PENINGKATAN PEMAHAMAN PELAKU PENDIDIKAN MGMP KIMIA SE-SIDOARJO TERHADAP ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI PINTARIN.ID

Authors

  • Hayuni Retno Widarti Universitas Negeri Malang
  • Habiddin Universitas Negeri Malang
  • Herunata Universitas Negeri Malang
  • Parlan Universitas Negeri Malang
  • Deni Ainur Rokhim SMAN 3 Sidoarjo
  • Afis Baghiz Syafruddin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v7i4.24289

Keywords:

Chemistry teacher, minimum competency assessment, Pintarin.Id application

Abstract

The Minimum Competency Assessment, which will replace the National Examination, will be similar to the PISA test. This is a challenge for Indonesia to create quality education, including increasing scientific literacy skills. Preparation for the 4.0 industrial revolution is directly related to 21st-century education, where students are expected to have four competencies in learning, including critical thinking and problem-solving, creativity, communication skills, and the ability to work collaboratively. Based on this context, the community service team initiated a program entitled Increasing Understanding of Educational Actors Chemistry MGMPs in Sidoarjo on minimum competency assessment using the Pintarin.Id application. The methods in this service are lectures and training of chemistry MGMP teachers on the independent curriculum preparation of AKM questions. The instrument used as a reference for this activity was a questionnaire with 14 statements to measure teachers' understanding and skills in compiling AKM questions. The subjects in this service were 152 people from 25 SMA/MA schools in Sidoarjo. The service locations are SMAN 4 Sidoarjo, SMAN 1 Waru, SMAN 1 Gedangan, SMAN 1 Sidoarjo, SMAS Dharma Wanita 1 Gedangan, and SMAN 3 Sidoarjo. The result of this service is that the teacher's understanding and skills in compiling AKM-based questions increased by 36.92% and fell into the excellent category. Participants responded positively (mean score of 70) to the material, presentation, language, and evaluation aspects presented in the training activities. The results of this service can be implemented in teacher learning in class by giving AKM-based questions to students so that students are better prepared to face the National Assessment. ---  Asesmen Kompetensi Minimum yang akan menggantikan UN, nantinya hampir mirip seperti tes PISA. Hal tersebut menjadi tantangan bagi Indonesia untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas, salah satunya melalui peningkatan kemampuan literasi sains. Persiapan menuju revolusi industri 4.0 berkaitan langsung terhadap pendidikan abad 21 ini dimana  siswa diharapkan memiliki 4  kompetensi pada  pembelajaran  diantaranya critical thinking and  problem  solving,  creativity,  communication  skills,  dan ability  to  work collaboratively Berdasarkan konteks tersebut tim pengabdian masyarakat menggagas program berjudul peningkatan pemahaman pelaku pendidikan MGMP kimia se-Sidoarjo terhadap asesmen kompetensi minimum melalui penggunaan aplikasi Pintarin.Id. Metode dalam pengabdian ini adalah ceramah dan melatih guru MGMP kimia tentang kurikulum merdeka, penyusunan soal AKM. Instrumen yang menjadi acuan kegiatan ini adalah angket dengan 14 pernyataan untuk mengukur pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun soal AKM, subjek dalam pengabdian ini sebanyak 152 orang dari 25 Sekolah SMA/MA di Sidoarjo. Adapun lokasi pengabdian yaitu di SMAN 4 Sidoarjo, SMAN 1 Waru, SMAN 1 Gedangan, SMAN 1 Sidoarjo, SMAS Dharma Wanita 1 Gedangan, dan SMAN 3 Sidoarjo. Hasil pengabdian ini yaitu pemahaman dan keterampilan guru dalam Menyusun soal berbasis AKM meningkat sebesar 36,92% dan masuk dalam kategori baik. Peserta  memiliki  respons  positif (skor rataan sebesar 70) terhadap aspek materi, penyajian, bahasa, dan evaluasi yang disajikan dalam kegiatan pelatihan. Hasil pengabdian ini diharapkan dapat di implementasikan dalam pembelajaran guru di kelas dengan memberikan soal-soal berbasis AKM kepada siswa agar siswa lebih siap dalam menghadapi Asesmen Nasional.

References

Akmal, A., & Sutrisno, D. (2022). Pelatihan dan Pembuatan Bahan Ajar Pelajaran Bahasa Inggris Tingkat SLTP dan SLTA bagi Guru-Guru MGMP Bahasa Inggris. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(3), 578–583. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.12637

Ali, Y., Telaumbanua, F., & Aisyah, S. (2021). Pelatihan Desain Media Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Bagi Guru SD SN Najwa Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 2(2), 62–67. https://doi.org/10.47065/jrespro.v2i2.944

Amalia, R., Herunata, Sigit, D., & Widarti, H. R. (2019). Perbandingan Aspek HOTS dalam Soal Ujian Nasional Kimia Menurut Kurikulum KTSP, K-13, dan K-13 Revisi 2016. Prosiding Seminar Nasional Kimia Dan Pembelajarannya (SKNP), November, 388–395.

