawa Timur; 2008. [Online Jurnal [diakses 26 Februari 2012]. Available at : http://jurnal.pdii.lipi.go.id/Admin/jurnal/6edkhusus08124133.pdf
Dinas Kesehatan. Laporan Jumlah Kasus HIV/AIDS menurut Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Selatan; 2011.
Pedoman Pengembangan Jejaring Layanan Dukungan, Perawatan & Pengobatan HIV & AIDS 2007. [diakses 5 Februari 2012]. Available at: http://spiritia.or.id/Dok/ppj70.pdf.
Wijono. Manajemen Mutu Rumah sakit dan Kepuasan Pasien, Penerbit Duta Prima Airlangga Surabaya; 2008.
Noor, D, M, Indar, Abdullah, Z. Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan Tahun 2009 [Tesis]. Program pasca sarjana Universitas Hasanuddin Makassar;2009.
Yunarto. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Tugurejo Semarang; 2009. [diakses 17 Maret 2012]. Available at : http://eprints.undip.ac.id/26417/2/AnalisispengaruhlayananterhadapkepuasanpasienrawatinapdiRumahSakitUmumDaerah.pdf
Hufron, A dan Supratman. Analisis Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkap Kepuasan di Puskesmas Penumping Kota Surakarta; 2008. [diakses 17 Maret 2012]. Available at : http://eprints.ums.ac.id/1101/1/3d.pdf
Nurjannah. Tingkat Kepuasan Peserta GMCAskes Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan; 2004. [diakses 17 Maret 2012]. Available at : http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/detail.php?datid=2451
Asmidar, A dan Abdullah, Z. Studi Mutu Pelayanan Berdasarkan Kepuasan Pasien di Klinik Ggi dan Mulut RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar; 2008. [diakses 16 Maret 2012]. Available at : http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/720899106_14128926.pdf
Habibi. Hubungan Kualitas Pelayanan Rawat Inap dengan Kepuasan Pasien di RSU Lasinrang Pinrang [Skripsi]. Universitas Hasanuddin Makassar; 2010.
Aty U. Spiritualisasi dan Kepemimpinan (Studi Kualitatif pada RSUP DR.Wahidin Sudirohusodo Makassar [Tesis]. Program Pasca sarjana Universitas Hasanuddin Makassar; 2004.
Winanti. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kualitas Pelayanan Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Klaten Tahun 2007; 2007. [diakses 25 Februari 2012]. Available at :http://eprints.undip.ac.id/10103/1/3217.pdf.
Authors
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc.
All articles published Open Access are free for everyone to read and download. Under the CC-BY-NC-SA license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin are required to cite the original source, including the author's names, Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin as the initial source of publication, year of publication, and volume number.
Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin is licensed under Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.