Anas, M., Muchson, M., Sugiono, S., & Rr. Forijati. (2021). Pengembangan kemampuan guru ekonomi di Kediri melalui kegiatan pelatihan asesmen kompetensi minimum (AKM). Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i1.28

Bastian, O. A., Rahmat, H. K., Basri, A. S. H., Rajab, D. A., & Nurjannah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital dalam Menangkal Radikalisme pada Generasi Millenial di Era Revolusi Industri 4 . 0. Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 126–133. http://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb

Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. (2021). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550–1558. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/608

Haryani, Y., Jose, C., Eryanti, Y., & Kartika, G. F. (2018). Aplikasi teknologi fermentasi sederhana di laboratorium sains pada MGMP IPA Kuantan Tengah, Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Jurnal Panrita Abdi, 2(1), 15–18.

Iriani, E. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN DALAM PEMBUATAN RPP MELALUI KEGIATAN MGMP SEKOLAH DI SMP NEGERI 3 DEPOK. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 05(April), 40–45.

Jelimun, O., Beda, R., & Ekalia, Y. J. (2023). Pendampingan Literasi terhadap Siswa Kelas IV SDN 1 Ruteng Anam : Big Book , Skimming , and Scanning Method Literacy Assistance for Fourth Grade Students at SDN 1 Ruteng Anam : Big Book , Skimming , and Scanning Method. 7(1), 177–186.

Komariah, S. (2021). OPTIMALISASI PERAN MGMP INTERNAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBUATAN ADMINISTRASI GURU. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 6(1), 1–6.

Maknun, C. L., Nasir, R., Gaol, M. L., Siahaan, U. M. J., & Kertiyani, N. M. I. (2022). Pendampingan Penyusunan Desain Pembelajaran Berorientasi Pada Akm Dan Pisa Untuk Guru. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(1), 89–96. https://doi.org/10.46306/jub.v2i1.67

Maksum, A., Wayan Widiana, I., & Marini, A. (2021). Path analysis of self-regulation, social skills, critical thinking and problem-solving ability on social studies learning outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 613–628. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14336a

Muchson, M., Munzil, Setiawan, N. C. E., Sari, M. E. F. S., Novitasari, S., & Rokhim, D. A. (2021). Program Pembinaan Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Guru Kimia MA / SMA Pada MGMP Kimia Kabupaten Mojokerto Berbasis IoT Learning Media Development Training Program for Chemistry Teachers of MA / SMA in the Chemistry MGMP of Mojokerto Regency Based on. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 420–431.

Musalamah, S., Ramadhan, M. A., & Saefudin, A. (2021). Pelatihan Optimalisasi Microsoft Office Untuk Mendukung Kinerja Tenaga Pendidik di Sekolah. Jurnal Panrita Abdi, 5(4), 528–535.

Nenohai, J. A., Rokhim, D. A., Agustina, N. I., & Munzil, M. (2022). Development of Gamification-Based Wordwall Game Platform on Reaction Rate Materials. Orbital, 14(2), 116–122. https://doi.org/10.17807/orbital.v14i2.16206

Novita, D., Poedjiastoeti, S., Dwiningsih, K., & Rusmini. (2020). Pelatihan Praktikum Berbasis Inquiry Bagi Guru Mgmp Kimia Di Kabupaten Kediri. Abdi, 6(1), 36–41.

Orgill, M. K., & Sutherland, A. (2008). Undergraduate chemistry students’ perceptions of and misconceptions about buffers and buffer problems. Chemistry Education Research and Practice, 9(2), 131–143. https://doi.org/10.1039/b806229n

Pinarbasi, T. (2007). Turkish Undergraduate Students’ Misconceptions on Acids and Bases. Journal of Baltic Science Education, 6(1), 23–34.

Prastyo, D., Fanny, A. M., Satianingsih, R., Irianto, A., & ... (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyususn Indikator Pengembangan Karakter Berbasis Akm. Kanigara, II(2), 461–470. https://www.jurnal.unipasby.ac.id/index.php/kanigara/article/view/6135

Pursitasari, I. D., Permanasari, A., & Jaenuddin, D. (2022). Pelatihan Penyusunan E-Asesmen Literasi Sains Berbasis AKM Bagi Guru IPA smp di Kabupaten Bogor. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.46843/jmp.v1i1.265

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar untuk Siswa. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Rokhim, D. A., Atikah, A., Vitarisma, I. Y., Rahayu, S., & Muntholib, M. (2022). Assessment of High School Students’ Ability to Solve Structured Problems with Ideal Model on Acid-Base. Orbital, 14(4), 276–284. https://doi.org/10.17807/orbital.v14i4.16294

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., Sutomo, S., & Widarti, H. R. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik Dan Guru Pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, Dan Survey Lingkungan Belajar). Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p61

Rokhim, D. A., & Widarti, H. R. (2023). Five-Tier Diagnostic Test Instrument Validation on Reaction Rate Materials : To Identify the Causes of Misconception and Student Representation. 9(3), 1380–1385. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2952

Sakia, M. (2022). Pengembangan Modul Penyusunan Soal Thingking Skils SD Untuk Meningkatkan Literasi Siswa. Jurnal KAPEDAS – Kajian Pendidikan Dasar, 1(2), 150–159. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kapedas/index

Sarinah. (2021). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN GURU TENTENG MELALUI KEGIATAN MGMP SEKOLAH. Bedelau: Journal of Education and Learning, 2(2), 53–59.

Sariningsih, R., Kadarisma, G., & Ristiana, G. (2022). PKM: Pelatihan Penyusunan Soal Akm Bagi Guru di Kabupaten Pangandaran. Abdimas Siliwangi, 5(2), 357–366.

Sediono, S., Mardianto, M. F. F., Ulyah, S. M., Andreas, C., Rosa, H. U., & Siregar, N. R. A. A. (2022). Peningkatan Kualitas Guru SMP di Kabupaten Kediri dalam Penyusunan Soal AKM melalui Pendampingan Intensif. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(2), 147. https://doi.org/10.30651/must.v6i2.10178

Soeharto, S., & Csapó, B. (2021). Evaluating item difficulty patterns for assessing student misconceptions in science across physics, chemistry, and biology concepts. Heliyon, 7(11). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08352

Widarti, H. R., Amalia, R., Herunata, Sigit, D., Habiddin, H., & Sulistina, O. (2021). Higher order thinking skills (HOTs) aspects portrayed in the chemistry national examination questions: Voices of teachers. AIP Conference Proceedings, 2330(March). https://doi.org/10.1063/5.0043362

Widarti, H. R., Anggraini, T., Rokhim, D. A., & Syafruddin, A. B. (2022). Learning Innovation Content Creators Social Media-Based Qualitative Analysis to Improve Motivation and Learning Outcomes of Professional Teacher Candidates: A Systematic Literature Review. Orbital, 14(4), 267–275. https://doi.org/10.17807/orbital.v14i4.16254

Widarti, H. R., Hakim, M. I., & Rokhim, D. A. (2022). The Development of a Virtual Laboratory on Qualitative Chemical Practicum Analysis. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 10(3), 783. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v10i3.760

Widarti, H. R., Herunata, H., Sulistina, O., Habiddin, H., & Nadhifah, Y. (2020). Exploring Chemistry Teachers’ Knowledge of Higher Order Thinking Skills (HOTs) Based Assessment. 446(Icli 2019), 21–25. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200711.005

Widarti, H. R., Permanasari, A., Mulyani, S., Rokhim, D. A., & Habiddin. (2021). Multiple Representation-Based Learning through Cognitive Dissonance Strategy to Reduce Student’s Misconceptions in Volumetric Analysis. TEM Journal, 10(3), 1263–1273. https://doi.org/10.18421/TEM103-33

Widarti, H. R., Qodriyah, N. R. L., Rokhim, D. A., & Habiddin, H. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas Xi Sma Negeri 4 Malang Pada Materi Hidrokarbon Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(2), 2642–2651.

Widarti, H. R., Rokhim, D. A., Septiani, M. O., & Dzikrulloh, M. H. A. (2022). Identification of Science Teacher Practices and Barriers in Preparation of Minimum Competency Assessment in the Covid-19 Pandemic Era. Orbital, 14(1), 63–67. https://doi.org/10.17807/orbital.v14i1.1695

Yasir, M. (2020). Profil Artikel Ilmiah Hasil Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Guru Biologi SMA Se-Kab. Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i1.6849

Downloads

Published

2023-10-27

How to Cite

Widarti, H. R., Habiddin, Herunata, Parlan, Rokhim, D. A., & Syafruddin, A. B. (2023). PENINGKATAN PEMAHAMAN PELAKU PENDIDIKAN MGMP KIMIA SE-SIDOARJO TERHADAP ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI PINTARIN.ID . Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(4), 694–710. https://doi.org/10.20956/pa.v7i4.24289